Sukses


6 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Egois yang Kelewat Batas

Bola.com, Jakarta - Rasa egois adalah aspek manusiawi yang alami, tetapi ketika hal itu melewati batas, dapat menjadi hambatan dalam hubungan sosial, baik itu dengan keluarga, teman, atau kolega.

Terlalu banyak egoisme dapat merusak ikatan yang kita miliki dengan orang-orang di sekitar kita dan mengganggu perkembangan diri kita sendiri.

Penting untuk diingat bahwa memiliki rasa ego adalah hal yang normal dalam hidup kita. Ego membantu kita menjaga harga diri, mengambil keputusan, dan menjalani kehidupan yang seimbang.

Namun, ketika egoisme menjadi dominan dan berlebihan, itu dapat menghambat pertumbuhan pribadi dan memengaruhi hubungan dengan orang lain.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa egois yang keewat batas.

Berikut enam cara ampuh menghilangkan rasa egois yang keewat batas, seperti disadur dari Klikdokter, Minggu (17/9/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Egois yang Kelewat Batas

1. Pahami Sikap-Sikap Egois yang Ada dalam Diri

Sudah dijelaskan jika bersikap egois tidak selalu buruk. Kecuali, jika rasa egois yang dimiliki terlalu berlebihan. Jadi, cara terbaik untuk menghilangkan sikap egois yang berlebihan bisa dimulai dengan mengevaluasi perilaku egois dalam diri yang sudah kelewat batas.

Perilaku egois yang mungkin kamu lakukan, di antaranya:

  • Ingin diperlakukan dengan baik, tetapi tidak melakukan sebaliknya.
  • Suka mengatur dan mengendalikan pasangan, teman, atau orang di sekitar.
  • Tidak mau mengakui kesalahan atau menerima kritikan.
  • Tidak menghargai usaha maupun kerja keras orang lain.
  • Merasa bahwa dirinya selalu benar.

Jika kamu merasa memiliki perilaku egois yang disebutkan di atas, kamu dapat melakukan upaya untuk berubah. Mungkin butuh waktu dan sedikit latihan. Namun, pada akhirnya, kamu akan lebih mampu mengenali perilaku egois dan lebih mahir menanganinya sebelum menjadi masalah serius.

2. Meluangkan Waktu untuk Mendengarkan Orang Lain

Belajar untuk mendengarkan pendapat orang lain menjadi cara untuk menghilangkan perilaku egois. Pasalnya, orang yang egois cenderung tidak mau menerima kritikan dan selalu merasa dirinya itu benar.

Dengan lebih banyak mendengarkan pendapat maupun kritik orang lain, bersamaan juga menghilangkan sisi egois kita secara perlahan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Egois yang Kelewat Batas

3. Mengamati Kebutuhan Orang Lain

Semua orang memiliki kebutuhan dan keinginan, begitu juga kamu. Namun, terkadang, apa yang kamu inginkan bisa saja menjadi kebutuhan orang lain. Contoh sederhananya, memberikan tempat duduk di kereta pada seorang ibu yang mengendong bayi. 

Memang pada saat itu, kamu ingin duduk di kereta. Namun, jika saat itu kamu masih mampu untuk berdiri dan paham bahwa ibu tersebut lebih membutuhkan tempat duduk, kamu bisa memberikan tempat dudukmu.

Cobalah mengamati apa yang ada di sekitarmu dan apa kebutuhan mereka. Cara ini cukup efektif untuk melatih diri kita untuk mengurangi sisi egois kita.

4. Memperdalam Rasa Empati 

Empati adalah merasakan apa yang dialami seseorang dari sudut pandang mereka, tanpa harus benar-benar berada pada situasi tersebut.

Mengembangkan rasa empati adalah cara yang bagus untuk menghilangkan sikap egois yang berlebihan. Kamu dapat lebih peka dengan kondisi di sekitarmu. 

Kamu dapat mengasah rasa empati dengan cara berikut:

  • Membayangkan perasaan yang dialami seseorang ketika ia baru saja mengalami kejadian yang menyedihkan.
  • Meluangkan waktu untuk untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  • Memikirkan kesamaan yang kamu miliki dengan orang lain daripada terpaku pada perbedaan.
4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Egois yang Kelewat Batas

5. Sering Membantu Orang Lain

Jika kamu berhasil meningkatkan empati, kamu tidak akan segan untuk membantu orang lain yang kesulitan. Membiasakan diri membantu orang lain sekecil apa pun itu, bisa menjadi cara untuk menghilangkan sikap egois.

Kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan sosial yang ada di lingkungan rumah, kampus, atau kantor. Selai menghapus keegoisan dalam diri, aktivitas ini juga membuatmu punya banyak teman dan mengatasi kesepian.

Semua itu membuatmu lebih bahagia, yang ujungnya bisa mengurangi stres dan menurunkan risiko depresi.

6. Lebih Bersyukur dan Menghargai Orang Lain

Cara menghilangkan perilaku egois adalah dengan lebih bersyukur. Mempraktikkan rasa syukur dengan rajin beribadah dan suka menolong orang lain yang kesusahan, dapat mengurangi sikap mementingkan diri sendiri.

Kamu juga dapat memusatkan perhatian pada hal-hal yang disukai dan menghormati kerja keras orang lain. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 2/6/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer