Sukses


5 Macam Obat Alami untuk Asam Urat, Berkhasiat dan Tanpa Efek Samping

Bola.com, Jakarta - Asam urat adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar asam urat dalam darah tinggi. Penyakit ini bisa datang pada siapa saja, tidak mengenal usia.

Penyakit asam urat umumnya memang lebih sering menyerang orang-orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas karena menumpuknya kristal asam urat seiring berjalannya usia. Namun, saat ini banyak anak muda yang mengeluh masalah asam urat.

Asam urat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi pengidapnya. Kondisi itu biasanya ditandai dengan rasa nyeri tak tertahankan, bengkak, atau rasa panas di sekitar persendian.

Asam urat biasanya muncul pada bagian persendian jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Untuk mengatasi rasa nyeri bisa dengan mengonsumsi obat.

Ada beberapa obat alami yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengelola kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat. Apa saja obatnya?

Berikut ini macam-macam obat alami untuk asam urat yang bisa dikonsumsi, dilansir dari yankes.kemkes.go.id, Rabu (13/9/2023).

2 dari 4 halaman

Pencegahan Penyakit Asam Urat

Beberapa perubahan gaya hidup diyakini dapat membantu menurunkan risiko penyakit asam urat, yaitu:

· Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.

· Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Sebab, berat badan ekstra meningkatkan asam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.

· Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan.

· Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, hingga makanan, dan minuman tinggi fruktosa.

· Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi.

3 dari 4 halaman

Obat Asam Urat Alami yang Berkhasiat

Berikut beberapa obat asam urat alami yang membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping:

1. Ceri atau Jus Ceri Asam

Kamu bisa mengonsumsi ceri untuk mengatasi penyakit asam urat dengan cara dimakan langsung atau dihaluskan dengan air menjadi jus. Jumlah yang disarankan sekitar setengah cangkir ceri per hari.

2. Jahe

Bila ingin mencoba obat asam urat alami ini, caranya rebus air yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan parutan jahe segar. Lalu, rendam kain lap dalam air rebusan tersebut. Saat dingin, tempelkan kompres lap tersebut ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit.

Kamu juga bias meminum air rebusan jahe. Caranya, rebus air dengan tambahan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Minum tiga cangkir sehari.

3. Cuka Sari Apel, Jus Lemon dan Kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan-bahan alami yang sering direkomendasikan untuk mengatasi penyakit asam urat. Bila ketiganya digabungkan, itu bisa menjadi minuman obat asam urat alami yang nikmat.

Cara membuatnya adalah campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. 

Kamu bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut 2-3 kali sehari.

4 dari 4 halaman

Obat Asam Urat Alami yang Berkhasiat

4. Seledri atau Biji Seledri

Seledri merupakan sayuran yang sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil. Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran tersebut sudah menjadi obat asam urat alami yang populer.

Diperkirakan seledri bisa mengurangi peradangan, perbanyak makan seledri secara rutin, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak atau bijinya.

5. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat. Namun, perlu diingat, tidak semua orang bisa mengonsumsi suplemen vitamin C.

Orang dengan penyakit ginjal perlu membicarakannya dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

 

Makanan yang Harus di Hindari

Berikut daftar makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat agar penyakitnya tidak kambuh lagi.

· Jeroan

· Seafood

· Daging merah

· Daging olahan

· Minuman manis

 

Sumber: yankes.kemkes.go.id

Baca artikel seputar kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer