Sukses


9 Hadis tentang Rezeki yang Penting Dicermati

Bola.com, Jakarta - Rezeki merupakan satu di antara perkara yang menjadi rahasia Allah Swt., sama dengan umur, jodoh, dan kematian.

Rezeki bukan hanya harta, tetapi juga bisa berupa kesehatan, nikmat iman Islam dan juga dapat berupa keluarga yang harmonis.

Yap, rezeki setiap makhluk sudah diatur sedemikian rupa, demikian juga rezeki bagi manusia. Hal itu sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Hud ayat 6.

"Dan tidak ada satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di muka bumi melainkan semuanya telah dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediaman dan tempat penyimpanannya. Semua itu (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)."

Dalam Al-Qur'an, istilah rizq disebut sebanyak 112 kali dalam 41 surat, dan 92 ayat.

Meski Allah Swt. telah menjamin rezeki setiap makhluknya, rezeki tersebut terkadang tidak datang dengan sendirinya.

Rezeki tidak datang pada orang-orang yang pasif dan tidak melakukan upaya apa pun. Jadi, umat muslim dianjurkan untuk berusaha menjemput rezeki tersebut.

Persoalan rezeki juga tertuang dalam banyak hadis Rasulullah saw. Berikut sembilan hadis tentang rezeki yang penting dicermati umat muslim, dikutip dari laman Fiqihmuslim dan uinbanten.ac.id, Selasa (19/9/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Rezeki yang Penting Dicermati

Hadis tentang Rezeki 1

عَنْ أَبي هُرَيْرَةَ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يُبَالِي الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ أَ م مِنْ حَلَالٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ (البخارى وأبو يعلى

"Pasti akan datang pada manusia suatu zaman di mana orang tidak peduli lagi dengan apa dia mengambil harta, apakah dari yang halal ataukah dari yang haram." (HR. Bukhari, Abu Ya’la)

Hadis tentang Rezeki 2

نَفَثَ رُوحُ الْقُدُسِ فِي رَوْعِي أَنَّ نفْسًا لَنْ تَخْرُجَ مِنَ الدُّنْيَا حَتَّى تَسْتَكْمِلَ أَجَلَهَا، وَتَسْتَوْعِبَ رِزْقَهَا، فَأَجْمِلُوا فِي الطَّلَبِ، وَلا يَحْمِلَنَّكُمِ اسْتِبْطَاءُ الرِّزْقِ أَنْ تَطْلُبُوهُ بِمَعْصِيَةِ اللَّهِ، فَإِنَّ اللَّهَ لا يُنَالُ مَا عِنْدَهُ إِلا بِطَاعَتِهِ”.

"Roh Kudus (malaikat Jibril) membisikkan di dadaku bahwa 'tidaklah suatu jiwa meninggal dunia sampai disempurnakan baginya ajal dan dipenuhi rezekinya. Oleh karenanya, perbaguslah di dalam mencari rezeki. Janganlah ia merasa lambatnya rezeki, menyebabkan ia mencari rezeki tersebut dengan bermaksiat kepada Allah karena sesungguhnya Allah tidak dapat dicapai kecuali dengan mentaati-Nya'." (HR. Thabrani)

Hadis tentang Rezeki 3

"Wahai Rasulullah, seandainya ia lakukan itu di jalan Allah Swt. maka Rasulullah saw., bersabda: 'Bila ia keluar (rumah) demi mengusahakan untuk anak-anaknya yang kecil maka ia berada di jalan Allah. Bila ia keluar demi mengusahakan untuk kedua orang tuanya yang telah berusia lanjut maka ia berada di jalan Allah. Bila dia keluar demi mengusahakan untuk dirinya sendiri agar terjaga kehormatannya maka ia berada di jalan Allah. Namun, bila dia keluar dan berusaha untuk riya (mencari pujian orang) atau untuk berbangga diri maka ia berada di jalan setan'." (HR. At Thabarani)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Rezeki yang Penting Dicermati

Hadis tentang Rezeki 4

"Penghasilan apakah yang paling baik? Beliau menjawab: 'Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua penghasilan yang mabrur (diterima di sisi Allah)'." (HR. Al Hakim)

Hadis tentang Rezeki 5

"Sesungguhnya salah seorang di antara kalian tidaklah meninggal sampai disempurnakan rezekinya maka janganlah ia merasa lambat datang rezekinya. Bertakwalah kepada Allah wahai manusia, perbaikilah dalam mencari rezeki, ambil yang halal dan tinggalkan yang haram." (HR. Ibnu Hibban, Baihaqi)

Hadis tentang Rezeki 6

"Barang siapa memperbanyak istigfar maka Allah Swt. akan menghapuskan segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka." (HR. Ahmad, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Al Hakim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Rezeki yang Penting Dicermati

Hadis tentang Rezeki 7

"Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan." (HR. At Thabarani, Al Bazzar)

Hadis tentang Rezeki 8

"Tidaklah kamu diberi pertolongan dan diberi rezeki melainkan kerana orang-orang lemah di kalangan kamu." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Rezeki 9

"Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan dilambatkan ajalnya maka hendaklah dia menghubungi sanak-saudaranya (silaturahmi)." (HR. Bukhari)

 

Sumber: Fiqihmuslim, uinbanten.ac.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer