Sukses


Asian Games 2022: Gara-Gara Hujan Deras, Timnas Cricket Indonesia Tersingkir oleh Pakistan Tanpa Bertanding

Bola.com, Jakarta - Timnas Cricket Indonesia Putri harus tersingkir tanpa bertanding pada perempat final Asian Games 2022 yang sedianya dipertandingkan pada Kamis (21/9/2023). Penyebabnya, hujan deras.

Memang hujan deras mengguyur kota Hangzhou, China pada laga perebutan tiket ke semifinal Asian Games 2022 cabang olahraga cricket. Oleh karena itu, laga pun tak bisa digelar.

Masalahnya, ada peraturan yang menyebutkan bahwa peringkat sebuah negara menentukan hasil akhir jika pertandingan gagal digelar. Pakistan, peringkat 2 dunia, kemudian dinyatakan menang atas Indonesia yang duduk di posisi 6.

“Laga perempat final Timnas Cricket Putri Indonesia melawan Pakistan tidak ada hasilnya. Memang ada aturan peringkat yang lebih tinggi berhak maju ke semifinal dan itu jatuh ke Pakistan yang menempati peringkat ke-2 Asia sedangkan Indonesia menempati peringkat ke-6 Asia," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Abhiram S Yadav saat dimintai komentarnya tentang Indonesia dinyatakan kalah tanpa melalui pertandingan.

 

2 dari 3 halaman

Mencoreng Semangat Asian Games

Hanya saja, Yadav menyayangkan keputusan tersebut. Menurutnya, itu sama saja mencoreng semangat Asian Games.

“Tetapi, menentukan pemenang tanpa pertandingan itu kan sudah tidak sesuai dengan semangat dari Asian Games yang mengutamakan persahabatan dan fair play,” ujarnya lagi menambahkan.

Abhiram S Yadav melanjutkan, PP PCI telah berkordinasi dengan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) dengan menyiapkan berkas-berkas untuk dibahas dengan Hangzhou Organizing Committee (HAGOC).

"Tadi, kami sudah kirim kronologi lengkap untuk bahan membuat NOC Indonesia agar dibawa dalam pertemuan Chef de Mission (CdM) dengan HAGOC," jelas Abhiram S Yadav.

 

3 dari 3 halaman

Akan Dibawa ke CdM Meeting

Abhiram S Yadav yakin NOC Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin untuk melanjutkan protes yang disampaikan.

"NOC Indonesia sangat antusias menerima laporan yang telah kami siapkan. Dan, kami yakin NOC Indonesia akan membawanya dalam CdM Meeting. Jadi apa keputusan masa depan yang dihasilkan dalam Rapat CdM nanti akan kita terima," tegasnya.

Timnas Cricket Putri Indonesia yang mencatat sejarah dengan meraih emas SEA Games 2023 Kamboja sudah menunjukkan perjuangan maksimalnya. Pada laga perdana, Tim asuhan pelatih asal Sri Lanka Gihan Rajith Perera sukses membungkam Mongolia.

Video Populer

Foto Populer