Sukses


Mengenal Alwi Farhan, 4 Fakta di Balik Sang Juara Dunia Junior 2024: Bibit Unggul, Andalan Indonesia di Masa Depan

Bola.com, Jakarta - Pebulutangkis muda Indonesia, Alwi Farhan membuat sejarah. Ia menyabet juara tunggal putra ajang BWF World Junior Championships 2023 atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2023, Senin (9/10/2023) pagi WIB.

Alwi Farhan yang baru berusia 18 tahun, menjadi pemain tunggal putra pertama Indonesia yang menjadi juara dunia junior. Dalam laga final yang berlangsung di The Podium Arena, Spokane, Washington, AS, Alwi yang menjadi unggulan keempat tampil apik.

Dengan rasa percaya diri tinggi dan mental pantang menyerah. Berkali-kali tertinggal, Alwi bisa bangkit dan menjadi kampiun setelah menggusur unggulan ketiga asal China, Hu Zhe An, dengan skor 21-19, 19-21, 21-14 dalam laga selama 65 menit.

Ketika shuttlecock pengembalian Hu Zhe An jatuh keluar lapangan, akhirnya memastikan Alwi sebagai juara. Alwi mengakhiri dahaga lama dan menjadi wakil tunggal putra Indonesia pertama sebagai kampiun Kejuaraan Dunia Junior sejak ajang ini resmi digelar BWF pada 1992.

Yuk mengenal lebih jauh sosok Alwi Farhan, pebulutangkis masa depan Indonesia dalam beberapa fakta menarik tentang dirinya berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Geluti Bulutangkis Sejak Belia

Kiprah Alwi Farhan sebagai pebulu tangkis muda Indonesia penuh potensial, terbilang cepat melesat. Alwi Farhan yang lahir di Solo, 12 Mei 2005 mulai bergabung dengan Pelatnas PBSI di Cipayung pada tahun 2021.

Namanya masuk dalam skuad Pratama tunggal putra bersama Bobby Setiabudi, Syabda Perkasa Belawa (almarhum), Tegas Sulistio, Alvi Wijaya, dan Yohanes Saut.

Meskipun baru bergabung pada 2,5 tahun terakhir, namun Alwi yang berangkat dari PB Exist ini sudah mengawali karier sebagai pebulutangkis sudah sejak lama.

3 dari 5 halaman

Moncer di Usia Muda

Alwi tercatat sudah mengikuti kejuaraan internasional sejak 2017. Kala itu, ia tampil di Pembangunan Jaya Raya International Junior Grand Prix 2017 (U-19). Dia langsung kalah di babak 128 oleh Adam Putra Wahyu 6-21, 11-21.

Tujuh bulan berselang, Alwi kemudian diturunkan di Korea Junior Badminton Championship. Di ajang itu, Alwi menjadi juara di nomor BS U-13. Alwi yang melaju ke babak final menyegel gelar juara setelah kompatriotnya, Denis Farell Satria Pradana, retires pada kedudukan 3-15.

4 dari 5 halaman

Gemilang di Level Internasional

Memasuki 2019, Alwi mulai menunjukkan kehebatannya. Ia beberapa kali menorehkan catatan positif dengan menjadi juara di Daihatsu Astec U-15 Men's Single di Medan, Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix 2019 U-15, serta Daihatsu Astec Regional Junior di Yogyakarta, serta finalis Badminton Asia U-17 & U-15 Junior Championship 2019.

Pada tahun 2021, ia meraih gelar juara Junior U-19 pertamanya di Bangladesh Junior, serta menjadi juara di Alpes International U-19 2022, dan runner up kejuaraan di Lithuania, pada Juni 2022.

5 dari 5 halaman

Pernah Ranking 87 Dunia

Menurut laman resmi BWF, pemain yang memiliki kekuatan di tangan kanannya itu pernah menempati peringkat tertinggi BWF yakni di posisi 87 dunia pada 12 September 2023.

Kini, Alwi Farhan berada di peringkat 101 dunia per 9 Oktober 2023.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer