Sukses


Jenis-Jenis Status Sosial di Masyarakat, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Status sosial merupakan pusat dari interaksi sosial dan struktur sosial. Status dapat didefinisikan sebagai posisi sosial yang definitif. Status sosial adalah kedudukan atau posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial atau masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pengertian status sosial adalah posisi seseorang di dalam masyarakat yang terkait dengan dan ditentukan oleh orang lain.

Pada prinsipnya, setiap orang dalam pergaulan hidupnya memiliki beberapa status sosial pokok, meski ada memiliki status yang lebih tinggi dari yang lain menurut penilaian masyarakat.

Contohnya status yang berbeda di sebuah rumah sakit. Di lingkungan tersebut ada yang berstatus sebagai dokter, perawat, bagian administrasi, staf kebersihan, dan pasien.

Dalam pengaturan ini, hubungan antara posisi-posisi ini didefinisikan secara sosial, dengan dokter yang memiliki kekuasaan dan prestise terbesar.

Sementara itu, status menurut cara memperolehnya terbagi atas tiga macam. Apa saja jenis-jenis status sosial yang ada dalam masyarakat tersebut?

Berikut ini jenis-jenis status sosial di masyarakat beserta penjelasannya yang perlu diketahui, dilansir dari Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VII terbitan Kemdikbud, Selasa (12/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Assigned status

Assigned status adalah status sosial yang diberikan oleh masyarakat atau karena mandat. Seseorang yang melaksanakan mandatnya dengan baik dianggap berjasa oleh masyarakat maupun setidaknya oleh pihak pemberi mandat.

Bisa disimpulkan bahwa assigned status adalah status yang diperoleh melalui penghargaan atau pemberian dari pihak lain atas jasa-jasa tertentu.

Contohnya adalah para pahlawan dan peraih nobel. Sebagai contoh, Ir. Sukarno dan Moh. Hatta, diberi mandat oleh rakyat untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia sehingga diberi julukan Bapak Proklamator.

Ir. Sukarno dan Moh. Hatta memperoleh assigned status yang tinggi sebagai pahlawan nasional karena jasanya.

3 dari 4 halaman

Achieved Status

Achieved status adalah kedudukan yang dapat dicapai berdasarkan usaha seseorang, bukan diperoleh melalui kelahiran.

Achieved status dapat dicapai hingga posisi tertentu melalui upaya pribadi. Achieved status dapat diartikan pula sebagai kedudukan seseorang yang diperoleh dengan usaha.

Kedudukan ini bersifa terbuka bagi siapa saja, tergantung kemampuan masing-masing individu dalam mengejar dan mencapai tujuannya.

Contohnya menjadi guru, insinyur, psikolog, dokter, pengacara, pianis, penyanyi, maupun arsitek, semuanya adalah status yang diraih. Individu harus melakukan sesuatu untuk mencapai posisi-posisi tersebut.

4 dari 4 halaman

Ascribed Status

Ascribed status adalah status yang diperoleh melalui kelahiran, misal kedudukan anak bangsawan diperoleh karena lahir dari orang tua kalangan bangsawan.

Ascribed status adalah kedudukan diperoleh secara tidak sengaja, misal menjadi seorang wanita, menjadi seorang laki-laki, menjadi seorang kakak, menjadi suku Batak, menjadi warga negara Indonesia, dan sebagainya.

Status ini diartikan sebagai kedudukan seseorang dalam masyarakat yang diberikan tanpa memandang kemampuan atau perbedaan antar individu.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel sepuar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer