Sukses


Contoh-Contoh Teks MC Acara Maulid Nabi Muhammad saw.

Bola.com, Jakarta - Peringatan maulid nabi tahun ini jatuh pada 12 Rabiul Awal 1445 H atau bertepatan pada hari Kamis (28/9/2023).

Peringatan maulid nabi atau maulud dimaknai sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad saw., kekasih Allah Swt., ke dunia.

Selain itu, maulid nabi dapat dimaknai sebagai momen untuk mengingat, menapaki sejarah, meneladani, dan memuliakan Nabi Muhammad saw.

Untuk memeriahkan peringatan maulid nabi, biasanya umat muslim akan mengadakan berbagai kegiatan. Bisa berupa pengajian, khataman Al-Qur'an, berselawat, dan kegiatan positif lainnya.

Berbagai kegiatan tersebut biasanya dipandu seorang MC (Master of Ceremony). Adapun tujuannya untuk meminimalkan kesalahan dalam memandu suatu kegiatan dan diharapkan dapat berjalan dengan runtut.

Bagi kamu yang mendapatkan kesempatan menjadi MC di peringatan maulid nabi, tetapi kebingungan merangkai teks MC, tak perlu khawatir. Kamu bisa mencermati rekomendasi contoh teks MC acara maulid nabi, di bawah ini.

Berikut contoh teks MC acara maulid Nabi Muhammad saw. yang bisa menjadi referensi, dikutip dari laman Sejarahlengkapterbaru dan Gurupenyemangat, Selasa (19/9/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Acara Maulid Nabi Muhammad saw.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in, Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du.

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru,

Yang saya sayangi teman-teman yang berbahagia.

Puji syukur alhamdulillah marilah selalu kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. atas limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di majelis ini untuk memperingati maulid Nabi Muhammad saw. 1445 Hijriyah tanpa ada halangan apa pun. Aamin.

Selawat serta salam muda-mudahan selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad saw. yang telah menunjukkan kita jalan yang benar dan terhindar dari jalan yang sesat serta gelap gulita. Berkat bimbingan beliau kita sekarang berada pada jalan yang benar dan diridai.

Selanjutnya di sini saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an
  3. Pembacaan selawat nabi
  4. Sambutan-sambutan
  5. Acara inti
  6. Doa dan penutup

Bapak/Ibu, para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah Swt., untuk mempercepat waktu, marilah acara kita mulai acara hari ini.

  • Acara yang pertama pembukaan.
  • Marilah acara pada hari ini kita buka dengan membaca Basmalah! (Bismillahirohmanirohim)
  • Dilanjutkan dengan acara yang kedua pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh teman kita (...). Kepada yang bertugas, kami persilakan!
  • Acara selanjutnya pembacaan selawat nabi oleh teman-teman (...). Kepada yang bertugas, kami persilakan!
  • Dilanjutkan dengan acara yang keempat sambutan-sambutan,
  • Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh kepala sekolah. Kepada beliau (...) kami persilakan.
  • Acara yang kelima yaitu acara inti yang akan diisi oleh (...) dilanjutkan dengan doa. Kepada beliau (...) kami persilakan!
  • Demikianlah acara inti yang akan diisi oleh Ibu (...).

Sedikit kami simpulkan, satu hal yang paling utama marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. dan sebagai momentum untuk mengenang jasa-jasa Nabi Muhammad saw. dalam memperjuangkan umat muslim untuk menuju jalan kebaikan yang diridai oleh-Nya, dengan cara meningkatkan rasa takwa kita terhadap Allah Swt.

Bapak/Ibu, para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah Swt.,

Sebelum acara saya tutup, perkenankanlah saya di sini mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dalam acara pengajian ini, dan apabila saya dalam membawakan acara terdapat kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Marilah acara pada hari ini kita tutup dengan membaca hamdalah. Wabilahii taufiq wal hidayah, wassalamualaikun Wr. Wb.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Acara Maulid Nabi Muhammad saw.

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaahi robbil 'alamiin, wassolaatu wassalaamu'alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa'ala alihi wa'ashabihi ajma'in, Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba'du.

Yang terhormat ...

Yang kami hormati ...

Yang saya cintai ...

Yang saya banggakan ...

Puji syukur alhamdulillah marilah selalu kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. atas limpahan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di (...) dalam acara peringatan maulid Nabi Muhammad saw., 1445 Hijriyah tanpa halangan apa pun (amin).

Selawat serta salam mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw. yang telah menunjukkan kita jalan yang benar dan terhindar dari jalan yang sesat serta gelap gulita. Berkat bimbingan beliau, kita sekarang berada pada jalan yang benar dan diridai. Aamiin.

Melati kuntum tumbuh melata,

Sayang merbah di pohon cemara; Assalammualaikum mulanya kata, saya (...) pembuka bicara.

Selanjutnya di sini saya (...) sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya sebagai berikut:

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an
  • Sambutan-sambutan
  • Mauidhoh hasanah
  • Doa dan penutup

Acara yang pertama yaitu pembukaan.

Marilah acara pada hari ini kita buka dengan membaca "surotul fatehah", ala hadiniyah wa'ala kuliniyatin solihah ilahadrotinnabii, Al Fatihah.

Acara yang kedua ayat suci Al-Qur'an. Kepada saudara/saudari (...), kami persilakan.

Terima kasih kepada (...) semoga yang membaca dan mendengarkan dapat mendapatkan hikmah dari bacaan yang sudah dilantunkan.

Acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan.

Sambutan yang pertama kepada (...).

Terima kasih kami sampaikan.

Dst.

Acara yang keempat yaitu mauidhoh hasanah yang akan disampaikan oleh (...)

Terima kasih kepada (...).

Semoga apa yang telah disampaikan akan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt. Amiin.

Acara yang kelima yaitu doa dan penutup.

Doa kali ini akan dipimpin oleh (...).

Bunga dedap di atas para

Anak dusun pasang pelita

Kalau tersilap tutur bicara

Jemari disusun maaf dipinta.

Maka dengan ini berakhirlah acara pada hari ini, kami dalam membawakan acara terdapat kesalahan, mohon untuk dimaafkan.

Kita tutup dengan membaca hamdalah. Alhamdulillahirobbil'alamin. Wassalamualaikum Wr. Wb.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks MC Acara Maulid Nabi Muhammad saw.

Bismillah. Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah. Alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda qa dinil haq. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh. Allahumma sholli wa sallim wa barik ala Muhammad, wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak (...) beserta perangkatnya,

Yang terhormat, Bapak (...) beserta perangkatnya,

Yang terhormat, Bapak (...) beserta segenap jajarannya,

Yang berbahagia, Bapak/Ibu, Kakak, Adik, serta anak-anak masyarakat (...) yang berkenan hadir dalam acara peringatan maulid Nabi Muhammad 1445 Hijriah.

Dan yang sama-sama kita muliakan, ustaz (...) yang alhamdulillah saat ini sudah tiba dan berada bersama-sama dengan kita untuk mengisi kegiatan Maulid Nabi di (...) yang kita cintai ini.

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur atas kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan kita semua begitu banyak nikmat. Nikmat Islam, nikmat iman, serta nikmat kesempatan sehingga kita bisa hadir di (...) dalam keadaan sehat walafiat.

Selawat berbingkaikan salam kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad saw. Mudah-mudahan dengan seringnya kita mengucapkan selawat Allahumma sholli ala Muhammad, wa ala ali Muhammad, kita bakal mendapat syafaat beliau di "Yaumul Akhir" nanti.

Para hadirin yang dirahmati Allah Swt., dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membacakan susunan acara kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad 1445 Hijrah:

  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat suci Al-Qur'an beserta tilawah
  • Kata sambutan
  • Penampilan nasyid/kasidah
  • Ceramah
  • Doa
  • Penutup

Kita masuk acara yang pertama yaitu pembukaan. Supaya mendapat keberkahan, marilah kita buka kegiatan hari ini dengan membaca basmallah.

Acara telah resmi dibuka. Kita beranjak ke acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an beserta tilawah yang akan dibawakan oleh Saudara/i (...).

Shadaqallahuladzim. Semoga kita yang membaca dan mendengarkan lantunan indah Al-Qur'an tadi mendapat dari Allah Swt. Aamiin ya Robbal ‘alamiin.

Hadirin yang berbahagia, kita masuki acara yang ketiga yaitu kata sambutan. Adapun kata sambutan pertama akan disampaikan oleh (...).

Kepada yang terhormat (...), dipersilakan.

Kita beranjak menuju kata sambutan sekaligus pembukaan kegiatan maulid Nabi Muhammad saw., 1445 Hijriah oleh (...). Kepada yang terhormat (...) dipersilakan.

Terima kasih kepada (...) yang telah menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan hari ini secara resmi. Baiklah, kita berlanjut menuju acara berikutnya yaitu penampilan nasyid/kasidah. Kepada (...) dipersilakan.

Hadirin yang dirahmati Allah Swt. Kita telah sampai di acara inti yaitu ceramah bertema Maulid Nabi. Kepada (...) kami dipersilakan.

Alhamdulillah kita telah sama-sama menyimak ceramah yang sangat bermanfaat demi meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah saw. Kita beranjak menuju acara berikutnya yaitu doa, yang dalam hal ini akan disampaikan oleh (...). Kepada. (...) dipersilakan.

Rangkaian acara kegiatan maulid Nabi Muhammad saw., 1445 H sudah kita lalui, dan tibalah kita pada sesi terakhir yaitu penutup.

Sebelum ditutup, saya selaku pembawa acara kegiatan memohon maaf atas segala khilaf dan salah, kepada-Nya marilah sama-sama kita mohon ampun.

Marilah kita tutup kegiatan peringatan maulid nabi hari ini dengan membaca hamdalah. Izinkan saya mengakhiri kegiatan yang penuh barokah ini dengan berucap pantun.

Kalau ada sumur di ladang

Bolehlah kita menumpang mandi

Kalau ada umur yang panjang

Bolehlah kita mengadakan maulid nabi lagi.

Akhirul kalam, wassalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh.

 

Sumber: Sejarahlengkapterbaru, Gurupenyemangat

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer