Sukses


Arti Infrastruktur beserta Jenis-jenisnya

Bola.com, Jakarta - Infrastruktur adalah semua struktur dan fasilitas dasar, baik fisik maupun sosial yang diperlukan untuk operasional kegiatan masyarakat atau perusahaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, infrastruktur adalah padanan dari kata prasarana.

Infrastruktur dibutuhkan oleh masyarakat umum untuk mendukung berbagai kegiatan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kata lain, infrastruktur adalah semua fasilitas, baik fisik maupun nonfisik yang dibangun oleh pemerintah maupun perorangan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam lingkup sosial dan ekonomi.

Infrastruktur umumnya merujuk pada pembangunan fisik untuk fasilitas umum, seperti jalan raya, bandar udara, pelabuhan, listrik, telekomunikasi, air bersih, pengolahan limbah, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya.

Selain itu, infrastruktur merujuk pada hal teknis yang mendukung kegiatan ekonomi masyarakat, seperti moda transportasi, distribusi barang dan jasa, dan lain-lain.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang infrastruktur, dilansir dari laman Maxmanroe dan Pinhome, Senin (9/10/2023).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Infrastruktur

1. Infrastruktur Keras

Ini adalah semua infrastruktur yang berhubungan dengan pembangunan fasilitas umum berwujud fisik. Beberapa yang termasuk infrastruktur keras di antaranya:

  • Jalan raya
  • Bandar udara
  • Jalur kereta api
  • Pelabuhan
  • Saluran irigasi
  • Dan lain-lain

2. Infrastruktur Keras Non-Fisik

Ini adalah semua infrastruktur yang berhubungan dengan fungsi utilitas publik. Beberapa yang termasuk infrastruktur keras non-fisik di antaranya:

  • Pengadaan air bersih
  • Penyediaan pasokan listrik
  • Penyediaan jaringan telekomunikasi
  • Penyediaan pasokan energi
  • Dan lain-lain

3. Infrasturktur Lunak

Infrastruktur lunak adalah semua yang berhubungan dengan sistem, nilai, norma, peraturan, dan pelayanan publik, yang disediakan oleh berbagai pihak, khususnya pemerintah. Beberapa yang termasuk infrastruktur lunak di antaranya:

  • Etika kerja
  • Peraturan lalu lintas
  • Pelayanan publik yang berkualitas
  • Undang-undang hukum (perdagangan, pernikahan, dan lain-lain)
  • dan lain-lain
3 dari 3 halaman

Infrastruktur dalam Perumahan

Di dalam sebuah perumahan, dibutuhkan infrastruktur yang mendukung seluruh kegiatan para penghuninya. Ketika membangun sejumlah komplek perumahan, para pengembang (developer) akan memberikan infrastruktur perumahan yang tercukupi agar membuat penghuninya nyaman dan menarik pembeli.

Adapun sejumlah infrastruktur yang seharusnya ada dalam sebuah perumahan di antaranya:

Fasilitas Umum (Fasum)

Sebuah perumahan yang baik juga diharuskan sudah memiliki fasilitas umum, berupa akses jalan raya, taman dan ruang hijau, jalur khusus untuk joging, hingga alat penerangan umum.

Dengan adanya fasilitas umum ini, para penghuni akan lebih mudah dalam melakukan berbagai kegiatan dan aktivitasnya.

Fasilitas Sosial

Fasos adalah fasilitas yang dibutuhkan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas sosial kemasyarakatan. Fasilitas sosial dapat berupa tempat ibadah, dan sekolah biasanya dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai sekolah dasar.

Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Plant)

Ketersediaan air bersih adalah jenis infrastruktur keras non fisik yang wajib ada di dalam sebuah perumahan. Nilai kawasan perumahan akan makin bernilai tinggi jika di dalamnya terdapat manajemen pengolahan air bersih yang layak.

Bahkan, sejumlah pengembang bahkan juga memikirkan air limbah rumah tangga diolah kembali untuk digunakan menyiram jalan dan tanaman.

Jadi, pastikan bahwa perumahan memiliki pengolahan air bersih atau water treatment plant yang layak. Melalui pengelolaan air bersih yang baik maka akan menjamin tidak adanya permasalahan air kotor atau air yang tersumbat.

Area Komersil

Infrastruktur lainnya yang seharusnya ada di dalam sebuah perumahan adalah area komersil. Pembuatan area komersial ditujukan untuk melengkapi kebutuhan penghuni adalah area perdagangan yang hadir di area komersial.

Contoh dari area komersial adalah pasar modern, minimarket, ruko, bank, klinik bahkan rumah sakit.

 

Sumber: Maxmanroe, Pinhome

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer