Sukses


Pengertian Hidup Rukun, Manfaat, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Hidup rukun adalah suasana menjalani kehidupan secara damai, harmonis, dan tanpa konflik dengan sesama individu, kelompok, atau dalam hubungan sosial.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rukun adalah baik dan damai, tidak bertengkar. Bisa hidup rukun dengan sesama tentu menjadi keinginan setiap orang.

Pentingnya hidup rukun dalam masyarakat agar orang-orang dapat hidup bersama dalam harmoni, mengatasi perbedaan, dan menyelesaikan konflik tanpa kekerasan. Terlebih lagi Indonesia terdiri atas beragam suku, budaya, agama yang berbeda-beda dan rentan akan perselisihan.

Maka itu, sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya menerapkan kerukunan di berbagai lingkungan, dari keluarga, sekolah, hingga masyarakat sekitar.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian hidup rukun. Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat hidup rukun dan contohnya di bawah ini.

Berikut ini manfaat hidup rukun dan contohnya yang perlu diketahui, dilansir dari Emodul.kemdikbud.go.id, Senin (11/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Hidup Rukun

1. Menghindari Perselisihan

Kerukunan dapat meningkatkan komunikasi yang baik di antara sesama. Dengan komunikasi yang baik, perbedaan pendapat dapat disatukan, kesalahpahaman dapat dihindari dan perselisihan dapat dicegah.

2. Menciptakan Suasana yang Nyaman

Hidup rukun akan memberikan rasa nyaman di berbagai lingkungan. Rasa nyaman ini akan membuat suasana hidup menjadi lebih menyenangkan.

3. Keadaan Lebih Aman dan Tenteram

Hidup rukun akan memberikan rasa aman dan tenteram bagi semua warga. Tidak ada perselisihan, percekcokan ataupun pertengkaran yang dapat mengganggu atau mengusik ketenangan.

Hubungan baik yang selalu terjaga di antara sesama warga bisa memberikan dampak yang sangat positif dalam kehidupan bermasyarakat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Hidup Rukun

4. Mempererat Tali Persahabatan

Hidup rukun juga membantu memperkukuh hubungan atau ikatan persahabatan antarsesama. Ikatan persahabatan ini akan makin menumbuhkan keinginan untuk saling membantu satu sama lain.

5. Memiliki Lebih Banyak Teman

Hidup rukun membuat kita memiliki banyak teman. Hidup rukun menciptakan suasana keakraban dengan siapa pun sehingga kita akan mudah memiliki teman.

Hidup rukun mencerminkan adanya saling pengertian yang dapat menciptakan perdamaian, persaudaraan, dan persahabatan.

6. Menciptakan Rasa Aman dan Damai

Kerukunan dapat menciptakan kedamaian dan ketenteraman. Di dalam kehidupan yang rukun tidak ada perselisihan dan pertengkaran. Hal tersebut yang menumbuhkan kedamaian dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat.

4 dari 5 halaman

Contoh Hidup Rukun

Menghargai Pendapat

Menghargai pendapat merupakan satu di antara perilaku untuk menciptakan kerukunan. Dalam menjalani hidup berkelompok pasti sering terjadi diskusi untuk menentukan pilihan atau untuk mengambil keputusan.

Setiap orang dalam suatu kelompok tentu memiliki pendapat yang berbeda satu sama lainnya, tetapi setiap anggota harus mau mendengarkan dan menghargai pendapat anggota yang lain, dan bersama-sama membuat keputusan terbaik.

Perilaku seperti ini merupakan perilaku yang menciptakan kerukunan.

Menghindari Pertengkaran

Perbedaan pendapat atau pandangan merupakan hal yang tidak dapat dihindari dan sering kali terjadi dalam pergaulan di masyarakat. Akan tetapi, perlu dijaga agar perbedaan pendapat tersebut tidak menimbulkan pertentangan, pertengkaran, atau perselisihan yang berkepanjangan.

Harus ada sikap saling menghargai dan mau menerima perbedaan serta mengambil jalan atau keputusan yang terbaik sebagai sebuah kesepakatan bersama. Jika terjadi pertengkaran antarteman, sedapat mungkin segera dilerai.

5 dari 5 halaman

Contoh Hidup Rukun

Saling Memberikan Perhatian

Tindakan ini merupakan cerminan hidup rukun, rasa empati, perhatian, dan solidaritas antarteman di sekolah. Saling memberikan perhatian perlu dilakukan agar tercipta hidup rukun di sekolah.

Adapun contoh perhatian yang bisa diberikan, antara lain menjenguk teman yang sakit, mengibur teman yang sedang berduka, memberi bantuan kepada teman yang dilanda musibah, ikut berdukacita jika ada teman yang kehilangan keluarganya yang meninggal dunia.

Menghormati Perbedaan

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam perbedaan. Di lingkungan sekitar, pasti terdiri dari warga yang berbeda-beda karakter, latar belakang sosial ekonomi, suku bangsa ataupun agama.

Saling menghormati kepada sesama teman, guru, maupun anggota sekolah merupakan satu di antara bentuk kerukunan di satuan pendidikan.

Semua orang yang di lingkungan sekolah harus menghargai perbedaan pendapat dan pandangan serta selalu dapat bekerja sama.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer