Sukses


10 Tanda Orang Beriman dalam Islam yang Wajib Dimiliki

Bola.com, Jakarta - Allah Swt. telah berjanji bagi mereka yang beriman dan berbuat baik akan memperoleh balasan terbaik di sisi-Nya, yakni berupa surga.

Dalam Al-Qur'an Allah Swt. selalu memanggil orang-orang beriman dengan ya ayyuhalladzina amanu. Satu di antaranya terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 5.

"Sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu."

Menurut catatan, ada sebanyak 89 kali panggilan seperti ini dalam Al-Qur'an. Tentu di antara kita berharap agar masuk menjadi bagian orang beriman yang disebut Allah Swt.

Lantas, apa saja tanda-tanda orang beriman dalam Islam yang bisa dijadikan introspeksi bagi kita?

Berikut 10 tanda orang beriman dalam Islam yang wajib kamu miliki, disadur dari Liputan6, Senin (18/9/2023).

2 dari 6 halaman

Tanda Orang Beriman dalam Islam

1. Punya Rasa Takut Terhadap Allah Swt.

Memiliki rasa takut terhadap Allah Swt. merupakan satu di antara tanda orang beriman. Dirinya tidak akan berani melanggar apa pun yang telah ditetapkan menjadi suaru larangan-Nya dan akan selalu mentaati setiap perintah Allah Swt.

2. Khusyuk saat Melaksanakan Salat

Khusyuk dalam salat merupakan tanda kedua orang beriman. Seseorang yang telah memiliki keimanan yang kuat akan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah salat, baik wajib atau sunah.

3 dari 6 halaman

Tanda Orang Beriman dalam Islam

3. Menjauhkan Diri dari Kegiatan yang Sia-sia

Tanda lain orang beriman kepada Allah Swt. ialah tidak akan melakukan hal yang sia-sia atau tidak bermanfaat. Ia justru akan sibuk melakukan urusan ibadah yang akan menambah pahala dan keimanannya.

4. Senang Mendengar Bacaan Ayat Al-Qur'an

Senang mendengar bacaan ayat Al-Qur'an merupakan satu di antara tanda orang beriman. Bukan hanya itu, keimanan dalam hati mereka juga makin bertambah ketika mendengar ayat-ayat Allah Swt.

4 dari 6 halaman

Tanda Orang Beriman dalam Islam

5. Menunaikan Zakat

Menunaikan zakat termasuk tanda orang beriman karena ia tahu bahwa dengan berzakat atau bersedekah merupakan bukti keimanan seseorang.

Orang-orang beriman hendaknya menunaikan kewajiban dan ibadah yang terkait harta ini dengan ikhlas untuk membersihkan harta dan menyucikan jiwa mereka.

6. Meneladani Rasul

Tanda orang beriman bukan hanya sekadar menjalankan perintah Allah Swt. saja melainkan juga meneladani setiap perbuatan dan perkataan rasul. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, berkata:

"Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: 'Aku tinggalkan dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selama kalian berpegang teguh dengan keduanya yaitu kitabullah dan sunahku, serta keduanya tidak akan berpisah sampai keduanya mendatangiku di telaga (di surga)'."

5 dari 6 halaman

Tanda Orang Beriman dalam Islam

7. Tawakal

Tawakal merupakan satu di antara tanda orang beriman. Orang yang beriman akan tawakal dan ikhlas pada setiap ketetapan yang diberikan Allah Swt.

"Dan hanya kepada Allah-lah kalian betawakal, jika kalian benar-benar orang yang beriman." (QS. Al-Maidah: 23)

8. Sabar

Kesabaran juga merupakan satu di antara tanda orang beriman. Seberat dan sesullit apa pun ujian yang diberikan maka dirinya akan selalu bersabar menghadapinya.

"Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." (QS. Al Baqarah: 177)

6 dari 6 halaman

Tanda Orang Beriman dalam Islam

9. Punya Akhlak yang Baik

Tanda-tanda orang beriman lainnya adalah memiliki akhlak yang baik. Orang beriman tidak mungkin memiliki akhlak yang buruk karena dirinya akan selalu meneladani rasul yang berakhlak mulia.

"Tidak ada sesuatu yang diletakkan pada timbangan hari kiamat yang lebih berat daripada akhlak yang mulia, dan sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dan salat." (HR. At Tirmidzi)

10. Selalu Bersyukur

Seseorang yang sedang ditimpa masalah, baik maupun buruk akan membuat dirinya selalu bersyukur atas apa yang dimilikinya. Inilah merupakan tanda orang beriman yang kuat.

"Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (QS. Luqman: 12)

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutia Sari, Editor: Rizky Mandasari. Published: 26/12/2020)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer