Sukses


5 Keutamaan Membaca Surah Al Mulk yang Menakjubkan

Bola.com, Jakarta - Surah Al Mulk merupakan surah ke-67 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat. Surah Al Mulk termasuk golongan surah Makkiyyah.

Surah Al Mulk diturunkan setelah surah At Thur. Alasan diberi nama surah Al Mulk karena merujuk pada lafaz di ayat pertama "Al Mulk", yang artinya kerajaan atau kekuasaan.

Surah Al Mulk menjelaskan tentang Allah Swt. yang menguasai langit dan bumi serta rahasia di dalamnya. Surah Al Mulk juga dinamakan dengan surah "At Tabaarak", yang artinya Maha Suci.

Di samping itu, surah Al Mulk termasuk bacaan rutin Rasulullah saw. sebelum tidur. Hal ini sesuai hadis dari Jabir r.a.

"Rasulullah saw. tidak tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim tanzil (surah As Sajdah) dan Tabarakalladibiyadihil-mulk (surah Al Mulk)." (HR. Ahmad)

Membaca surah Al Mulk dapat dijadikan sebagai doa agar terhindar dari siksa kubur dan upaya untuk mendapat keselamatan dari siksa api neraka.

Untuk itu, umat muslim dianjurkan membaca surah Al Mulk, terutama sebelum tidur.

Berikut lima keutamaan membaca surah Al Mulk yang menakjubkan, disadur dari Brilio, Selasa (3/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Menjadi Penghalang dari Siksa Kubur

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdul Malik bin Abu Asy Syawarib, telah menceritakan kepada kami Yahya bin ‘Amru bin Malik An Nukri dari Ayahnya dari Abul Jauza' dari Ibnu Abbas, ia berkata: "Sebagian sahabat Nabi saw. membuat kemah di atas pemakaman, ternyata ia tidak mengira jika berada di pemakaman, tiba-tiba ada seseorang membaca surah Tabaarokalladzi bi yadihil mulk (Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan), sampai selesai".

Kemudian dia datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata: "Wahai Rasulullah sesungguhnya, aku membuat kemahku di atas kuburan dan saya tidak mengira jika tempat tersebut adalah kuburan, kemudian ada seseorang membaca surah Tabarok (surah) Al Mulk sampai selesai. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Dia adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang menyelamatkannya dari siksa kubur".  (At Tirmidzi)

Dalam hadis tersebut dapat kita tangkap sebuah makna bahwa surah Al Mulk menjadi penghalang atau pelindung dari siksa kubur bagi orang-orang yang rutin membacanya.

3 dari 6 halaman

Surah yang Rutin Dibaca Rasulullah saw., sebelum Tidur

Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis’ar At Tirmidzi, telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir, bahwa "Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surah As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (surah Al Mulk)".

Dari pernyataan hadis tersebut terdapat kebiasaan atau hal-hal yang sering dilakukan Rasulullah sebelum ia tidur, yaitu membaca surah Al Mulk. Oleh karena itu, hendaklah umat muslim mengamalkannya juga seperti Rasulullah saw.

4 dari 6 halaman

Penyelamat Seorang Hamba dari Siksa Neraka

Dalam riwayat lain: "…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga."(HR. Abu Dawud no. 1400, At-Tirmidzi no. 2891, Ibnu Majah no. 3786, Ahmad 2:299, dan Al-Hakim no. 2075 dan 3838, dinyatakan shahih oleh Imam Al-Hakim dan disepakati oleh Imam Adz-Dzahabi, serta dinyatakan hasan oleh imam At-Tirmidzi dan syaikh Al-Albani)

Hadis yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan membaca surah ini secara kontinyu karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafaat dengan izin Allah ‘Azza wa Jalla. (Faidhul Qadir, 2:453)

Dalam hadis di atas dikemukakan bahwa seorang yang rutin membaca surah Al Mulk akan mendapatkan pertolongan dari siksa pedih api neraka dan diberikan kenyamanan di dalam surga.

5 dari 6 halaman

Pembela Seorang Hamba di Hadapan Allah Swt.

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Satu surah dalam Al-Qur'an yang hanya (terdiri dari) 30 ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surah: Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan".

Selain menjadi penghalang dari siksa kubur dan siksa api neraka, surah Al Mulk juga dapat memberikan syafaat berupa pembelaan seorang hamba di hadapan Allah Azza Wa Jalla.

6 dari 6 halaman

Memberikan Syafaat bagi Seorang yang Membacanya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Bacalah Al-Qur'an karena sesungguhnya bacaan Al-Qur'an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia)". (HR. Muslim no. 804).

Setelah menelaah beberapa hadis di atas, memang benar adanya bahwa surah Al Mulk memiliki keistimewaan dari beberapa surah dalam Al-Qur'an.

Maka itu, hendaklah kita mengamalkannya sehari-hari agar mendatangkan syafaat bagi kita di akhir hayat kelak saat menghadap Allah Swt.

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Miftha Huljannah. Published: 19/5/2020)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer