Sukses


Contoh Teks Diskusi Berbagai Tema yang Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Teks diskusi adalah jenis teks yang berisi informasi dan opini terhadap sebuah isu, yang dapat dilihat dari dua sudut pandang yang berimbang (pro dan kontra) sehingga menjadi bahan diskusi atau debat.

Berbeda dengan contoh teks anekdot ataupun teks ulasan, teks diskusi bertujuan untuk memecahkan suatu persoalan.

Teks diskusi bisa menjadi media yang digunakan untuk mencatat hal-hal penting mengenai suatu masalah dalam pertemuan ilmiah.

Hal-hal yang terekam di dalamnya juga dapat berupa pendapat dari berbagai pihak yang diutarakan dalam diskusi, baik berupa persetujuan maupun penolakan.

Berikut ini beberapa contoh teks diskusi, dikutip dari lamanĀ 99 dan Quipper, Kamis (21/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Diskusi tentang Kesehatan

Kebiasaan Minum Teh, Baik atau Tidak Baik?

Isu

Kebiasaan minum teh telah dilakukan dan ada sejak dulu. Bahkan, hingga kini masih menjadi bagian wajib dari sebuah tradisi.

Biasanya, teh akan disajikan ketika ada tamu, menjadi bagian dari sarapan pagi, dan sebagai minuman untuk bersantai pada malam hari. Teh telah dikenal sejak 5000 tahun lalu dan dinyatakan khasiatnya, bahwa dengan meminum teh dapat menaikkan kekebalan tubuh.

Argumen Pendukung

Teh merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Aroma dan cita rasanya yang khas, yang menjadikan minuman ini sangat disukai oleh semua lapisan masyarakat. Meski banyak manfaat dari meminum teh, kebiasaan mengonsumsi teh secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan.

Beberapa kandungan aktif pada teh yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lainĀ polyphenolsĀ (10-25 persen) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker, vitamin C (150-250 mg persen) dan vitamin E (25-70 mg persen) yang berperan membantu memperkuat daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung. Kemudian ada pula kandunganĀ ĆŸ-caroteneĀ (13-20 persen),Ā caffeinĀ (45-50 mg persen), danĀ fluorĀ (0,1-4, dua mg/L) yang berfungsi membantu pencegahan tumbuhnya karies pada gigi, juga dapat memperkuat gigi.

Argumen Penentang

Di balik manfaat-manfaat tersebut, kebiasaan minum teh yang rancu memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Kafein yang terdapat dalam teh jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat mengakibatkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Selain itu, kafein memiliki sifat ketergantungan sehingga tubuh akan merasa tidak fit jika tidak mengonsumsinya.

Pada seorang ibu yang tengah menyusui, kafein dapat menghipnotis kelenjar ASI, yang kemudian merusak kelancaran dan ketersediaan ASI. Zat kafein yang tersalur ke dalam tubuh bayi dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral pada teh juga dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Kesimpulan

Adapun rekomendasi cara mengonsumsi teh yang sehat, adalah dengan maksimal konsumsi sebanyak lima cangkir berukuran 200 ml setiap hari. Sebab, jumlah tersebut masih termasuk batas normal kadar kafein yang bisa dikonsumsi, yaitu setara 750 mg/ hari.

Usahakan juga untuk menyeduh teh menggunakan air yang tidak terlalu panas dan tidak dibubuhi terlalu banyak gula agar tidak merusak zat-zat yang dikandung teh dan menghilangkan manfaatnya.

Terakhir, hindari minum teh ketika perut kosong. Hal itu karena bisa menaikkan produksi asam lambung sehingga berpengaruh pada pencernaan dan memicu kambuhnya penyakit maag bagi pengidap penyakit tersebut.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan

Perlukah Seragam Sekolah?

Isu

Penggunaan seragam sekolah menjadi topik diskusi terhangat antara orang tua dan pengelola sekolah. Tak sedikit pula masyarakat yang memperdebatkan manfaat seragam sekolah, dan sebagian memercayai kerugian yang jauh lebih banyak dari penggunaan seragam sekolah.

Argumen Pendukung

Pada pihak-pihak pendukung, mereka berpendapat bahwa seragam sekolah bisa mengurangi adanya tekanan pada anak dari teman sebayanya.

Seragam juga dapat memberikan jalan keluar bagi anak-anak miskin agar tidak menerima ejekan dari anak-anak yang hidupnya serba berkecukupan. Selain itu, seragam terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dirawat.

Argumen Penentang

Sementara itu, pihak-pihak yang kontra terhadap penggunaan seragam sekolah berpendapat bahwa seragam sekolah bisa menghalangi pengekspresian diri melalui pakaian.

Menggunakan seragam sama saja memaksa anak-anak mencari cara lain untuk menempatkan diri tentang siapa mereka. Ekspresi diri dan individualitas merupakan dua hal penting untuk perkembangan anak.

Kesimpulan

Seiring penerapan konsep manajemen berbasis sekolah, ada kecenderungan sekolah negeri mulai menentukan kebijakan seragam sekolahnya masing-masing.

Berseragam atau tidak berseragam memang menjadi pilihan. Hal yang terpenting adalah potensi siswa dapat dikembangkan secara optimal sehingga mampu menunjukkan prestasi dalam proses pendidikannya.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Diskusi tentang Lingkungan

Kebersihan Lingkungan Tanggung Jawab Siapa?

Isu

Lingkungan merupakan sumber daya alam paling penting bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Oleh sebab itu, tanpa lingkungan yang terjaga dan terawat maka tidak akan ada sebuah kehidupan.

Namun, masih banyak orang yang tidak paham cara melestarikan lingkungannya sehingga lingkungan menjadi kotor dan kumuh. Kemudian memicu alasan-alasan, seperti tidak adanya fasilitas pengangkut sampah dan tempat pembuangan sampah yang belum jelas. Dengan demikian, permasalahan kebersihan lingkungan sampai sekarang masih menuai perdebatan karena banyak warga yang membuang sampah di jalan dan sungai.

Argumen Pendukung

Orang-orang yang membuang sampah di jalan dan sungai dikarenakan mereka tidak memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungannya. Hal itu terlihat dari pernyataan mereka yang selalu mengatakan tidak adanya fasilitas yang mendukung kebersihan lingkungan di sekitar mereka.

Selain itu, mereka tidak paham dengan konsep kebersihan merupakan sebagian dari iman. Akibatnya, mereka tidak merasa bersalah saat membuang sampah di mana saja, dengan mengatakan kalau semua ini tanggung jawab pemerintah, dan bukan kita sebagai warga.

Argumen Penentang

Sementara itu, masyarakat yang turut menjaga kebersihan lingkungan berpendapat, jika cepat atau lambat sumber penyakit akan makin banyak. Bahkan akan dengan sangat cepat menyerang seluruh masyarakat dengan berbagai macam penyakit.

Kesadaran yang minim akan kebersihan lingkungan inilah yang menjadi penyebab adanya sampah di sudut-sudut rumah dan tempat-tempat umum. Apabila sudah seperti itu, lingkungan akan menjadi tidak menarik, kotor dan kumuh, hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kesimpulan

Adapun cara mengatasi masalah kebersihan lingkungan tersebut dapat diawali dari diskusi antara ketua RT dan RW agar menghasilkan keputusan yang tepat. Kemudian mengajak warga bermusyawarah untuk menjaga lingkungan tempat tinggal tetap bersih.

Ā 

Sumber: 99, Quipper

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer