Sukses


6 Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia yang kian sadar akan pentingnya gaya hidup sehat dan pola makan yang baik, muncul berbagai pilihan bahan makanan yang diklaim memiliki manfaat kesehatan luar biasa.

Satu di antara bahan makanan yang mendapatkan perhatian dalam beberapa tahun terakhir adalah beras porang.

Beras porang, yang juga dikenal sebagai 'konjac rice', merupakan jenis beras yang berasal dari umbi tanaman porang yang tumbuh subur di berbagai wilayah di Asia.

Tidak hanya populer sebagai pengganti nasi biasa bagi mereka yang ingin mengendalikan berat badan, beras porang juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Beras porang mengandung glukomanan atau serat makanan alami yang larut dalam air. Hal ini membuat beras porang terbilang ampuh untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Berikut enam manfaat beras porang untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Sabtu (23/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Jika beras biasa memiliki kadar gula yang tinggi, beras porang bisa membantu menjaga kadar gula darah karena kadar gulanya cukup rendah.

Beras porang dapat memperlambat penyerapan kolesterol dan gula dalam darah.

Berdasarkan Jurnal Universitas Udayana, berkat kadar glukomanan yang cukup tinggi, ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Mengatasi Diabetes

Selain mengandung glukomanan, beras porang memiliki mannan dan polisakarida manosa dalam jumlah besar.

Kandungan tersebut bisa membantu penderita diabetes agar bisa makan dengan tenang tanpa khawatir gula darahnya akan melonjak naik.

Selain itu, kandungan glukomanan dapat mendukung manajemen penyakit diabetes tipe-2. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kandungan dalam buah porang dalam mengatasi diabetes.

3 dari 4 halaman

Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beras porang bisa membantu memperlambat penyerapan kolesterol. Dengan begitu, bahan makanan ini bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, kandungan glukomanan dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat, trigliserida, serta gula darah puasa.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan 

Senyawa glukomanan yang ada di dalam beras porang akan dimetabolisme oleh bakteri usus. Hal ini ternyata bisa bermanfaat untuk mengurangi sembelit.

Selain itu, senyawa mannan dan glukosa ini dapat mengurangi sindrom iritasi usus.

4 dari 4 halaman

Manfaat Beras Porang untuk Kesehatan Tubuh

5. Menurunkan Berat Badan

Makan beras porang yang rendah kalori dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Lantaran merasa lebih kenyang, ini bisa membantu membatasi asupan makanan.

Bagi seseorang yang sedang menurunkan berat badan, tentunya ini makanan ini bisa mendukung penurunan berat badan. Apalagi jika disertai dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beras porang mengandung oligosakarida, gula sederhana yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, oligosakarida dapat membantu menjaga keutuhan membran penghalang tubuh di hampir seluruh bagian tubuh. Ini membuatnya dapat melindungi tubuh dari alergi dan infeksi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 15/5/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer