Sukses


Api Kaldron Dipadamkan dengan Teknologi Canggih, Asian Games 2022 Resmi Ditutup

Bola.com, Jakarta - Closing ceremony Asian Games 2022 berlangsung meriah. Penutupan pesta olahraga terbesa di Asia tersebut ditandai pemadaman api kaldron yang dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih.

Upacara penutupan tersebut berlangsung di Hangzhou Sports Park Stadium, Minggu (8/10/2023) pada pukul 19.00 WIB. Acara yang berlangsung selama 75 menit tersebut dibuka dengan tari-tarian yang melibatkan ribuan penari.

Beragam animasi digital ditampilkan dalam acara tersebut, satu di antaranya tulisan Asia yang berasal dari air Sungai Qiantang.

Setelah itu, tiga maskot Asian Games 2022, yakni Congcong, Lianlian, dan Chenchen muncul ke tengah lapangan untuk ikut bernyanyi serta menari.

Tak lama berselang, defile atlet-atlet Asian Games 2022 dari negara peserta masuk ke lapangan untuk memberikan salam perpisahan. Kontingen Afganistan menjadi yang pertama masuk ke lapangan, disusul Bangladesh, Brunei Darussalam, dan Korea Utara.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Api Kaldron Dipadamkan dengan Teknologi Canggih

Closing ceremony Asian Games 2022 dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis obor pertama dan bendera Asian Games, kepada Gubernur Prefektur Aichi Hideaki Omura dan Wakil Walikota Nagoya Hideo Nakata.

Rencananya, Asian Games ke-20 akan berlangsung di Aichi-Nagoya, Jepang pada 2026. Asian Games tersebut bakal memiliki moto Imagine One Asia.

Acara kemudian ditutup dengan pemadaman api kaldron Asian Games 2022. Berbeda dengan edisi sebelumnya, pemadaman kali ini bukan dilakukan oleh atlet ataupun mantan atlet, melainkan teknologi digital berwujud manusia api.

Sosok tersebut kemudian melambaikan tangan kepada semua yang hadir di stadion, memberikan gestur bentuk hati, dan api pun lantas padam. Wujud digital tersebut berlari meninggalkan stadion dan menuju ke langit.

Asian Games 2022 pun resmi ditutup. Sampai jumpa lagi Hangzhou, halo Aichi-Nagoya.

 

3 dari 3 halaman

Simak Cuplikan Penutupan Asian Games 2022

Video Populer

Foto Populer