Sukses


5 Bacaan Doa Mendatangkan Rezeki yang Bisa Diamalkan

Bola.com, Jakarta - Allah Swt., telah mengatur rezeki setiap makhluk sedemikian rupa. Dan tidak ada makhluk-Nya yang mengetahui rezeki yang akan ia peroleh selama hidup.

Rezeki merupakan satu di antara perkara yang menjadi rahasia Allah Swt., sama dengan umur, jodoh, dan kematian.

Rezeki bukan hanya harta, tetapi juga bisa berupa keluarga yang harmonis, kesehatan, teman-teman yang baik, dan lain sebagainya.

Meski telah diatur sedemikian rupa oleh Allah Swt., rezeki terkadang tidak datang dengan sendirinya. Rezeki tidak datang pada makhluk-Nya yang pasif dan tidak melakukan upaya apa pun.

Jadi, sebagai umat muslim dianjurkan untuk berusaha menjemput rezeki tersebut. Selain itu, umat muslim juga harus berdoa kepada Allah Swt.

Memanjatkan doa merupakan satu di antara bentuk ikhtiar yang bisa dilakukan umat muslim untuk memohon kepada Allah Swt., mendatangkan rezeki.

Berikut ini bacaan doa mendatangkan rezeki yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Liputan6, Rabu (4/10/2023).

2 dari 6 halaman

Bacaan Doa Mendatangkan Rezeki 1

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ

"Innaka 'ala kulli ta'bin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin wa laa nashobin rizqan halalan wasi'an thoyyiban min ghairin, allahumma innii as'aluka an-tarzuqani syai-in qadir."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memerolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

3 dari 6 halaman

Bacaan Doa Mendatangkan Rezeki 2

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

"Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa."

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, Ahmad, Al Hafizh Abu Thahir)

4 dari 6 halaman

Bacaan Doa Mendatangkan Rezeki 3

اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

"Allaahumma rabbanaa anzil 'alainaa maa'idatam minas samaa'i takunu lana 'iidal li'awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam mingka warzuqnaa wa anta khairur raaziqiin."

Artinya: "Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baiknya pemberi rezeki."

5 dari 6 halaman

Bacaan Doa Mendatangkan Rezeki 4

اللَّهُمَّأكْثِرْمَالِي،وَوَلَدِي،وَبَارِكْلِيفِيمَاأعْطَيْتَنِيوَأطِلْحَيَاتِيعَلَىطَاعَتِكَ،وَأحْسِنْعَمَلِيوَاغْفِرْلِي

"Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii."

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

6 dari 6 halaman

Bacaan Doa Mendatangkan Rezeki 5

اللَّهُمَّ بِكَ أصْبَحْنَا ، وَبِكَ أمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوتُ ، وَإلَيْكَ النُّشُورُ

"Allahumma bika asbahna, wa bika amsayna wabika nahya wabika namuutu wailaikannusyuur."

Artinya: “Ya Allah, berkah-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali.”

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 25/5/2023)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer