Sukses


5 Contoh Surat Pribadi Singkat yang Bisa Ditiru dan Modifikasi

Bola.com, Jakarta - Menulis surat memang sudah tidak populer di era digital zaman sekarang. Saat ini, orang-orang lebih memilih berkomunikasi lewat telepon atau pesan elektronik daripada menulis surat.

Meski begitu, surat-menyurat masih digemari oleh sebagian orang. Bahkan, di sekolah kita masih mempelajari bagaimana menulis surat formal maupun surat pribadi.

Berbicara surat pribadi, surat ini merupakan satu di antara bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang ditujukan secara personal kepada seseorang, baik keluarga, teman, kekasih, dan yang lainnya.

Sesuai namanya, isi surat pribadi biasanya menyangkut urusan personal seperti menanyakan kabar, memberitahukan berita baik/buruk orang-orang terdekat, dan membahas hal-hal lain yang bersifat pribadi.

Adapun penulisan surat pribadi bebas, menggunakan bahasa yang santai serta tidak terikat oleh batasan jumlah halaman atau juga kata.

Buat kamu yang tertarik menulis surat pribadi, kamu bisa mencermati beberapa contohnya di bawah ini, yang bisa dijadikan referensi.

Berikut lima contoh surat pribadi singkat yang bisa ditiru dan modifikasi untuk keperluan sendiiri maupun tugas sekolah, dikutip dari laman Tuliskan dan Abimuda, Selasa (3/10/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi Singkat 1

Kepada Mama Tercinta

Jalan Hamengku Buwono No. 8A

 

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Halo Ma. Bagaimana kabarnya? Semoga Mama selalu diberi perindungan oleh Allah Swt. serta selalu diberi kesehatan. Lani kangen banget sama Mama. Sudah lama sekali kita gak ketemu. Pasti Mama Papa juga kangen Lani.

Ma, Alhamdulillah di sini aku sudah punya sahabat yang baik, namanya Shilfi. Seminggu yang lalu Lani sakit, dan ketika aku sakit ia yang selalu merawat Lani. Shilfi membelikan makan sampai mengantarkan ke dokter. Kalau lagi sakit jadi inget Mama yang selalu bikini bubur buat Lani.

Mama gimana kabar dek Randi, masih nakal enggak? Masih suka ganggu Mama masak? Dia sekarang pasti tambah ganteng kaya kakak. Lani kangen diajak ke kebun lagi sama kakak sambil naik kuda. Lani pengen diajak naik ke gunung yang belum pernah Lani kunjungi.

Oh ya Mama, maafin Lani ya liburan ini tidak bisa pulang ke rumah karena Lani harus magang sebulan penuh. Sedih sebenernya karena tidak bisa berkumpul bareng keluarga seperti biasanya.

Coba boleh magang di rumah jadi gak harus megorbankan liburan. Lani bakalan magang di Jakarta, di salah satu perusahaan media. Gak tau di sana seperti apa nanti lingkungannya, tapi kata kakak tingkat enak kok.

Minta doanya ya Ma. Semoga Lani  selalu diberi kesehatan. Oh ya, madu yang Mama kirim kemarin sudah sampai dua hari yang lalu, setelah aku minum itu badan Lani sudah agak enakan.

Sudah dulu ya Ma, jangan lupa dibalas ya suratnya, Lani sangat rindu Mama, nanti kalau HP Lani sudah bisa diperbaiki langsung Lani hubungi. Doa kan pas magang nanti betah dan bertemu dengan orang-orang yang baik. Lani sayang Mama.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

 

Anak Tersayang

 

Lani Kurniasari

3 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi Singkat 2

Yogyakarta, 1 Mei 2022

Teruntuk Guruku Tersayang, Ibu Anitha S.Pd

Di Tempat

 

Salam

Ibu Anitha guruku tersayang, bagaimana kabar Ibu? Saya berharap semoga Ibu sekeluarga diberikan rahmat oleh Yang Maha Kuasa, dilancarkan segala urusannya dan sehat selalu sampai saya bisa sukses dan membahagiakan Ibu.

Ibu Anitha, tujuan saya menyampaikan surat ini karena ada kabar bahagia yang harus Ibu ketahui. Pertama, saya lulus seleksi perguruan tinggi negeri yang saya inginkan. Iya Bu, saya lulus seleksi di Universitas Indonesia, Jakarta. Semua ini tidak akan terjadi tanpa bimbingan dan dukungan Ibu.

Kabar baik kedua, saya memperoleh beasiswa Bidikmisi. Jadi, saya tetap bisa kuliah tanpa membebani orang tua, Bu. Terima kasih karena dulu Ibu memberikan saya saran dan membimbing proses pendaftaran dari awal hingga akhir.

Ketiga, dalam jangka waktu dekat ini. Saya dan teman-teman berniat mengunjungi Ibu di rumah. Kami berniat untuk tetap menjalin silaturahmi, walau sudah lulus dari SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Ibu, sekali lagi terima kasih yang sebanyak-banyaknya karena telah membimbing dan mengantarkan kami pada pintu gerbang kesuksesan.

Keempat, Ibu ingat lomba puisi beberapa waktu yang lalu? Saya menjadi juara, tidak tahu bagaimana jadinya jika waktu itu Ibu tidak memilihkan tema yang tepat dan membimbing bagaimana cara menulis puisi yang baik dan benar.

Walau saat ini saya dan teman-teman belum bisa membalas kebaikan Ibu. Sebagai gantinya ada sedikit hadiah dari saya dan teman-teman. Tidak mahal Bu, tapi kami tulus memberikannya sebagai apresiasi perjuangan dalam mendidik kami selama ini.

Sekian dari saya Bu, salam

 

Murid terkasih

 

Nia

4 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi Singkat 3

Medan, 5 November 2021

Kepada Nenekku tersayang

 

Salam hormat

Halo Nenek! Rasanya canggung juga berkirim surat begini. Sehari-hari aku sibuk dengan rutinitas sampai tak sempat mengunjungi Nenek setiap minggu dan ngobrol panjang. Kata-kata yang mau kuucapkan langsung, biarlah kuungkapkan dalam surat ini.

Bagaimana kabar Nenek? Di usia Nenek sekarang, Nenek masih saja bangun pagi, masak, dan bekerja di pekarangan. Maaf aku tidak banyak membantu selain berdoa agar Nenek sehat selalu.

Terima kasih Nenek sudah menyayangi dan merawatku, sejak aku masih kecil sampai sekarang. Entah bagaimana, semakin besar aku semakin malu-malu sama Nenek. Padahal, rasa sayangku tetap sama. Aku tahu kadang prilakuku yang cuek bikin nenek merasa kesepian. Namun, bukan berarti aku tidak sayang.

Jangan sampai Nenek melewati masa tua dengan kesepian dan merasa ditinggalkan. Kalau rasa itu tiba-tiba datang, beri tahu aku. Akan kuusir rasa itu, seperti Nenek mengusir nyamuk tiap aku tidur. Bagaimanapun juga, aku tetaplah cucu kesayangmu.

 

Salam cinta dan kasih

 

Dari cucumu yang kini sudah besar

5 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi Singkat 4

Bandung, 25 Mei 2014

Sahabatku,

Budi Lesmana

Di Kalianda

 

Asalamualaikum

Hai Budi, apa kabar? Bagaimana kabarmu, Bud? Sehat dan bahagia bukan?

Sudah lama rasanya ya kita tidak bertemu. Sejak tiga tahun yang lalu, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan pindah ke Bandung, aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu. Aku berharap kamu selalu dalam perlindungan Allah Swt. di mana pun berada.

Akhir bulan ini keluargaku berencana pulang ke Lampung untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu aku bisa ikut rombongan menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dengan kalian para sahabat kecilku yang sangat aku rindu.

Namun, apa dikata jika Allah menakdirkan hal lain. Hari itu ternyata aku ada ujian semester di kampus sehingga dengan berat hati perjumpaan kita harus diundur lain kali.

Bud, sekian dulu, ya! Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku buat teman-teman yang lain. Semoga lain kali kita bisa bertemu.

 

Sahabatmu,

Ahmad Irawan

6 dari 6 halaman

Contoh Surat Pribadi Singkat 5

Solo, 5 Mei 2007

Ninik Catur Yuliati

Jl. Gotong royong No.14 I/I

Tinjomoyo, Banyumanik

Semarang

 

Ninik yang manis,

Halo, bagaimana ni kabar kamu? Aku harap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.

Eh, Nik, bulan depan aku mau ke rumah tanteku yang ada di Semarang. Jadi, aku bisa sekalian mampir ke rumah kamu. Boleh kan kalau aku main ke rumah kamu? Harus boleh lho, soalnya aku sudah kangen banget dengan kamu.

Awas, kalau tidak boleh! Jangan marah lho, Nik, aku kan cuma bercanda. Nik, kamu masih punya anjing tidak? Berapa sekarang jumlahnya? Pasti udah tambah banyak. Mereka lucu-lucu dan pintar-pintar deh.

Nik, cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya, Nik. Aku tunggu lho!

 

Dari temanmu

 

Nadeth

 

Sumber: Tuliskan, Abimuda

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer