Sukses


Doa Nurbuat dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Doa nurbuat merupakan satu di antara doa yang sering diamalkan umat muslim. Doa ini dapat dibaca sebagai bentuk ibadah dan permohonan kepada Allah Swt. Lantas, apa itu doa nurbuat?

Doa nurbuat adalah amalan yang dikhususkan untuk mendapatkan perlindungan dari Allah, terhindar dari berbagai gangguan jin atau sihir hingga doa agar dapat disayangi oleh musuh.

Dalam bahasa Arab, doa nurbuat berasal dari kata "nurun nubuwwah", yang artinya cahaya nabi. Doa nurbuat dipercaya memiliki beragam manfaat kebaikan jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan membaca doa nurbuat, diharapkan Allah memberikan perlindungan kepada kita dari segala jenis gangguan. Itulah mengapa banyak orang membacanya dalam berbagai kesempatan untuk mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah Swt.

Berikut ini bacaan doa nurbuat dalam tulisan Arab dan latin, lengkap beserta artinya yang perlu diketahui, disadur dari Liputan6, Senin (25/9/2023).

2 dari 6 halaman

Doa Nurbuat dalam Tulisan Arab

Doa Nurbuat dalam Tulisan Arab

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِ

وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِ

طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ

3 dari 6 halaman

Doa Nurbuat dalam Tulisan Latin

Allaahumma dzis-sultaanil-‘aziimi wa dzil-mannil-qadiimi wa dzil-wajhil-kariimi wa waliyyil-kalimaatit-taammati wadda’awaatil-mustajaabaati ‘aaqilil-hasani wal-husaini min anfusil-haqqi ‘ainil-qudrati wan-naaziriina wa ‘ainil-jinni wal-insi wasy-syayaatiin,

Wa iyyakaadulladziina kafaruu layuzliquunaka bi absaarihim lammaa samii’udz-dzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa illaa dzikrul lil-‘aalamiin, wa mustajaabil-qur’aanil-‘aziim, wa waritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihimas-salaam, al-wuduudu dzul-‘arsyil-majiid.

Tawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdii haajatii wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin-naasi ajma ‘iina wa tabaa ‘adil-‘adaawata kullahaa mim banii aadama ‘alaihissalaamu man kaana hayyaw wa yahiqqal-qaulu ‘alal-kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Subhaana rabbika rabbil-‘izzati ‘ammaa yasifuuna wa salaamun ‘alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.

4 dari 6 halaman

Arti Doa Nurbuat

Berikut ini arti lafal doa nurbuat di atas:

"Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasai banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan.

Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Al-Qur'an dan mereka pun berkata: 'Sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila. Al-Qur'an hanyalah peringatan untuk setiap umat'.

Wahai yang Dia yang memperkenankan melalui Al-Qur'an yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arasy yang Mulia.

Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyakanlah harta dan anakku, jadikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak adam yang masih hidup.

Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu.

Maha Suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran, dari apa pun yang (mereka) gambarkan yaitu orang-orang kafir, dan melimpahlah kesejahteraan pada para Rasul, dan segala puji Bagi Allah pemilik Alam Semesta."

5 dari 6 halaman

Makna Doa Nurbuat

1. Memohon Perlindungan dan Pertolongan kepada Allah yang Maha Kuat

Dalam doa nurbuat ini, umat Islam memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah yang memiliki kekuatan yang tak terbatas untuk membantu menghadapi segala masalah dan tantangan hidup.

2. Meminta Kesehatan dan Kebahagiaan

Umat Islam memohon agar Allah memberikan umur yang panjang, kesehatan, dan kelimpahan rezeki serta anak-anak yang baik, serta terhindar dari permusuhan dan fitnah dari orang-orang yang hidup di dunia.

3. Memohon Pertolongan terhadap Orang Kafir

Dalam doa nurbuat ini juga dimohonkan pertolongan terhadap orang-orang kafir dan ketetapan azab untuk mereka yang tidak beriman kepada Allah.

Umat Islam meyakini bahwa hanya Allah yang mampu menolong dan mengazab orang-orang yang melawan dan memusuhi-Nya.

4. Memuliakan Rasulullah saw. dan Para Nabi Lainnya

Dalam doa nurbuat ini, umat Islam juga memuliakan Rasulullah saw. dan para nabi lainnya, serta memohon kesejahteraan bagi mereka.

Umat Islam menganggap nabi sebagai teladan dan anutan dalam menjalani hidup yang benar dan berbakti kepada Allah.

5. Memuliakan Allah sebagai Pencipta dan Pemilik Alam Semesta

Dalam doa nurbuat ini, umat Islam memuliakan Allah sebagai Pencipta dan Pemilik Alam Semesta yang memiliki kebesaran dan keagungan yang tak terbatas.

Umat Islam menyadari bahwa hanya Allah-lah yang memiliki segala kekuasaan dan kendali atas seluruh alam semesta.

6 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Doa Nurbuat

Membaca doa nurbuat memiliki manfaat jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Keinginan akan dikabulkan jika rutin dibaca sesudah salat wajib.
  • Bisa menyembuhkan hewan yang sakit jika dibacakan kepada hewan yang dimaksud.
  • Dosa-dosa diampuni jika dibaca saat matahari terbenam.
  • Dapat disayangi musuh ketika dibaca hendak keluar rumah.
  • Mendapatkan perlindungan dari Allah atas gangguan jin, sihir, dan bahaya lainnya.
  • Bisa menghindari serangan hama jika ditulis dan diletakkan di sekitar tanaman.
  • Amalan untuk mengusir jin dari tempat-tempat angker jika ditulis dan diletakkan di tempat tersebut.
  • Mendapatkan kesejahteraan dunia akhirat jika dibaca setiap hari secara rutin.
  • Dibaca 100 kali sebelum tidur dapat mengantarkan seseorang bertemu dengan Nabi Muhammad saw.
  • Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit jika dibaca pada minyak kelapa lalu dioleskan pada bagian yang sakit.
  • Dapat memudahkan kelahiran jika dibacakan pada segelas air lalu diminum pada ibu yang hendak melahirkan.
  • Dapat menyembuhkan sakit mata jika dibaca lalu ditiupkan pada mata yang sakit.
  • Dapat menghilangkan permusuhan jika dibaca sebanyak-banyaknya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Laudia Tysara. Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 27/3/2023)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer