Sukses


Arti Afiliasi, Ketahui Cara Daftar dan Keuntungannya

Bola.com, Jakarta - Afiliasi adalah suatu langkah memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan peluang untuk menjualkan produknya kepada konsumen melalui afiliasi agar mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan bersama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, afiliasi adalah hubungan antara anggota maupun cabang. Misalnya, bentuk kerja sama perusahaan di Indonesia dengan perusahaan asing di luar negeri.

Afiliasi biasanya berbentuk kerja sama antara individu dan suatu perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan besar melalui strategi marketing dengan menambahkan tautan atau promosi di situs sosial media maupun blogmu.

Pada pasar modal, afiliasi adalah hubungan antara pemilik saham utama dengan perusahaan, serta hubungan perusahaan bersama seluruh pihak yang mengontrol kegiatan usaha secara langsung maupun tidak langsung.

Agar makin paham, berikut penjelasan lebih lanjut tentang afiliasi, dilansir dari lamanĀ Ocbcnisp, Selasa (26/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Program Afiliasi

Daftar Program Afiliasi

Hal yang harus kamu lakukan sebelum memulai afiliasi adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui website perusahaan. Kamu akan mendapatkan kode referral unik dan berbeda pada masing-masing orang.

Kode ini digunakan sebagai penanda bahwa konsumen membeli produk dari afiliator tersebut.

Promosi Produk Afiliasi

Satu di antara cara untuk memperoleh banyak komisi dari afiliasi adalah mempromosikan kode referral kamu agar banyak konsumen yang membeli. Adapun promosi ini dapat kamu lakukan melalui beberapa cara. Misalnya, review produk di blog, forum online maupunĀ media sosialmu.

Orang-Orang Menggunakan Kode Referralmu

Pada dasarnya, tujuan kamu melakukan afiliasi pemasaran adalah agar calon pembeli menggunakan kode referralmu. Pasalnya, jika orang tersebut memanfaatkan kodemu maka konsumen akan mendapat diskon tambahan dan kamu sebagai afiliator tentunya memperoleh komisi.

Dapatkan Komisi

Umumnya, waktu pemberian komisi afiliasi adalah setelah konsumen membeli produk menggunakan kode referralmu.

Selain itu, pada beberapa perusahaan, komisi diberikan setelah kamu melalui pengisian form, meningkatkan trafik website, mengunduh suatu aplikasi, hingga subscribe newsletter perusahaan.

3 dari 3 halaman

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Modal Kecil

Keuntungan afiliasi adalah penggunaan modal yang sedikit, bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali. Pasalnya, kamu dapat menjual produk perusahaan tanpa membelinya terlebih dahulu. Kamu cukup mempromosikannya saja agar konsumen tertarik untuk membeli.

Penghasilan Pasif

Satu di antara keuntungan lainnya dari afiliasi adalah mendapatkan penghasilan, meski tidak bekerja di kantor. Bahkan, kamu tidak perlu menghabiskan waktu lama di depan komputer, cukup duduk santai dan melakukan promosi maka uang akan datang dengan sendirinya kepadamu.

Jam Kerja Fleksibel

Sistem kerja dari afiliasi adalah fleksibel atau tidak terikat kontrak yang mengatur jam promosi dari program afiliasi pada waktu tertentu seperti bekerja kantoran. Kamu dapat menentukan sendiri kapan mulai promosi.

Penghasilan Murni dari Kerja Kerasmu

Penghasilan yang kamu dapatkan dari bisnis afiliasi adalah tergantung dari seberapa besarnya kerja keras kamu melakukan promosi. Makin niat kamu berusaha maka akan makin besar juga pendapatan per bulannya.

Kerja dari Rumah

Kamu dapat melakukan promosi kode referral dari mana saja, seperti kantor, kafe, maupun rumah. Kamu hanya memerlukan sambungan internet dan smartphone/laptop. Dengan begitu, afiliasi adalah bentuk pekerjaan sempurna untuk kamu yang tidak suka bekerja kantoran.

Ā 

Sumber:Ā Ocbcnisp

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer