Sukses


Arti Metamorfosis Sempurna beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Metamorfosis adalah proses di mana hewan mengalami perubahan fisik yang ekstrem dan cepat beberapa saat setelah lahir.

Hasil dari metamorfosis dapat berubah ke seluruh organ tubuh organisme, seperti perubahan jumlah kaki hewan, cara makannya, atau cara pernapasannya.

Metamorfosis juga bisa diartikan sebagai perubahan bentuk tubuh yang bertahap dari larva menjadi dewasa. Di mana larva sering akan berbeda dengan bentuk dewasanya.

Metamorfosis terbagi menjadi dua jenis yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Agar kamu makin paham, berikut penjelasan tentang metamorfosis sempurna beserta contohnya, disadur dari Brilio, Rabu (11/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Metamorfosis Sempurna

1. Punya perbedaan bentuk yang sangat signifikan atau mencolok antara fase pupa dengan fase Imago (dewasa).

2. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna akan mengalami di fase pupa atau kepompong.

3 dari 4 halaman

Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna

1. Kupu-kupu

Banyak orang mungkin menyaksikan proses metamorfosis kupu-kupu secara langsung. Metamorfosis sempurna kupu-kupu bermula dari telur berubah jadi larva, lalu jadi pupa (kepompong), kemudian berubah jadi imago atau dewasa.

Telur yang menetas jadi pupa, mengalami molting empat kali sehingga terbentuk larva stadium satu hingga empat.

2. Katak

Metamorfosis kecebong menjadi katak sedikit lebih ganas dibandingkan dengan ulat menjadi kupu-kupu. Berudu tidak melarutkan tubuhnya menjadi bubur, tetapi mereka 'mencernanya' menggunakan proses apoptosis atau 'kematian sel terprogram'.

Perincian perubahan metamorfosis pada katak ialah telur, kecebong tanpa kaki, kecebong berkaki, katak berekor, dan terakhir katak dewasa.

3. Nyamuk

Nyamuk termasuk serangga, hampir sama dengan kupu-kupu, lebah, lalat, dan kumbang. Bentuk larva hampir tidak ada kemiripan. Adapun rincian metamorfosis pada nyamuk ialah telur, larva, pupa, nyamuk dewasa.

4 dari 4 halaman

Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna

4. Ikan

Ikan memiliki daur hidup dengan dua cara, tanpa dan dengan metamorfosis. Sedangkan metamorfosis pada ikan juga terbagi jadi dua tahapan, terdiri atas sempurna dan tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna pada ikan melalui empat fase. Dimulai telur, larva, berubah jadi pupa, kemudian imago atau dewasa. Tahap terakhir, yakni imago adalah di mana ikan sudah memiliki alat reproduksi yang sempurna dan siap melakukan perkawinan.

5. Lebah

Metamorfosis lebah sama halnya dengan serangga lainnya. Terdiri dari telur, larva, kepompong, kemudian berubah jadi lebah.

6. Lalat

Metamorfosis lalat dimulai dari telur, belatung atau larva, pupa, dan terakhir jadi lalat.

7. Semut

Metamorfosis sempurna pada semut terdiri dari telur, larva, pupa, terakhir semut.

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Nur Luthfiana Hardian. Published: 17/4/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer