Sukses


Apa Itu Keadilan? Pahami Macam beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Keadilan adalah perbuatan atau tindakan yang tidak didasarkan pada kesewenang-wenangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, keadilan artinya sama berat, tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, berpegang pada kebenaran, sepatutnya, dan tidak sewenang-wenang.

Dalam Ensiklopedia Indonesia menjelaskan apa pengertian keadilan sebagai kebalikan dari fasiq (orang yang tidak mengerjakan perintah).

Keadilan menjadi sifat yang harus didasarkan pada norma-norma yang berlaku di masyarakat, seperti norma agama, kesusilaan, kesopanan, hukum, dan etika.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang macam-macam keadilan, disadur dari Liputan6, Rabu (13/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Keadilan beserta Contohnya

1. Keadilan Komunikatif (Iustitia Communicativa)

Keadilan komunikatif adalah keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang terhadap apa yang menjadi bagiannya dengan berdasarkan hak seseorang pada suatu objek tertentu.

Contoh keadilan komunikatif adalah Iwan membeli tas Andri yang harganya Rp100 ribu maka Iwan membayar Rp100 ribu juga seperti yang telah disepakati.

2. Keadilan Distributif (Iustitia Distributiva)

Keadilan distributif adalah keadilan yang memberikan kepada masing-masing terhadap apa yang menjadi hak pada suatu subjek hak yaitu individu. Keadilan distributif adalah keadilan yang menilai dari proporsionalitas atau kesebandingan berdasarkan jasa, kebutuhan, dan kecakapan.

Contoh keadilan distributif adalah karyawan yang telah bekerja selama 30 tahun maka ia pantas mendapatkan kenaikan jabatan atau pangkat.

3. Keadilan Legal (Iustitia Legalis)

Keadilan legal adalah keadilan menurut undang-undang di mana objeknya adalah masyarakat yang dilindungi UU untuk kebaikan bersama.

Contoh keadilan legal adalah semua pengendara wajib menaati rambu-rambu lalu lintas.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Keadilan beserta Contohnya

4. Keadilan Vindikatif (Iustitia Vindicativa)

Keadilan vindikatif adalah keadilan yang memberikan hukuman atau denda sesuai pelanggaran atau kejatahannya.

Contoh keadilan vindikatif adalah pengedar narkoba pantas dihukum dengan seberat-beratnya.

5. Keadilan Kreatif (Iustitia Creativa)

Keadilan kreatif adalah keadilan yang memberikan masing-masing orang berdasarkan bagiannya yang berupa kebebasan untuk menciptakan kreativitas yang dimilikinya pada berbagai bidang kehidupan.

Contoh keadilan kreatif adalah penyair diberikan kebebasan dalam menulis, bersyair tanpa interfensi atau tekanan apa pun.

6. Keadilan Protektif (Iustitia Protektiva)

Keadilan protektif adalah keadilan dengan memberikan penjagaan atau perlindungan kepada pribadi-pribadi dari tindak sewenang-wenang oleh pihak lain. Contoh keadilan protektif adalah polisi wajib menjaga masyarakat dari para penjahat.

7. Keadilan Sosial

Keadilan sosial adalah keadilan yang pelaksanaannya tergantung dari struktur proses ekonomi, politik, sosial, budaya, dan ideologis dalam masyarakat. Maka struktur sosial adalah hal pokok dalam mewujudkan keadilan sosial.

Keadilan sosial tidak hanya menyangkut upaya penegakan keadilan-keadilan tersebut melainkan masalah kepatutan dan pemenuhan kebutuhan hidup yang wajar bagi masyarakat.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 13/12/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer