Sukses


Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit agar Segera Sehat

Bola.com, Jakarta - Kesehatan menjadi satu di antara karunia terbesar yang harus senantiasa dijaga. Sering kali kita menyadari betapa besarnya nilai kesehatan saat tahu orang yang cintai sakit.

Sakit memang bukan pengalaman yang menyenangkan, dan setiap orang tentu tidak ingin mengalaminya. Pasalnya, ketika sakit kita sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Saat seseorang yang kita kenal dan cintai menghadapi penyakit atau cedera, menjadi kewajiban kita untuk memberikan dukungan, baik secara fisik maupun spiritual. 

Islam menganjurkan untuk menjenguk orang yang sedang sakit. Tak hanya itu, umat muslim juga dianjurkan membacakan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh.

Hal ini sebagai wujud kepedulian kita kepada sesama manusia yang sedang dalam kondisi tidak baik dan memberikan doa untuk kesembuhannya.

Berikut bacaan doa saat menjenguk orang sakit agar segera sehat, seperti disadur dari Dream, Rabu (11/10/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit agar Segera Sehat

Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupannya membutuhkan bantuan orang lain. Apalagi hal-hal yang tidak terduga seperti sakit bisa terjadi kapan saja.

Dalam kondisi seperti ini, manusia sudah pasti membutuhkan bantuan orang lain. Islam menganjurkan kepada umatnya untuk peduli kepada sesama, terutama yang sedang ditimpa musibah.

Satu di antara bentuk kepedulian ialah dengan menjenguk orang sakit. Menjenguk orang sakit adalah perbuatan yang sangat mulia dan ada keutamaan di dalamya. Hal ini seperti sabda Rasulullah saw. berikut ini:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

Artinya: "Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit) maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba." (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih)

Ketika kita menjenguk orang sakit, di momen ini kedatangan kita juga bisa memberikan kebahagiaan pada orang yang sedang sakit. Mereka akan merasa bahwa dirinya diperhatikan oleh orang lain dan mendapatkan kasih sayang dari orang lain.

Ketika kebahagiaan hadir dalam diri orang sakit yang diikuti dengan pikiran positif, Insyaallah hal ini juga baik untuk membantu proses penyembuhannya.

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa saat Menjenguk Orang Sakit agar Segera Sehat

Rasulullah saw. telah mengajarkan banyak hal kepada umatnya. Satu di antaranya adalah doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh.

Doa-doa tersebut dulunya juga diamalkan oleh Rasulullah saw. ketika ada keluarganya atau sahabatnya yang sakit.

Berikut adalah beberapa doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang dibaca oleh Rasulullah saw.:

Doa Nabi Menjenguk Sahabatnya yang Sakit

Ketika ada sahabat Nabi saw. yang sedang sakit, beliau menjenguk dan membacakan doa sebagai berikut:

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.”

Artinya: "Ya Allah Rabb manusia, dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Zat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit." (HR. Bukhari)

Doa Nabi saat Istrinya Sakit

Ketika Aisyah, istri dari Nabi Muhammad saw. sedang sakit, beliau membacakan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh seperti berikut:

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta.

Artinya: "Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau." (HR. Buhari Muslim)

Doa Orang Sakit yang Dibaca 7 Kali

Selain itu, ada lagi doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang dibaca Rasulullah saw. sebanyak tujuh kali:

As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka.

Artinya: "Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu."

Doa Nabi pada Orang Badui yang Sakit Demam

Saat Nabi Muhammad saw. menjenguk orang sakit, beliau tidak hanya sekadar menjenguk saja. Namun, juga menghiburnya dan mengatakan bahwa hadirnya sakit ini bisa menggugurkan dosa.

Berikut adalah doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang dibaca Nabi Muhammad saw. pada orang Badui yang sakit demam:

Laa ba'sa thahur insyaa Allah.

Artinya: "Tidak apa, semoga menjadi penghapus (dosa), jika Allah menghendakinya." (HR. Bukhari)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 14/1/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer