Sukses


Macam-Macam Teknik Passing dalam Voli, Lengkap beserta Cara Melakukannya

Bola.com, Jakarta - Voli adalah olahraga bola besar yang dimainkan secara beregu oleh dua tim. Setiap tim yang bertanding terdiri dari enam pemain.

Masing-masing tim berusaha untuk mencetak poin dengan cara mengirim bola ke sisi lawan melewati jaring yang berada di tengah lapangan. Selanjutnya, mereka berusaha untuk mengoordinasikan pergerakan dan pukulan mereka untuk mengalahkan lawan.

Tujuan utama dalam voli adalah mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara mengirim bola ke dalam area lawan atau membuat lawan melakukan kesalahan.

Untuk dapat bermain bola voli dengan baik, minimal harus menguasai teknik-teknik dasar. Satu di antara teknik dasar yang harus dikuasai adalah passing.

Passing bisa dikembangkan menjadi beberapa teknik dan menjadi kombinasi gerak keterampilan. Secara umum, ada dua jenis passing dalam permainan bola voli, yakni passing atas dan bawah.

Berikut ini penjelasan tentang teknik passing dalam permainan bola voli yang perlu diketahui, dilansir dari Modul Permainan Bola Voli Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X terbitan Kemdikbud, Kamis (21/9/2023).

2 dari 4 halaman

Peraturan Voli

Sebelum membahas passing yang ada dalam permainan voli, ketahui terlebih dahulu peraturannya.

Aturan dasar permainan bola voli di antaranya adalah setiap tim hanya bisa menyentuh bola sebanyak tiga kali. Pada awal pertandingan, salah seorang pemain wajib melakukan servis ke area pertahanan lawan dengan melambungkan bola terlebih dahulu sebelum dipukul.

Tim yang berhasil mematikan lawan (memenangkan sebuah rally) berhak mendapat satu poin serta memiliki hak untuk melakukan servis. Pemain harus bertukar posisi dengan memutar searah jarum jam setelah rally telah selesai.

Blocking hanya bisa dilakukan oleh tiga pemain depan, sedangkan pemain lainnya bertugas memukul bola melewati net, dari belakang garis serang atau garis tiga meter (garis yang memisahkan garis depan dengan belakang lapangan).

Pertandingan permainan voli terdiri atas lima set, empat set pertama menggunakan sistem 25 rally point, sedangkan pertandingan terakhir menggunakan sistem 15 poin.

3 dari 4 halaman

Passing Bawah

Passing bawah merupakan teknik dasar permainan bola voli untuk memberikan umpan kepada teman, menerima servis atau menahan serangan lawan. Jadi, passing bawah biasa digunakan untuk memberikan umpan ataupun menahan bola.

Adapun rangkaian geraknya adalah sebagai berikut:

- Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki bagian depan.

- Kedua lengan dirapatkan dan luruskan di bagian depan badan hingga kedua ibu jari sejajar.

- Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan dengan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat.

- Titik sentuh bola usahakan agar sedikit di atas pergelangan tangan.

- Lutut diluruskan agar badan dalam posisi stabil serta kedua tetap lengan lurus.

Akhiri gerakan dengan menerapkan posisi di bawah ini:

1. Tumit terangkat dari lantai.

2. Pinggul dan lutut naik.

3. Kedua lengan lurus.

4 dari 4 halaman

Passing Atas

Passing atas tepat untuk memberikan umpan sebuah serangan/smash. Passing atas biasanya digunakan untuk mengumpan yang berada di depan net untuk posisi pemain 4, 5, dan 6.

Gerakan dasar passing atas rangkaian geraknya adalah sebagai berikut:

- Berdiri dengan kedua kaki dengan dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.

- Posisi lengan di depan badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang sehingga membentuk seperti mangkuk di depan atas kepala.

- Dorongkan kedua lengan menyongsong arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik dengan tumit sedikit terangkat.

- Titik sentuh bola tepat mengenai jari-jari tangan.

- Saat mulai mendorong bola, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus.

Gerakan passing atas diakhiri dengan posisi seperti bawah ini:

1. Tumit terangkat dari lantai.

2. Pinggul dan lutut naik.

3. Kedua lengan lurus.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar voli lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer