Sukses


Contoh-Contoh Alat Komunikasi Modern

Bola.com, Jakarta - Alat komunikasi adalah perangkat atau sarana yang digunakan untuk berbagi informasi maupun pesan. Alat komunikasi ini tidak hanya berfungsi untuk menyampaikan informasi, tetapi juga untuk menghasilkan informasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pengertian dari alat komunikasi adalah sarana atau alat untuk berkomunikasi.

Tujuan utama alat komunikasi adalah memungkinkan individu atau kelompok untuk berkomunikasi, berbagi informasi, ide, atau pesan dengan orang lain.

Itulah mengapa alat komunikasi sudah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari dan berperan penting dalam menjaga hubungan sosial, bisnis, dan pertukaran informasi di seluruh dunia.

Di sisi lain, alat komunikasi zaman sekarang memiliki perkembangannya tersendiri, dari penggunaan media cetak hingga media elektronik. Saat, ada berbagai macam alat komunikasi modern.

Berikut ini contoh-contoh alat komunikasi modern yang perlu diketahui, dilansir dari Buku Prakarya Kelas VIII SMP/MTs terbitan Kemdikbud, Selasa (3/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Alat Komunikasi Modern

Surat Kabar/Koran

Surat kabar dikenal kali pertama tahun 59 SM pada masa kekaisaran Romawi Kuno. Saat itu, surat kabar hanya berisi jurnal kegiatan sang kaisar.

Tahun 1605, surat kabar kali pertama terbit dalam bentuk cetakan oleh John Carelous bertajuk "Relation".

Surat kabar adalah media cetak yang berisi berbagai informasi seperti sosial, budaya, hukum, politik, hiburan, dan teknologi.

Seiring perkembangan zaman, surat kabar bukan hanya dalam bentuk media cetak, juga dalam bentuk surat kabar elektronik atau surat kabar digital.

3 dari 6 halaman

Contoh Alat Komunikasi Modern

Radio

Penemuan radio diawali dengan ditemukannya gelombang radio oleh Heinrich Herzt, tahun 1887. Sekitar 10 tahun kemudian Guglielmo Marconi membuat radio pertama, tepatnya tahun 1897.

Radio berfungsi sebagai alat komunikasi yang hanya terdengar suara saja. Siaran radio menyajikan informasi berita, musik, dan diskusi yang hanya bisa didengar saja.

4 dari 6 halaman

Contoh Alat Komunikasi Modern

Televisi

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bersuara dan bergambar. Televisi berasal dari dua kata latin yaitu "tele" artinya jauh dan "vision" yang berarti tampak. Jadi, televisi berarti melihat jarak jauh.

Televisi ditemukan kali pertama oleh Paul Nipkow tahun 1883. Penemuan ini berawal dari ditemukannya cakram metal dalam bentuk logam kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang.

Perkembangan televisi juga sangat cepat, dimulai dari televisi hitam putih menjadi televisi berwarna, televisi berukuran kecil sampai berukuran besar, televisi berlayar cembung sampai televisi berlayar datar, dan sekarang ini sedang tren televisi LED dan televisi 3D.

Dengan adanya televisi, informasi dari seluruh dunia bisa diakses di mana saja dan kapan saja, apalagi siaran televisi juga bisa dinikmati melalui internet.

Televisi menghadirkan beragam informasi seperti edukasi atau pendidikan, hukum, politik, sosial, infotainment, dan hiburan.

5 dari 6 halaman

Contoh Alat Komunikasi Modern

Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat mengirim pembicaraan melalui listrik. Dengan telepon, manusia dapat berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang terbentang jarak sangat jauh.

Telepon kali pertama ditemukan oleh Alexander Graham Bell tahun 1876.

Faksimili

Faksimili atau biasa juga dikenal dengan faks, berasal dari bahasa latin yaitu "fact silimili" yang berarti membuat salinan yang sama persis dengan aslinya.

Mesin faks juga biasa disebut telecopier. Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang sangat serupa dengan aslinya.

 

Handy Talky

Handy talky adalah alat komunikasi menggunakan sinyal frekuensi tertentu sebagai pemancarnya untuk menghubungkan handy talky yang satu dengan yang lain.

Alat ini biasa digunakan oleh satuan kepolisian, tentara, dan juga pihak satuan pengaman (satpam).

6 dari 6 halaman

Contoh Alat Komunikasi Modern

Handphone

Sejak 3 April 1973 telah dikenal handphone. Handphone biasa juga disebut telepon genggam dan telepon seluler. Handphone merupakan suatu terobosan baru yang sangat spektakuler saat ini dalam dunia informasi.

Handphone lebih praktis daripada telepon karena ukurannya kecil dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Dengan adanya penemuan handphone memungkinkan orang bisa berkomunikasi kapan saja dan di mana saja yang ada sinyal handphone.

 

Komputer/Laptop

Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dipergunakan untuk mengolah data secara cepat dan tepat sehingga menghasilkan informasi yang akurat.

Komputer ditemukan oleh tiga orang penemu, yaitu Herman Hollerich, Howard Aiken, dan Charles Babbage.

Kehadiran komputer di dunia saat ini memberikan perubahan yang luar biasa. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa komputer hanya digunakan untuk mengetik saja. Padahal, komputer dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, seperti kedokteran, matematika, dan penerbangan.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer