Sukses


8 Macam Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi yang Bisa Dokonsumsi Secara Rutin

Bola.com, Jakarta - Kolesterol adalah jenis lemak yang ada dalam tubuh. Kolesterol sebenarnya merupakan zat penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi bisa menjadi faktor penyebab penyakit berbahaya.

Solusinya, bisa dimulai dari pola makan seperti mengonsumsi sayuran penurun kolesterol jahat.

Sayuran adalah makanan yang berasal dari tumbuhan yang biasanya dimakan sebagai bagian utama atau tambahan.

Sayuran menjadi bagian penting dari pola makan seimbang. Hal itu karena sayuran kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Makan beragam jenis sayuran dapat membantu memastikan asupan nutrisi yang cukup dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Mengonsumsi sayuran penurun kolesterol jahat akan berperan dalam menyeimbangkan kadar kolesterol jahat. Hal ini untuk mengantisipasi kadar kolesterol jahat yang berlebihan.

Berikut ini macam-macam sayuran penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi, dilansir dari ners.unair.ac.id, Kamis (28/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sayuran Penurun Kolesterol

Tomat

Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal itu karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

Bayam

Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol, akan tetapi jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif untuk menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, satu di antara sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Hal itu dikarenakan kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang menjadi peran penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya di tubuh.

3 dari 5 halaman

Sayuran Penurun Kolesterol

Bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

Terong

Satu di antara manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur terong juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Sebenarnya selain sayuran, ada beragam makanan lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol, di antaranya seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberi, dan ikan.

4 dari 5 halaman

Sayuran Penurun Kolesterol

Brokoli

Brokoli juga termasuk sayuran penurun kolesterol jahat. Hal ini disebabkan karena brokoli mengandung serat cukup tinggi.

Serat inilah yang nantinya akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Brokoli juga akan mendetoksifikasi tubuh secara alami. Jadi, jangan sungkan untuk mulai mengonsumsinya setiap hari.

Bayam

Warna hijau yang dimilikinya bisa diandalkan untuk turunkan kolesterol jahat. Bayam juga mengandung serat yang sangat banyak. Jadi, tidak heran banyak yang mengandalkannya sebagai sayuran penurun kolesterol jahat.

Setiap satu cangkir bayam mengandung 6 gram serat yang siap menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

Sayuran Penurun Kolesterol

Wortel

Wotel adalah jenis sayuran penurun kolesterol jahat yang mudah ditemukan. Selain bermanfaat untuk mata, wortel bisa jaga kadar kolesterolmu.

Wortel mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna.

Dengan begitu, kadar kolesterol jahat dalam darah bisa diturunkan. Menurut studi, wortel terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia.

Buncis

Buncis ini termasuk sayuran penurun kolesterol jahat yang mudah ditemukan. Rutin makan buncis setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida dalam tubuh.

Buncis mengandung lemak tak jenuh ganda yang juga ramah bagi penderita diabetes.

 

Sumber: ners.unair.ac.id

Baca artikel seputar kolesterol lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer