Sukses


Tata Cara Masuk Rumah Baru Menurut Islam, Pemberi Keberkahan

Bola.com, Jakarta - Masuk rumah baru adalah momen bersejarah dalam kehidupan seseorang. Ini adalah langkah penting dalam perjalanan hidup yang sering kali diisi dengan harapan, kegembiraan, dan mungkin sedikit kecemasan.

Dalam agama Islam, momen ini juga dianggap sebagai kesempatan untuk berdoa, memohon berkah, dan mengucapkan syukur kepada Allah Swt. atas anugerah rumah yang baru.

Meski perasaan bahagia tak terhingga, umat muslim hendaknya memperhatikan tata cara masuk rumah baru seperti yang sudah banyak diajarkan Islam. Masuk rumah tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan.

Masuk rumah baru merupakan awal dari sebuah babak baru dalam kehidupan seseorang. Dalam Islam, momen ini dianggap penting, dan adab yang dianjurkan untuk ditaati.

Sebelum memasuki rumah baru, ada beberapa tata cara yang harus diikuti untuk mendapatkan berkah dari Allah Swt.

Berikut tata cara masuk rumah baru menurut Islam, yang bisa memberikan keberkahan, disadur dari Dream, Senin (18/9/2023).

2 dari 4 halaman

Tata Cara Masuk Rumah Baru Menurut Islam

Mengucapkan Syukur

Sebagai seorang muslim telah diajarkan ketika mendapatkan sesuatu yang menyenangkan atau membahagiakan maka bersyukurlah dengan mengucapkan "Alhamdulillah".

Hal ini juga terjadi ketika umat muslim akan masuk ke rumah baru. Rumah merupakan nikmat yang diberikan Allah Swt. dan sudah seharusnya disyukuri.

Mengingat Allah Swt. akan menimbah nikmat umat-Nya yang bersyukur seperti yang terdapat dalam surah Ibrahim ayat 7 berikut:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti azab-Ku sangat berat'." (QS. Ibrahim: 7)

Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam menjadi bagian dari ajaran Islam yang seharusnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat bertamu ke rumah orang lain.

Meski begitu, mengucapkan salam sebaiknya juga umat muslim lakukan saat akan masuk ke rumah baru. Mengucapkan salam bisa menghindarkan kamu dari hal-hal buruk di dalam rumah tersebut.

Hal itu karena Allah Swt. akan selalu melindungi kamu. Apalagi salam adalah kalimat yang baik sehingga tepat sekali jika diucapkan saat akan masuk ke rumah baru.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Masuk Rumah Baru Menurut Islam

Membaca Doa

Segala sesuatu yang hendak dilakukan, akan lebih baik jika didahului dengan doa. Doa adalah kalimat permohonan kepada Allah Swt. untuk meminta segala sesuatu.

Menyadari bahwa Allah Swt. akan penguasa alam semesta ini sehingga sudah sepatutnya apa yang kita inginkan, mintalah kepada Allah.

Termasuk saat akan masuk rumah baru, jangan lupa membaca doa masuk rumah terlebih dahulu. Bahkan dalam sebuah hadis telah dijelaskan bagaimana bacaan saat akan masuk rumah baru yang bisa umat muslim amalkan:

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal." (HR. Abu Daud)

Merapikan Seisi Rumah

Tata cara masuk rumah baru menurut Islam yang berikutnya adalah merapikan seisi rumah. Ya, saat menempati rumah baru pastinya kondisi dalam rumah belumlah rapi.

Barang-barang dan segala perabotan masih berserakan. Kardus berisi barang setelah pindah pun juga belum tertata rapi. Selain itu, lantai dan kaca masih berdebu.

Maka itu, agar rumah baru terasa nyaman, harus dibersihkan terlebih dahulu. Selain baik untuk kesehatan, Allah Swt. juga suka dengan keindahan dan kerapian.

4 dari 4 halaman

Tata Cara Masuk Rumah Baru Menurut Islam

Mengundang Tetangga

Menempati rumah baru, tentu saja umat muslim akan memiliki lingkungan dan tetangga yang baru. Untuk menjalin hubungan yang baik dengan tetangga baru, alangkah lebih baik jika kamu mengundang tetangga untuk datang ke rumah baru.

Hal ini menjadi sarana untuk bersilaturahmi dan mengenal satu sama lain mengingat bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan bantuan, tetangga adalah saudara terdekat yang siap untuk membantumu.

Menyingkirkan Benda yang Mengundang Hal Buruk

Jika umat muslim membeli rumah yang sudah jadi dan di dalamnya ditemukan benda-benda aneh, sebaiknya segera singkirkan dari rumah tersebut.

Kamu tidak tahu apa tujuan benda aneh itu berada di dalam rumah. Jadi, sebaiknya benda itu dibuang saja agar tidak mendatangkan keburukan di rumah tersebut dan membuat kamu tidak nyaman berada di dalamnya.

Umat muslim bisa meletakkan barang-barang yang lebih estetik. Misalnya akuarium, vas bunga, lukisan kaligrafi, dan sebagainya yang lebih enak dipandang.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 3/8/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer