Sukses


Macam-Macam Manfaat Air Bunga Mawar untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Bunga mawar memiliki berbagai jenis warna, contohnya merah, putih, dan merah muda. Selain warna, bunga satu ini dikenal memiliki aroma harum.

Namun, bunga mawar tidak hanya dapat dinikmati keindahan dan aromanya saja. Bunga indah satu ini dapat dimanfaatkan sebagai obat kesehatan dan kecantikan.

Banyak variasi produk yang dibuat dari bunga mawar. Satu di antara produk yang sering digunakan dari olahan bunga mawar mungkin adalah air bunga mawar. Biasanya air ini digunakan untuk merawat kulit dan berbagai manfaat kesehatan tubuh lainnya.

Air mawar telah digunakan sejak dulu, bahkan konon telah digunakan Cleopatra sebagai satu di antara rahasia kecantikannya. 

Air mawar dihasilkan dari penyulingan yang dilakukan dengan merebus bunga mawar. Hasil penyulingan yang murni akan memberikan manfaat yang maksimal untukmu saat menggunakannya.

Selain untuk merawat kecantikan, air mawar dapat mengobati luka akibat tergores benda tajam dan berbagai manfaat lainnya.

Berikut macam-macam manfaat air bunga mawar untuk kesehatan, seperti dikutip dari Healthline dan FoodNDTV, Selasa (10/10/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Bunga Mawar untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Luka

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang ampuh dan dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

Sifat antiseptik pada air mawar dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi luka akibat goresan atau luka akibat terbakar, serta menghilangkan bekas luka dengan cepat.

2. Mencegah dan Mengobati Infeksi

Selain dapat menyembuhkan luka, antiseptik yang terkandung dalam air mawar dapat mencegah dan mengobati infeksi. Itulah mengapa, air mawar sering dimasukkan ke berbagai obat-obatan alami untuk menyembuhkan berbagai luka.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa air mawar yang diteteskan ke mata dapat menyembuhkan sakit mata yang diakibatkan oleh infeksi.

3. Mengandung Antioksidan

Kelopak bunga mawar yang disuling menjadi air mawar dan minyak mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. 

Sebuah studi menemukan bahwa antioksidan ini memiliki efek penghambatan peroksidasi lipid yang potensial sehingga menjadi bisa melindungi sel dari kerusakan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Bunga Mawar untuk Kesehatan

4. Meredakan Iritasi Kulit

Satu di antara manfaat air mawar yang sering disorot adalah antiinmflamsi yang kuat. Kandungan tersebut dapat mengobati berbagai macam penyakit baik dalam tubuh maupun di permukaan tubuh, satu di antaranya mengobati kulit yang sedang iritasi karena alergi.

5. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Kamu dapat mencoba air mawar untuk mengatasi sakit tenggorokan. Air mawar secara tradisional telah digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh beberapa sebab.

6. Mengurangi Kemerahan pada Kulit

Air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun. Air mawar dapat meningkatkan warna kulit dan mengurangi kemerahan yang muncul pada kulit.

Sifat antibakteri yang ada dalam air mawar dapat mengurangi timbulnya bakteri. Selain itu, sifat antiinflamasi yang ada pada air mawar dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Bunga Mawar untuk Kesehatan

8. Meredakan Sakit Kepala

Kegunaan air mawar lainnya adalah dapat mengurangi sakit di kepala. Air mawar dan minyak esensial mawar sering digunakan dalam aromaterapi untuk membantu meringankan sakit kepala.

Caranya adalah dengan mengompres kepala selama 45 menit dengan handuk yang telah direndam dalam air mawar.

9. Anti Penuaan Alami

Air mawar sering digunakan dalam produk kecantikan karena efeknya yang dapat mengurangi keriput pada wajah. Hal tersebut terjadi karena air mawar dapat menenangkan keadaan kulit yang sedang tegang.

10. Membantu Masalah Pencernaan

Sejak dulu air mawar telah digunakan sebagai obat tradisional yang dapat mengurangi masalah yang terjadi pada pencernaan. Hal itu karena air mawar dapat melancarkan kerja empedu sehingga dapat mengurangi sakit perut, seperti kembung.

 

Sumber: Healthline dan NDTV Food

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer