Sukses


Macam-Macam Makanan yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bola.com, Jakarta - Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah satu di antara komponen penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Kualitas tidur yang baik berdampak pada tingkat energi, produktivitas, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Namun, bagi banyak orang, tidur yang nyenyak sering kali menjadi hal yang sulit dicapai, terutama dalam dunia yang penuh dengan stres, jadwal padat, dan gangguan tidur yang umum.

Orang yang kurang tidur biasanya menjadi sulit berkonsentrasi, mudah lelah saat beraktivitas, hingga menjadi gampang marah.

Selain itu, gangguan tidur bisa disebabkan makanan yang kita konsumsi, seperti yang mengandung kafein, lemak, dan juga gula. 

Perlu diketahui, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi dan ampuh berperan untuk membantumu tidur lebih nyenyak. Apa saja?

Berikut macam-macam makanan yang bisa membuat tidur lebih nyenyak, seperti dilansir dari Dailyentertaiment, Sabtu (23/9/2023).

2 dari 4 halaman

Makanan yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

1. Kacang Almond

Almond baik dalam membantu tidur karena mengandung magnesium, yang merupakan pelemas otot alami dan mengandung sifat anti-stres.

Penelitian telah membuktikan bahwa suplementasi magnesium dapat meningkatkan ukuran subjektif dari insomnia, seperti skor ISI, efisiensi tidur, waktu tidur, dan latensi onset tidur (transisi dari bangun menuju tidur), terutama pada orang lanjut usia.

Tambahkan almond ke sereal pagimu, tukar susu biasamu dengan susu almond, dan segenggam camilan almond jika kamu merasa lapar di siang hari.

2. Ceri

Buah lezat ini dan berbagai olahannya, kerap dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur. Hal ini karena ceri memiliki melatonin, yang bertanggung jawab atas pengaturan jam internal tubuh dan siklus tidur-bangun.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa subjek yang minum jus ceri telah meningkatkan kadar melatonin dan tidur lebih baik. Kamu dapat minum jus atau makan ceri sebagai camilan secara teratur.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

3. Oatmeal

Oatmeal mengandung kadar magnesium dan potasium yang tinggi sehingga ideal untuk pengidap insomnia. Biasa dikonsumsi saat akanan sarapan, oatmel juga mengandung karbohidrat dan serat sehingga cocok untuk makan malam atau makan malam.

Oatmeal merupakan makanan yang enak, hangat, lembut, bergizi, dan biasanya dimakan bersama susu. Kamu juga bisa menambahkan buah dan kacang ke oatmealmu, atau dengan kombinasi lain yang resepnya mudah kamu dapatkan di dunia maya.

Akar Valerian 

Akar tanaman ini telah digunakan sebagai suplemen herbal selama berabad-abad dan telah digunakan untuk mengobati insomnia dan kecemasan.

Akar Valerian terutama dikonsumsi sebagai teh, meski beberapa orang juga meminumnya dalam bentuk tablet. Akar Valerian juga tersedia dalam bentuk cair atau tingtur, dengan konsentrasi berbeda.

Tumbuhan keluarga Valerianaceae ini efektif dalam manajemen klinis insomnia yang telah dibuktikan oleh sejumlah studi medis.

Yang terbaik, kamu meminumnya satu jam sebelum tidur, meski kamu juga bisa meminumnya di siang hari untuk mengatasi kecemasan. Untuk mendapatkan hasilnya, kamu harus mengkonsumsinya secara rutin selama beberapa minggu.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Pisang

Pisang sudah dikenal sebagai makanan kesehatan yang meningkatkan energi, tetapi pisang juga mengandung potasium, magnesium, dan triptofan tinggi sehingga akan membantumu tidur lebih baik.

Triptofan efektif dalam hal ini karena merupakan prekursor untuk dua neurotransmiter, serotonin, dan melatonin, yang mengendalikan tidur.

Kamu dapat menambahkan pisang ke oatmeal pagi atau malammu untuk memaksimalkan efeknya.

 

Sumber: Dailyentertainment

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer