Sukses


Apa Itu Pidato Persuasif? Ketahui Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Pidato persuasif merupakan sesuatu yang diungkapkan kepada khalayak ramai yang bertujuan menyampaikan suatu masalah agar mau melakukan sesuatu dengan cara mengajak.

Dalam kehidupan, memang kita sering melihat, mendengarkan, orang berpidato atau bahkan mungkin kita sendiri yang melakukan pidato untuk menyampaikan informasi atau gagasan di depan khalayak.

Pidato merupakan satu di antara keterampilan berbahasa secara lisan yang bisa dipelajari. Dalam berpidato biasanya seseorang membawakan topik mengenai hal atau peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan kepada khalayak ramai.

Ketika kita melakukan pidato, agar tujuan pidato tercapai, informasi dan gagasan yang disampaikan dapat dipahami pendengar dengan baik maka perlu disampaikan dengan runtut serta menggunakan bahasa yang tepat.

Satu di antara tujuan atau jenis pidato yang mampu memikat perhatian banyak orang adalah pidato persuasif. Pidato persuasif sering digunakan untuk mengajak, membujuk, merayu, atau memengaruhi orang lain.

Maka itu, agar mampu berpidato persuasif dengan baik, perlu mempelajari teks pidato persuasif dengan sungguh-sungguh.

Berikut ini ciri-ciri pidato persuasif, tujuan, struktur, dan contohnya yang perlu dipahami, dilansir dari smpn1mejayan.sch.id, Senin (9/10/2023).

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Pidato Persuasif

Untuk membedakan pidato persuasif dengan jenis pidato lainnya, perlu mengetahui ciri-cirinya. Berikut ini ciri-ciri pidato persuasif:

1. Mengandung kalimat ajakan, perintah ataupun rekomendasi terhadap sesuatu yang harus dilakukan.

2. Memiliki sifat mendorong atau mengajak seseorang untuk melakukan sesatu.

3. Kalimat yang digunakan dalam pidato biasanya bersifat membangun.

4. Menyertakan masalah yang akan dibahas.

5. Ingin membangkitkan emosi para pendengarnya supaya pendengarnya menyetujui serta meyakini apa yang disampaikan.

3 dari 5 halaman

Tujuan Pidato Persuasif

Pidato persuasif bertujuan ingin mengajak/membujuk pendengar agar terpengaruh terhadap isi pidato yang disampaikan. Contohnya adalah pidato tentang budaya bersih dan pidato keagamaan. Topik yang tepat antara lain:

  • Buanglah sampah pada tempatnya
  • Jagalah kebersihan lingkungan.
4 dari 5 halaman

Struktur Pidato Persuasif

Bagian Pembukaan

Pembukaan teks pidato terdiri atas beberapa bagian, yaitu:

1. Salam Pembuka

Salam pembuka berisi salam kepada orang yang menghadiri acara tersebut. Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir.

2. Ucapan (sapaan) Penghormatan.

Ucapan (sapaan) penghormatan merupakan sapaan kepada pendengar yang menghadiri acara tersebut. Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksud sebagai bentuk penghormatan orator (orang yang berpidato) kepada pendengar.

Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan terlebih dahulu.

3. Ucapan Rasa Syukur

Ucapan rasa syukur bagian ini merupakan satu di antara wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

4. Ucapan Terima Kasih

Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada yang hadir dan kepada berbagai pihak yang telah membantu dan mendukung acara tersebut.

Bagian Isi Pidato

Isi pidato adalah bagian yang penting karena dalam isi ini mengandung inti dari sesuatu yang disampaikan dan dibicarakan. Isi dalam pidato persuasif berisi argumen-argumen yang memuat masalah atau informasi.

Argumen ataupun informasi tersebut digunakan sebagai dasar dalam mengajak pendengar untuk melakukan apa yang diinginkan pembicara. Secara terperinci struktur (bagian) isi pidato persuasif adalah seperti berikut ini:

1. Pernyataan Posisi

Pernyataan posisi merupakan pendapat atau pendirian yang diambil penulis/pembicara terhadap suatu permasalahan.

2. Tahap Argumen

Bagian ini berisi argumen-argumen yang dikembangkan dan didukung secara logis, dibuktikan dengan alasan, contoh-contoh, bukti pakar, dan informasi statistik. Setiap pengembangan pikiran atau argumen berisi sejumlah kalimat yang menjadi sebuah paragraf.

Setiap paragraf disusun dengan kalimat topik yang berkaitan dengan gagasan utama paragraf sebelumnya. Hampir semua paragraf memilki satu gagasan utama yang dikembangkan dan membentuk bagian dari teks pidato persuasif secara keseluruhan.

3. Penguatan Pernyataan Posisi

Di bagian ini letak argumen ditonjolkan. Simpulan posisi berdasarkan argumen yang telah disajikan memperkuat pernyataan posisi.

Bagian Penutup Pidato

Penutup pidato merupakan bagian akhir sebuah pidato. Dalam pidato persuasif, bagian penutup berisi hal-hal berikut ini.

1. Harapan agar gagasan dan pesan yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar.

2. Permohonan maaf kepada pendengar jika ada kesalahan dan kekhilafan.

3. Ucapan terima kasih kepada pendengar.

4. Salam penutup.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Pidato Persuasif

Assamualaikum warahmatuullahi wabarakatuh

Kepada Bapak sekolah beserta jajarannya yang saya hormati. Kepada para siswa siswi yang saya banggakan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan kenikmatan kepada kita sehingga kita dapat bertemu, walau secara daring. Selawat serta salam tidak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw.

Terima kasih kepada seluruh siswa siswi dan bapak ibu guru yang ikut menyaksikan acara ini. Tujuan saya berpidato ingin menyampaikan edukasi, pembelajaran tentang kebersihan terutama di masa pandemi ini karena pada hari ini tanggal 5 Juni kita memperingati hari kebersihan dunia. Seperti yang kita telah ketahui bersama, akhir tahun 2019 terdapat peristiwa yang mengguncangkan dunia, yaitu virus COVID-19.

Virus ini berasal dari Wuhan, China, yang menyebar dengan cepat sehingga pada bulan Maret yang lalu kegiatan KBM diganti dengan PJJ (pembelajaran jarak jauh). Virus ini sangat berbahaya. Penyebarannya yang cepat sehingga terdapat jutaan manusia yang terpapar virus ini dan tidak sedikit yang meninggal.

Virus ini menyerang paru-paru, maka hidung menjadi saluran yang perlu diperhatikan sehingga sekarang jika kita keluar rumah diwajibkan memakai masker. Untuk menghindari virus ini, selain memakai masker, kebersihan sangat berpengaruh untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Sebagai contoh, ada orang yang terkena virus COVID-19, tapi tidak diketahui. Ia memegang benda umum seperti pegangan pintu, tombol lift, dan lain-lain. Ketika kita mencuci tangan, virus yang terdapat pada tangan akan hilang karena virus mati jika terkena alkohol minimal 70 persen sehingga kita aman. Pedoman dalam mencegah virus ini adalah 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Hal ini sangat ditekankan terutama saat di tempat umum.

Ketika pulang dari tempat umum, kita sangat ditekankan untuk mandi karena tidak tahu apa yang terjadi di luar sana. Oleh karena itu, marilah hentikan penyebaran virus COVID-19 dengan menerapkan 3M dan tetap menjaga kebersihan.

Kesimpulan dari pidato yang saya sampaikan tadi adalah agar tetap menerapkan 3M dan menjaga kebersihan untuk menghentikan penyebaran virus COVID-19.

Terima kasih kepada seluruh hadirin yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan pidato.

Saya mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam tutur kata dalam penyampaian pidato ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

 

Sumber: smpn1mejayan.sch.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer