Sukses


Performa Berkelas Sean Gelael Saat Finis Pertama Reli Danau Toba

Bola.com, Jakarta - Berpasangan dengan navigator asal Portugal, Hugo Magalhaes, Sean Gelael menang secara meyakinkan memenangi Reli Danau Toba yang menjadi bagian dari putaran APRC Asia Rally Cup 2023 yang berakhir Minggu (24/09/2023).

Pasangan gado-gado Indonesia-Portugal ini memperlihatkan performa berkelas. Karena keduanya mengalahkan H. Rahmat/Hade Mboi di posisi kedua yang sama-sama mengendarai mobil Hyundai i20 dengan gap 3 menit 24,93 detik. 

Hasil ini sekaligus menandakan bertahun-tahun mengikuti reli, apakah itu speed atau sprint, dan menggunakan mobil apapun, Citroen atau Hyundai, Sean Gelael terbukti memiliki kecepatan yang sejauh ini belum tertandingi oleh para pereli Tanah Air.

Dan itu terlihat lagi pada reli di sekitar Parapat, Danau Toba, sejak Sabtu. Sean selalu unggul di setiap SS (special stage) yang diikuti.

Satu-satunya trayek khusus di mana dia kalah adalah pada SS4 di Negeri Dolok di mana dia melintir dan sempat kandas sejenak sebelum kemudian melakukan recovery dan melanjutkan lomba.

 

2 dari 4 halaman

Sean/Hugo Selalu Unggul

Selebihnya, pada reli yang merupakan putaran ketiga Kejurnas Reli Indonesia dan putaran kelima Asia Pacific Rally Championship (APRC) tersebut Sean/Hugo selalu unggul.

Hanya, keunggulan itu tidak terlihat semencolok seperti tahun-tahun sebelumnya. "Kami memang menghindari potensi masalah, karena Danau Toba Rally kali ini tergolong kejam di mana banyak pereli mengalami pecah ban," kata Hugo.

Berbekal keunggulan lebih dari dua menit pada hari pertama, leg 2 diawali oleh Sean/Hugo secara low profile.

Dua SS di Negeri Dolok dan Huta Tonga yang arahnya di balik (reverse) tetap mereka taklukkan, hanya selisih waktunya tak sebesar pada leg 1.

Barulah pada SS8 di Gorbus Sean/Hugo sedikit memacu Hyundai i20 N Rally2 mereka. Keunggulan lebih dari 20 detik mereka buat di lintasan sepanjang 15 km tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Komentar Sean Gelael

Pada akhirnya perjuangan tuntas di Huta Tonga Reverse. Sean/Hugo mengukuhkan diri sebagai pemenang dengan hasil akhir unggul 3 menit 24,9 detik atas H Rahmat/Hade Mboi yang juga menggeber Hyundai i20.

"Saya senang akhirnya bisa menang lagi di Reli Danau Toba. Saya dan Hugo memang tak mau peristiwa di mana dulu kami sudah unggul jauh tapi kemudian mengalami masalah sehingga gagal," ujar Sean.

"Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada tim, orang tua, dan semua pihak yang telah terlibat pada reli ini, terutama sponsor," lanjutnya. 

 

 

4 dari 4 halaman

Ricardo Gelael Posisi 10

Satu mobil lagi sebagai perwakilan Jagonya Ayam Motorsport, Citroen C3 Rally2 yang digeber oleh Ricardo Gelael/Gabriel Morales finis di peringkat 10.

"Saya akui memang sudah berusaha maksimal, tapi usia gak bisa bohong. Terlebih pada SS terakhir ban saya pecah jadi tak bisa menyusul lawan seperti niat awal," kata Ricardo.

Putaran terakhir Kejurnas masih digelar di Danau Toba, yang juga merupakan putaran final APRC 2023, pada akhir November.

 

Video Populer

Foto Populer