Sukses


Macam-Macam Penyebab Umum Munculnya Sakit Kepala

Bola.com, Jakarta - Sakit kepala merupakan satu di antara keluhan kesehatan yang paling umum kita alami. Setiap orang, setidaknya sekali dalam hidupnya, pernah merasakan ketaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala.

Terkadang, sakit kepala datang dan pergi tanpa kita ketahui penyebabnya, tetapi sering kali ada faktor-faktor tertentu yang memicu munculnya sakit kepala.

Gangguan nyeri pada kepala ini dapat datang kepada siapa saja, pria maupun wanita, anak-anak, dewasa, hingga kalangan lansia.

Meski begitu, sakit kepala memiliki intensitas yang berbeda pada setiap penderitanya, tergantung penyebab sakit kepala itu sendiri.

Kebanyakan orang yang mengalami sakit kepala pasti akan mencari obat untuk meredakannya. Padahal, yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebab dari sakit kepala itu.

Dengan mengetahui penyebabnya akan mudah untuk mencari cara penanganan yang tepat.

Berikut macam-macam penyebab umum munculnya sakit kepala, dilansir dari NHS, Senin (18/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Umum Munculnya Sakit Kepala

1. Dehidrasi 

Penyebab sakit kepala yang pertama mungkin sering ditemui adalah dehidrasi. Saat dehidrasi, tubuh sangat kekurangan air, dan bahkan hal tersebut dapat menyebabkan penurunan fungsi otak, mengganggu sirkulasi darah, dan sakit kepala.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah meminum air yang cukup, paling tidak delapan gelas dalam sehari. Namun, hal tersebut tetap bergantung pada aktivitas yang sering kamu lakukan.

Minumlah air secara rutin dari sumber air yang murni. Untuk menambah tenaga, kamu dapat minum air yang dicampur dengan ekstrak buah-buahan, seperti perasan lemon atau rendaman mentimun.

 2. Menghirup Parfum

Jika kamu sering mengalami sakit kepala setelah membersihkan seluruh ruangan. Hal tersebut bisa saja diakibatkan oleh parfum ruangan yang terlalu banyak kamu semprotkan.

Parfum ruangan, pembersih lantai, dan pengharum badan mengandung bahan kimia yang sangat kuat saat disemprotkan. Hal itu dapat menyebabkan sakit kepala.

Untuk menghindari sakit kepala yang disebabkan menghirup parfum, hindari menggunakan parfum ruangan, sabun, sampo, dan kondisioner yang berbau tajam. Hal tersebut dapat mengurangi sakit kepala secara signifikan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Umum Munculnya Sakit Kepala

3. Kurang Tidur

Jika sering kekurangan jam tidur di malam hari, tidak heran kamu akan mengalami sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena kurang tidur adalah satu di antara faktor utama penyebab sakit kepala.

Waktu tidur adalah waktu di mana tubuh memperbaiki sistem pencernaan, membangun produksi hormon, dan detoksifikasi racun dalam tubuh. 

Suatu hal yang perlu diingat adalah ketiga hal tersebut harus bekerja dengan baik agar kamu terhindar dari sakit kepala.

Usahakan untuk tidur ketika malam hari selama kurang lebih delapan jam dan tidurlah di ruangan yang gelap untuk memiliki kualitas tidur yang baik.

4. Alergi Makanan

Alergi makanan merupakah satu di antara penyebab sakit kepala yang paling umum. Alergi yang disebabkan oleh makanan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, usus menjadi luka, dan menghambat penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Alergi terhadap gluten menjadi satu di antara penyebab paling besar munculnya sakit kepala.

Adapun yang perlu dilakukan adalah menghilangkan beberapa jenis makanan yang membuatmu alergi terhadapnya, dan mencari penggantinya.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Umum Munculnya Sakit Kepala

5. Melihat Caya yang Terlalu Terang

Lampu yang terlalu terang dan silau dapat menyebabkan sakit kepala jika dilihat terlalu sering. Hal ini karena lampu yang terlalu terang dan berkelap-kelip, dapat meningkatkan kadar bahan kimia tertentu dalam otak, yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Untuk menghindari, gunakan kacamata yang sedikit gelap atau kacamata polaris. Kacamata tersebut dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata.

Jika komputermu memiliki layar yang terlalu tajam pencahayaannya, usahakan kurangi, dan bila terdapat lampu yang terlalu terang, kamu dapat mematikannya. 

6. Racun dan Bahan Kimia

Racun dan bahan kimia dapat masuk ke sel tubuh dan menyebabkan sakit kepala. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan racun maupun bahan kimia tersebut masuk ke sel tubuh. Hal tersebut dapat terjadi akibat mengonsumsi produk makanan olahan.

Produk pertanian yang disemprot dengan peptisida, daging ayam atau sapi yang dibesarkan dengan obat kimia, minuman beralkohol, dan narkoba juga dapat menyebabkan sel tubuh kita dipenuhi olah racun dan bahan kimia yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Periksa semua bahan makanan yang akan kamu konsumsi untuk menghindari sakit kepala di kemudian hari. Gunakan produk organik yang alami dan segar.

7. Mengonsumsi Makanan Kurang Sehat dan Melewatkan Waktu Makan

Apakah kamu pernah merasa sakit kepala saat merasa sangat lapar? Usahakan makan secara teratur tiga kali dalam sehari, sakit kepalamu akan perlahan menghilang.

Mengonsumsi makanan yang sehat juga menjadi faktor yang dapat menghindarkan kamu dari sakit kepala. Konsumsi makanan seimbang, seperti sayuran, buah-buahan, dan daging secara rutin.

 

Sumber: NHS

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer