Sukses


Bacaan Doa Menenangkan Hati dan Menghindarkan dari Stres

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalani kehidupan, ada banyak hal yang bisa membuat hati kita tidak tenang, terutama saat datang suatu masalah atau cobaan.

Ketika permasalahan datang, hati biasanya akan diliputi perasaan galau, gundah, dan gelisah yang mengganggu. Bahkan, tak sedikit orang stres karena masalah yang dialami.

Sebenarnya stres adalah perasaan yang muncul sebagai respons terhadap suatu masalah. Namun, kita harus pandai mengontrol diri dari stres agar tetap waras dalam menjalani aktivitas.

Sebagai umat Islam, satu di antara cara untuk mengendalikan emosi dan stres adalah dengan memperbanyak ibadah dan doa. Membaca Al-Qur'an juga dipercaya bisa membuat hati menjadi tenang.

BBerikut bacaan doa untuk menenangkan hati dan menghindarkan dari stres, disadur dari Dream, Rabu (13/9/2023).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menenangkan Hati dan Menghindarkan dari Stres

Banyak cara untuk menenteramkan hati, satu di antaranya dengan membaca do agar hati tenang. Doa ini bisa membantumu menenangkan hati kala gundah.

Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

Doa agar hati tenang berikutnya diambil dari ayat Al-Qur'an surah Thaha ayat 25-28. Doa ini juga pernah diamalkan oleh Nabi Musa a.s. ketika beliau menghadapi Raja Fir'aun.

Berikut bacaan doa agar hati tenang yang bisa kamu panjatkan:

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul 'uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menenangkan Hati dan Menghindarkan dari Stres

Doa agar hati tenang selanjutnya diambil dari Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 250. Doa ini pernah diamalkan oleh para tentara Talut ketika melawan tentara Jalut.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

 

Cara menenangkan hati dan pikiran berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang tenang dengan bercerita kepada teman, ada pula yang menjadi tenang karena membaca doa.

Doa agar hati tenang ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dibaca ketika kamu sedang sedih, galau, dan stres karena suatu masalah.

Berikut doa agar hati tenang sesuai hadis Nabi Muhammad saw.:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menenangkan Hati dan Menghindarkan dari Stres

Kekuatan doa memang tidak diragukan lagi. Jika kamu yakin dengan doa yang kamu panjatkan akan dikabulkan oleh Allah maka Allah juga pasti akan mengabulkannya karena Tuhan adalah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Maka itu, berprasangka baiklah kepada Allah, bahkan ketika kamu sedang mendapat masalah.

Jika hidup diliputi masalah yang tak ada ujungnya, kamu bisa membaca doa agar hati tenang, satu di antaranya seperti doa berikut ini:

Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyatii biyafik, maadlin fi hukmika, adlun fi qadlaika, as’aluka bikulli ismin huwa laka sammaita bihi nafsak, aw anzaltahu fi kitabik, aw ‘allamtahu ahadan min khalqik, awis ta’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indak, an taj’ala qur’ana rabi’a  qalbi wanuura shadri wajalaa’a huzni wadzahaba hammi.

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku kepada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku. Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu agar engkau menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku, dan pelenyap keresahanku."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 3/8/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer