Sukses


Contoh Manfaat Energi untuk Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Pengertian energi adalah sesuatu yang bersifat abstrak yang sukar dibuktikan, tetapi dapat dirasakan keberadaannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika) atau daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

Energi tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan manfaatnya, seperti saat kamu mencuci dan menjemur pakaian.

Untuk mencuci, kamu membutuhkan energi otot. Sedangkan untuk mengeringkan pakaian kamu terbantu dengan adanya energi matahari. Panasnya sinar matahari akan membuat pakaian kering sehingga dapat digunakan kembali.

Selain matahari, sumber energi yang tersedia di bumi dan sudah bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia diantaranya adalah angin, air terjun, minyak, gas bumi, batu bara, dan nuklir.

Agar lebih jels, berikut contoh manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari universitaspertamina.ac.id, Kamis (14/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Manfaat Energi untuk Kehidupan Sehari-hari

1. Energi cahaya matahari

Energi ini menerangi seluruh dunia, membantu tanaman tumbuh dan berkembang, mengeringkan pakaian dan alat rumah tangga lainnya.

2. Energi bunyi

Energi bunyi dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman laut, pembuatan alat pengeras suara, dan mendeteksi keretakan pada logam.

3. Energi listrik

Energi listrik dibutuhkan manusia karena banyak manfaatnya, untuk menyalakan TV, radio, kipas angin, lemari pendingin dan alat elektronik lainnya.

4. Energi air

Air yang banyak dan deras akan menghasilkan energi listrik yang besar. Aliran air tersebut akan memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Kemudian generator yang berputar akan menghasilkan energi listrik.

5. Energi angin

Tenaga angin dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan alat aerogenerator yang dipasang di lapangan terbuka. Makin banyak aerogenerator yang digunakan, akan makin banyak listrik yang dihasilkan.

 

Sumber: universitaspertamina.ac.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer