Sukses


Macam-Macam Hal yang Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Bola.com, Jakarta - Kanker merupakan penyakit yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia dan tetap menjadi satu di antara tantangan kesehatan global terbesar.

Meski banyak faktor yang memengaruhi perkembangan kanker, penelitian terus mengungkapkan bahwa gaya hidup dan lingkungan berperan penting dalam meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker adalah langkah pertama dalam upaya pencegahan dan deteksi dini.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bertambahnya risiko terkena berbagai macam kanker, seperti tidak menghindari asap rokok dan jarang melakukan aktivitas fisik.

Berikut macam-macam hal yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker, seperti dikutip dari TheHealthy, Jumat (6/10/2023).

2 dari 4 halaman

Hal yang Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

1. Obesitas

Memiliki berat badan yang berlebihan tak hanya membuatmu sulit bergerak dan membuat bajumu terlihat lebih sesak. Memiliki berat badan yang berlebih dapat memicu kelebihan hormon esterogen dan pertumbuhan berbagai sel yang tak terkendali.

Makin sering sel tumbuh dan tak terkendali, akan menambah risiko kamu terkena penyakit kanker.

Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan peradangan kronis, yang makin hari dapat merusak DNA, yang merupakan satu di antara penyebab kanker.

Kurangilah berat badanmu dengan sering berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, selain itu mengurangi makanan-makanan yang tidak menyehatkan dan mengandung banyak kalori juga dapat membantu usahamu untuk menurunkan berat badan.

2. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama merupakan satu di antara penyebab kanker. Pastikan punggungmu tersangga dengan benar ketika duduk di sofa saat menonton tv dan saat kamu sedang duduk di kursi kerja.

Duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker karena aliran darah yang tidak mengalir dengan lancar. Kanker usus, kanker paru, dan kanker endometrium adalah beberapa kanker yang dapat menyerangmu jika duduk terlalu lama.

Berilah jeda untuk melakuan aktivitas fisik saat kamu sedang bekerja dan mengharuskan kamu untuk duduk di kursi pada waktu yang lama.

3 dari 4 halaman

Hal yang Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

3. Tidak Menghindari Asap Rokok

Mungkin yang terlintas di pikiranmu adalah mencoba untuk menjadi ramah dengan tidak meminta para perokok untuk merokok di luar rumah, atau kamu mencoba untuk menghindari pertengkaran karena mengusik para perokok.

Namun, hal tersebut sebenarnya adalah hal yang sangat merugikan kesehatanmu karena dalam asap rokok mengandung berbagai macam bahan kimia yang dapat menyebar ke dalam udara di ruanganmu.

Dari seluruh bahan kimia yang ada, 70 persen dari mereka dapat menyebabkan kanker. Maka itu mintalah anggota keluargamu atau tamu untuk merokok di luar ruangan atau rumahmu.

Dengan hal itu kamu telah mengurangi risiko terkena berbagai macam jenis kanker yang dapat timbul dari bahan kimia yang ada pada asap rokok.

4. Makanan Kemasan 

Lapisan BPA pada kemasan makanan kaleng atau minuman dapat menambah risiko orang terkena kanker payudara. Hal tersebut juga termasuk BPA yang terkandung pada kemasan plastik.

Ada beberapa cara agar kamu dapat menghindari risiko terkena kanker, makanlah makanan segar atau jika tidak dapat menemukan makanan segar, kamu juga dapat mengonsumsi makanan beku dan menghindari makanan yang ada di dalam kaleng.

Cari juga berbagai jenis bahan makanan seperti saus, sup, dan berbagai jenis minuman yang dijual di dalam botol kaca. Jika kamu ingin menyimpan makanan usahakan simpanlah dalam toples kaca atau stoples dari besi anti karat.

4 dari 4 halaman

Hal yang Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

5. Tidak Melakukan Aktivitas Fisik yang Cukup

Melakukan aktivitas fisik dan tidak berdiam diri telalu lama dapat mengurangsi risiko kamu terkena kanker. Lakukanlah aktivitas fisik seperti bersepeda, berjalan mengelilingi taman, atau joging secara rutin.

Orang yang meningkatkan aktivitas fisik mereka, menurunkan 40 persen risiko terkena kanker, dibandingkan dengan mereka yang kurang melakukan aktivitas fisik dan berdiam diri terlalu lam.

6. Tidak Mengurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol adalah satu di antara penyebab dari kanker yang paling nyata. Kurangilah minum minuman beralkohol, hal tersebut dapat membantu kamu dalam usaha menghindari kanker.

Terlalu sering minum minuman beralkohol dapat menyebabkan beberapa kanker, seperti kanker payudara, kanker hati, dan kanker tenggorokan. Gantilah minuman beralkohol dengan minuman yang lebih sehat agar kesehatanmu teap terjaga dan terhindar dari risiko terkena kanker.

 

Sumber: TheHealthy 

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer