Sukses


5 Contoh Pembukaan Pidato yang Mudah Dihafalkan

Bola.com, Jakarta - Pidato adalah kegiatan menyampaikan gagasan atau pendapat di depan orang banyak. Pidato bisa berisikan tema atau topik bahasan apa pun.

Nah, ketika kamu berpidato, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Satu di antara bagian penting adalah mempersiapkan pembukaan pidato yang bisa menarik perhatian khalayak.

Sebab, pembukaan dalam naskah pidato bisa menentukan perhatian khalayak atas isi pidato yang akan disampaikan.

Apakah kamu bingung menyusun kata-kata yang tepat untuk pembukaan pidato? Yap, membuat sebuah pembukaan pidato bukanlah tugas yang mudah.

Namun, jangan khawatir, kamu bisa mencermati beberapa contoh pembukaan pidatodi bawah ini, yang bisa menjadi referensi buatmu.

Berikut lima contoh pembukaan pidato yang mudah dihafalkan untuk berbagai acara, dikutip dari laman Pelajarindo dan Saintif, Rabu (4/10/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Pembukaan Pidato 1

Hadirin sekalian,

Apakah hadirin pernah berpikir tentang hubungan antara kemakmuran dengan perut yang gemuk? Saya pernah. Namun, saya juga tidak yakin apakah ada hubungannya. Mungkin mereka brotherzone, friendzone, atau TTM (teman tapi mesra). Hahaha.

Baiklah, kembali lagi pada hubungan perut gemuk dan kemakmuran. Ketika para pegawai masih dalam jabatan biasa, mereka cenderung kurus.

Ketika para pegawai naik jabatan hingga mereka menjadi pejabat tinggi, perut mereka cenderung gemuk. Sebenarnya, saya juga tidak begitu yakin bahwa yang baru saja saya ceritakan ada hubungannya dengan pidato yang akan saya sampaikan.

Hadirin sekalian,

Melalui pidato ini saya ingin menyampaikan sepatah dua patah kata tentang pentingnya menjaga integritas diri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.

Hadirin sekalian,

(kemudian masuk ke isi pidato).

3 dari 6 halaman

Contoh Pembukaan Pidato 2

Pertama-tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kehadirat Allah Swt. Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan hidayah dan nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa marilah kita haturkan selawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang...

(kemudian masuk ke isi pidato).

4 dari 6 halaman

Contoh Pembukaan Pidato 3

Hadirin yang saya muliakan,

Tepat hari ini adalah hari sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini tentu membuat kita teringat dengan para pendahulu kita, pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk menghalau dan mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia.

Dengan gagah berani pahlawan-pahlawan kita melawan pasukan penjajah dan Sekutu yang terus membombardir negeri kita dari darat, laut, dan udara. Namun, para pahlawan tidak gentar untuk maju melawan. Mereka berani memperjuangkan martabat bangsa ini.

Hadirin yang saya muliakan,

(kemudian masuk ke isi pidato).

5 dari 6 halaman

Contoh Pembukaan Pidato 4

Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Bissmillahirrohmanirrohim,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini tanpa ada suatu halangan apapun.

Selawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw., yang kita nanti-nantikan syafaatnya baik di dunia maupun di akhirat.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah, berdirinya saya di sini ingin menyampaikan sebuah pidato tentang ...

(kemudian masuk ke isi pidato).

6 dari 6 halaman

Contoh Pembukaan Pidato 5

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua di sini, semoga selalu dalam lindungan Allah Swt., aaminn.

Perkenalkan, saya Putra Abdi Utama, selaku Presma (Presiden Mahasiswa) di Universitas ini, untuk periode 2019-2020. Di sebelah kiri kanan saya adalah Wakil ketua dan sekretaris BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).

Kami selaku perangkat organisasi di kampus ini, mengucapkan terima kasih banyak, karena telah memilih kampus ini sebagai tempat pendidikan lanjutan kalian, sekaligus mengucapkan selamat datang, dan selamat bergabung dalam keluarga besar kampus Universitas A ini.

(kemudian masuk ke isi pidato).

 

Sumber: Pelajarindo, Saintif

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer