Sukses


Arti Tinjauan Pustaka beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya

Bola.com, Jakarta - Tinjauan pustaka adalah ringkasan dari penelitian-penelitian sebelumnya mengenai topik tertentu.

Secara umum, tinjauan pustaka merupakan bab yang berisi sejumlah teori dan pendapat ahli terhadap fokus penelitian yang akan dilakukan.

Tinjauan pustaka bisa berupa ringkasan sederhana dari sumber, tetapi biasanya memiliki pola organisasi dengan menggabungkan sebuah ringkasan.

Tujuan utama dari poin ini adalah melakukan survei literatur mengenai sebuah topik. Adanya tinjauan pustaka membuat penulis menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman mendalam mengenai subjek yang dibahas.

Untuk lebih terperinci mengenal apa yang dimaksud dengan tinjauan pustaka ini bisa melihat pengertian dari para ahli yang memberi definisi berbeda-beda.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang tinjauan pustaka, dilansir dari laman Sampoernauniversity, Rabu (11/10/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Tinjauan Pustaka

  • Menguraikan dan mempertimbangkan variabel penelitian agar tujuan dari penelitian yang dilakukan bisa tercapai dengan baik dan sesuai.
  • Memberi batasan penelitian, caranya menunjukkan variabel bebas atau terikat yang relevan dan juga yang tidak relevan.
  • Memberi acuan peneliti saat memberi artikan teknik analisis data yang dikumpulkan dalam penelitian yang dilakukan.
  • Memberi dasar pemikiran pada peneliti agar dapat menyimpulkan hasil penelitian sesuai tujuan objektif dari penelitian yang dilakukan.
3 dari 5 halaman

Fungsi Tinjauan Pustaka

  • Mengungkapkan penelitian serupa yang sebelumnya dilakukan dengan penelitian yang akan dilakukan.
  • Memberi gambaran mengenai metode atau teknik yang dipakai dalam proses penelitian yang dilakukan.
  • Mengungkapkan sumber data, termasuk literatur yang berkaitan dengan penelitian dan mungkin belum diketahui sebelumnya.
  • Mengenal para peneliti yang karyanya penting dan relevan dengan penelitian yang akan dilakukan sebelumnya.
  • Memperlihatkan kedudukan penelitian seiring sejarah perkembangan ilmu pengetahuan yang terkait dengan penelitian tersebut.
  • Menjelaskan ide hingga pendekatan ilmiah yang mungkin belum diketahui sebelumnya sehingga penelitian dilakukan.
  • Membuktikan keaslian dari penelitian dengan cara menegaskan ciri khas penelitian yang sedang dilakukan dari penelitian-penelitian sebelumnya.
4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tinjauan Pustaka

- Mencari Literatur Relevan

Setelah menemukan topik yang jelas, langkah yang dilakukan ialah dengan mencari literatur. Hal ini sering dijumpai ketika menulis tinjauan pustaka untuk disertasi atau makalah penelitian sehingga perlu mencari literatur yang terkait dengan masalah dan pertanyaan mengenai penelitian.

- Evaluasi dan Pilih Sumber

Untuk memastikan sumber yang digunakan kredibel, baca dahulu studi penting dan teori utama di bidang penelitian.

Jumlah kutipan tinggi mengartikan artikel berpengaruh di bidangnya dan tentu perlu dimasukkan dalam tinjauan pustaka.

Selain membaca, juga harus memulai proses menulis, membuat catatan yang nantinya dimasukkan ke dalam teks tinjauan pustaka.

- Identifikasi Topik

Mencoba mencari tren dan pola apakah pendekatan tertentu menjadi lebih atau kurang populer dari waktu ke waktu, analisis tema, konflik, kontradiksi hingga kesenjangan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tinjauan Pustaka

- Buat Garis Besar Struktur

Langkah selanjutnya adalah membuat garis besar struktur tinjauan pustaka. Ada beberapa jenis struktur penulisan tinjauan pustaka yang dapat dipilih, seperti: kronologis, tematik, metodologi, dan teoritis.

Penggunaan struktur ini juga bisa digabungkan dengan menggunakan perincian seperti berikut ini:

  • Kronologis

Pendekatan paling sederhana dari tinjauan pustaka adalah menelusuri perkembangan topik dari waktu ke waktu, mencoba untuk menganalisis pola, titik balik, dan perdebatan kunci yang sudah membentuk arah lapangan.

  • Tematik

Jika sudah menemukan beberapa tema sentral yang berulang, para peneliti bisa mengatur tinjauan pustaka ke dalam bagian lain yang membahas aspek-aspek mengenai beberapa dari topik yang diangkat.

  • Metodologis

Mengambil sumber dari berbagai disiplin ilmu atau bidang yang menggunakan berbagai metode penelitian yang ada, memungkinkan peneliti perlu membandingkan hasil dan kesimpulan yang muncul dari pendekatan yang berbeda.

  • Teoretis

Tinjauan pustaka menjadi dasar untuk kerangka teoritis. Jadi, dalam melakukan diskusi dari berbagai teori, model, dan definisi, menggunakan konsep-konsep kunci dalam penelitian yang digunakan.

  • Membuat Isi

Pendahuluan secara jelas menetapkan fokus dan tujuan dari tinjauan pustaka, isi utama berisi sintetis ringkas mengenai poin-poin utama dari setiap sumber analisis, interpretasi, dan evaluasi.

 

Sumber: Sampoernauniversity

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer