Sukses


Bacaan Doa Makan Bersama Menurut Islam

Bola.com, Jakarta - Makanan bukan hanya sekadar kebutuhan fisik, tetapi juga memiliki dimensi spiritual yang mendalam dalam Islam.

Ketika kita duduk untuk makan bersama, tidak hanya tentang mengisi perut, tetapi juga tentang mengingat Allah, berterima kasih atas nikmat-Nya, dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Islam telah mengajarkan kepada umatnya tentang bagaimana adab makan yang baik dan benar. Selain mengucapkan basmalah dan menggunakan tangan kanan, umat muslim harus membaca doa makan terlebih dahulu.

Berdoa sebelum dan setelah makan adalah tindakan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ini adalah wujud rasa syukur kita kepada Allah Swt. atas rezeki yang diberikan-Nya kepada kita.

Doa saat makan juga merupakan cara untuk mengingat Allah dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari, membantu kita menjalani hidup dengan kesadaran akan kebaikan dan karunia yang diberikan-Nya.

Berikut bacaan doa saat makan bersama menurut Islam, disadur dari Dream, Selasa (12/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Makan Bersama-Sama

Doa Makan Bersama dalam Islam

Seperti yang telah disebutkan di atas, selain mengucapkan basmalah dan menggunakan tangan kanan, umat muslim juga jangan lupa membaca doa terlebih dahulu sebelum makan.

Tak terkecuali ketika umat muslim sedang makan bersama, juga harus membaca doa makan bersama dalam Islam. Bacaan doanya sama dengan doa akan makan yang sering kamu baca. Berikut lafalnya:

Allahumma barik lana fi ma razaqtana wa qina adzaban nar. Bismillahir rahmanir rahim.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang."

Ketika umat muslim lupa membaca doa sebelum makan maka di tengah-tengah sedang makan, kamu bisa membaca doa berikut ini:

Bismillahi awwalahu wa akhirahu.

Artinya: "Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Makan Bersama-Sama

Doa setelah Makan

Setelah menyelesaikan makan, umat muslim juga jangan lupa untuk membaca doa. Berikut adalah bacaan doa setelah makan yang bisa kamu lafalkan:

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillahilladzi ath'amana wa saqana wa ja'alana minal muslimin.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ahmad Baiquni. Published: 19/7/2019)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer