Sukses


Apa Saja Unsur-Unsur Cuaca? Ini Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar dari kita sering mendengar atau bahkan mengucapkan istilah "cuaca". Lantas, apa pengertian dari cuaca dan apa saja unsur-unsur yang memengaruhinya?

Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Cuaca itu terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu. Cuaca bisa hanya beberapa jam saja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, pengertian cuaca adalah keadaan udara (tentang suhu, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas.

Cuaca dipengaruhi oleh berbagai unsur dan faktor yang dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu. Unsur-unsur cuaca ini saling terkait dan sering berubah-ubah.

Pengamatan dan pemahaman terhadap unsur-unsur ini penting untuk meramalkan dan memahami kondisi cuaca pada suatu waktu serta tempat tertentu.

Berikut ini unsur-unsur cuaca beserta penjelasannya yang perlu diketahui, dilansir dari maritim.kalbar.bmkg.go.id, Selasa (10/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Cuaca

Suhu

Suhu merupakan faktor pertama yang berpengaruh terhadap kondisi cuaca yang terjadi. Suhu atau biasa disebut keadaan cuaca merupakan kondisi dingin atau panasnya di permukaan bumi.

Umumnya suhu dipengaruhi langsung oleh paparan atau radiasi matahari. Jadi, misalnya daerah yang banyak terpapar sinar matahari akan terasa panas, sedangkan daerah yang sedikit mendapat sinar matahari cenderung terasa dingin.

Angin

Faktor atau unsur selanjutnya yang berpengaruh terhadap kondisi cuaca di bumi adalah angin. Secara umum, angin diartikan sebagai pergerakan udara yang terjadi di permukaan bumi.

Lantaran adanya perbedaan tekanan udara tersebut membuat udara bergerak. Hal itu menyebabkan perbedaan antara daerah satu dengan yang lainnya.

Beberapa jenis angin yang memberikan pengaruh terhadap cuaca atau iklim di bumi, yaitu angin musim, angin pasat dan juga angin lokal.

3 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Cuaca

Tekanan

Tekanan merupakan berat udara yang terjadi di permukaan bumi. Adanya tekanan ini dipengaruhi oleh angin yang bergerak dari wilayah dengan tekanan tinggi ke wilayah yang rendah.

Perlu diketahui, tekanan yang rendah secara mendadak dapat menandakan adanya badai atau angin kencang. Sedangkan jika tekanan mengalami kenaikan dapat menandakan cuaca yang sedang.

Kelembapan

Kelembapan menjadi unsur yang memberikan pengaruh besar pada kondisi cuaca di bumi. Kelembapan dapat diartikan banyaknya air di udara. Jadi, makin banyak airnya maka kondisinya akan makin lembap.

Umumnya, udara hangat dapat mempertahankan kelembapan lebih tinggi dibandingkan udara yang dingin.

4 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Cuaca

Awan

Awan merupakan sebuah unsur cuaca yang terbentuk saat uap air yang mendingin di udara sehingga peristiwa tersebut dapat membentuk tetes air atau kristal es yang kecil.

Jenis, bentuk, dan kepadatan awan dapat memberikan indikasi tentang cuaca yang akan datang.

Curah Hujan

Satu lagi unsur yang berpengaruh terhadap kondisi cuaca di permukaan bumi adalah curah hujan. Tahukah kamu saat udara lembap naik ke daerah yang tinggi maka udara akan mengalami kondensasi.

Setelah terjadinya kondensasi maka udara akan membentuk tetes air yang menjadi awan. Air yang terkandung di awan tersebut bisa jatuh dalam wujud hujan, es atau salju.

 

Sumber: maritim.kalbar.bmkg.go.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer