Sukses


Contoh Pidato Maulid Nabi Muhammad yang Singkat dan Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Maulid Nabi adalah acara perayaan hari kelahiran Nabi Muhamad saw. Perayaan ini diperingati pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender hijriyah.

Selain itu, Maulid dapat dimaknai sebagai momen untuk mengingat, menapaki sejarah, meneladani, dan memuliakan Nabi Muhammad saw.

Di Indonesia, ada berbagai acara yang digelar sebagai bagian peringatan Maulid Nabi. Dalam kegiatan tersebut, tak jarang dibutuhkan penyampaian pidato.

Adapun tujuan penyampaian pidato satu di antaranya adalah untuk mengingat perjuangan Nabi Muhammad saw. serta meningkatkan keimanan setiap umat muslim.

Bagi kamu yang mendapat tugas menyampaikan pidato dalam peringatan Maulid Nabi 2023 dan butuh bantuan merangkainya, bisa mencermati dan menggunakan contohnya, di bawah ini.

Berikut contoh naskah pidato untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad saw., dilkutip dari laman 99, Rabu (27/9/2023).

2 dari 4 halaman

Teks Pidato Maulid Nabi Singkat

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Alhamdulillah. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin wa bihi nasta’in wa ‘ala umurid dunya wad din. Wa shatu wa salam ‘alla sayiddina wa maulana Muhammad saw wa ‘ala ashabihi wa ahli baity. Aamiin.

Kepada yang terhormat Bapak Ibu hadirin yang dimuliakan Allah. Pada kesempatan ini marilah kita ucapkan rasa syukur kita kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita masih diberi nikmat sehat tanpa halangan suatu apa pun Sehingga pada kesempatan yang mulia ini kita masih diberi umur yang panjang dan dapat berkumpul dalam acara peringatan Maulid Nabi.

Selawat serta salam mari kita haturkan kepada penyelamat kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang yaitu Nabi Muhammad. Nabi sejuta umat baginda Nabi Agung Muhammad saw. yang kita nantikan pertolongannya di hari akhir kelak.

Pada kesempatan kali ini sedikit saya sampaikan pidato Maulid Nabi Muhammad saw. tentang sifat terpuji dari beliau. Amat penting bagi kita sebagai umat muslim untuk mengetahui sifat yang dimiliki baginda Rasulullah.

Sebagaimana telah termaktub dalam Al Qur’an bahwa Allah telah benar benar memberikan suri teladan yang baik. Rasulullah dengan segala kebaikan dan budi luhurnya wajib kita tiru.

Walaupun sebagai manusia biasa kita tidak dapat meniru seratus persen sifat beliau, sifat ini dapat kita jadikan acuan dalam berperilaku.

Hadirin yang berbahagia,

Perilaku jujur atau Shiddiq merupakan sifat utama yang dimiliki Rasulullah. Mengapa demikian? Karena seseorang yang berbuat jujur akan mudah diterima di masyarakat dan lingkungan.

Tidak hanya jujur dengan orang lain saja, yang utama adalah berbuat jujur dengan diri sendiri. Seseorang yang terbiasa dengan perilaku jujur dalam berperilaku akan menunjukkan perilaku yang baik pula.

Demikian juga orang yang memiliki kejujuran yang rendah akan menunjukkan kualitas akhlak yang kurang baik pula.

Dalam berperilaku harusnya Nabi Muhammad sebagai tolok ukur kita. Hal tersebut dimaksudkan sebagai rasa kecintaan kita terhadap baginda.

Sudah seharusnya kita tidak mengharap pujian atas gemerlapnya dunia ini.

Mari kita senantiasa menyambut peringatan ini dengan rasa syukur yang mendalam. Semoga senantiasa diberi kemudahan jalan, rezeki, dan peningkatan iman takwa kita.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Pidato Maulid Nabi Pendek

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan serta pada hadirin yang telah hadir pada kesempatan ini.

Mari bersama-sama kita ucapkan syukur dan puji kepada Allah Swt. atas nikmat sehat, iman, dan Islam yang sampai saat ini kita rasakan.

Tak lupa ucapan syukur dan terima kasih juga kita panjatkan pada junjungan kita semua Nabi Besar Muhammad saw. yang telah menyelamatkan umat islam sejak Zaman Jahiliyah.

Selanjutnya yang hendak saya sampaikan sebagai pembicara dalam pidato Maulid Nabi pada kesempatan ini adalah mengenai amalan yang tidak akan pernah ditinggalkan oleh Nabi.

Amalan apakah itu? Amalan tersebut adalah Nabi Muhammad saw. tidak pernah melepaskan jabat tangan sebelum sahabat beliau yang melepaskan terlebih dahulu.

Mengapa begitu? Sebab, menurut para ulama, berjabat tangan adalah salah satu cara untuk merontokkan dosa atau amalan buruk yang telah kita perbuat kepada seseorang.

Oleh sebab itu, marilah Bapak dan Ibu semuanya, jangan sampai kita memutus tali silaturahmi atau berjabat tangan dalam perayaan Maulid Nabi pada tahun ini.

Mungkin cukup dahulu dari saya.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Anda semua. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Pidato Maulid Nabi Singkat dan Lucu

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Hadirin yang dirahmati oleh Allah, dalam kesempatan ini marilah kita panjatkan puji syukur atas limpahan berkah Allah Swt. karena pada hari dan bulan yang mulia ini Allah Swt. masih memberikan nikmat dan kesehatan kepada kita sehingga kita bisa hadir pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Selawat dan salam mari kita panjat kepada Nabi Muhammad saw. Semoga Rasulullah saw senantiasa ditempatkan di sisi Allah sebagai umat yang memperoleh derajat paling tinggi di akhirat. Aamiin.

Dalam salah satu firman di Al-Qur’an, menjelaskan bahwa Rasulullah saw. adalah contoh yang baik baik bagi umat manusia yang artinya sebagai berikut:

"Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berzikir kepada Allah." (QS. Al-Ahzab: 21)

Hadirin yang dirahmati Allah, Rasulullah saw. dilahirkan ke dunia ini tidak hanya mengubah keyakinan bangsa Arab yang saat itu menyembah berhala, tapi Rasulullah saw. juga untuk mengubah berbagai hal agar sesuai tuntunan Islam.

Rasulullah begitu gigih untuk memperjuangkan perubahan tatanan sosial, hukum, dan budaya untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua umat Islam.

Meski begitu, Rasulullah selalu mengedepankan keluhuran tata krama dalam perjuangan dakwahnya sehingga Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat dan mudah diterima orang.

Ini contoh nabi dalam bidang dakwah, bahwa sebagai pendakwah kita harus berjuang untuk mengubah pola kehidupan masyarakat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan budi pekerti yang luhur sehingga dakwah kita akan mudah diterima oleh masyarakat.

Selain itu, dalam kehidupan keluarga, Nabi Muhammad juga layak menjadi contoh bagi umatnya. Sikap Rasulullah yang amat menyayangi dan menghormati istri-istrinya.

Walau Rasulullah sebagai kepala negara, Nabi tidak pernah malu membantu pekerjaan istrinya di rumah. Bahkan Rasulullah saw. tidak ingin merepotkan orang lain, apa yang bisa dilakukannya sendiri Rasulullah lakukan sendiri.

Dalam bidang perniagaan juga perlu kita mencontoh bagaimana Rasulullah saw. berbisnis, Rasulullah saw. memulai perniagaan sejak umur 9 tahun.

Dalam berbisnis Rasulullah sangat jujur, bahkan beliau mendapatkan Al-Amin (yang dapat dipercaya) karena kejujurannya.

Sikap dan sifat jujur Rasulullah saw membuat Siti Khadijah r.a. jatuh cinta kepadanya dan mempersuntingnya menjadi Ummul Mu'minin.

Masih banyak hal lainnya yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw. kepada umatnya. Maka itu dalam momen Maulid Nabi 2023 ini, marilah kita terus mencontoh sikap dan sifat Rasulullah saw. sebagai pedoman hidup di dunia.

Dengan begitu, semoga Allah Swt. merahmati kita, melindungi umat-Nya, dan mengampuni setiap dosa-dosa yang dilakukan manusia.

Terima kasih atas perhatian dan kehadirannya. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

 

Sumber: 99

Yuk, baca artikel islami lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer