Sukses


Arti Progres dan Cara Mencapainya

Bola.com, Jakarta - Progres adalah bentuk perubahan sosial menuju ke arah kemajuan yang dapat memberikan keuntungan atau perbaikan khusus untuk kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Secara etimologi, progres adalah berasal dari kata serapan bahasa Inggris, "progress", yang sudah ada sejak abad ke-14 Masehi, yang juga adopsi dari bahasa Latin, "progressus”, yang artinya suatu langkah kemajuan.

Dalam Cambridge Dictionary, progres adalah dijelaskan sebagai bagian dari peningkatan atau perkembangan dalam kemampuan, ilmu, dan lain sebagainya.

Istilah progres juga dapat diartikan jika "sesuatu yang akhirnya selesai". Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, progres adalah kemajuan.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang progres, disadur dari Liputan6, Kamis (12/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Menggapai Progres Diri

Progres tak hanya berkaitan dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan. Progres dapat diciptakan dan diterapkan di dalam diri. Cara menggapai progres diri akan berguna untuk menggapai cita-cita dan tujuan hidup yang sebenarnya.

Bagaimana cara menggapai progres diri?

1. Mengambil tanggung jawab terhadap hidupmu

Untuk mencapai kemajuan, satu hal yang harus kamu lakukan adalah mengambil tanggung jawab penuh terhadap hidup kamu sendiri. Hampir segala sesuatu dalam hidup kamu merupakan hasil dari keputusan yang kamu ambil.

Apakah masalah keuangan, asmara, kesehatan, bahkan masalah-masalah lain yang kamu hadapi, semuanya sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kamu. Jangan hanya duduk diam dan menunggu apa yang akan terjadi kepada dirimu.

Jika kamu ingin memperoleh apa yang kamu inginkan dalam hidup, bertanggungjawablah dalam usaha mencapai keinginan tersebut. Jangan biarkan orang lain mengambil kendali akan hidupmu.

2. Memercayai tujuan hidup kamu

Setiap orang mempunyai tujuan dalam hidup, termasuk kamu. Meski terkadang tujuan hidup kamu tidak bombastis, percayakan pada apa yang kamu yakini. Dengan mengidentifikasikan siapa kamu, kamu dapat mengidentifikasi tujuanmu.

Pastikan kamu meluangkan waktu dari hari-hari sibukmu untuk melakukan apa yang menjadi tujuan dalam hidupmu.

3. Putuskan apa yang kamu inginkan

Satu di antara kesalahan terbesar yang bisa kamu buat dalam hidupmu adalah melakukan apa yang kamu tidak sukai. Berkonsentrasilah pada apa yang kamu sukai dan jangan buang-buang waktu pada apa yang tidak kamu sukai.

4. Tetapkan pencapaian

Bila kamu telah menetapkan apa yang ingin kamu peroleh di masa depan, berinvestasilah untuk hal tersebut.

Dengan menetapkan tujuan dan mewujudkannya dalam kegiatan fisik dibanding tetap berupa gagasan, kamu telah mengatur waktu secara efektif untuk melihat sejauh mana kamu melangkah menuju pencapaianmu.

Penting untuk meninjau ulang pencapaian yang telah kamu lakukan. Jangan biarkan hidupmu mengalir bak air.

3 dari 3 halaman

Cara Menggapai Progres Diri

5. Meminta bantuan

Satu hal penting untuk diingat adalah bahwa kamu tidak harus berjuang sendiri untuk mencapai apa yang kamu mau. Mintalah bantuan seseorang untuk sesuatu yang tak bisa kamu lakukan sendiri. Hal ini dapat memangkas waktu yang mungkin terbuang jika kamu melakukannya sendirian.

6. Berhenti mengkhawatirkan apa yang orang pikirkan tentang dirimu

Satu hal yang mesti kamu ingat, kamu tak akan pernah bisa memuaskan semua orang. Karenanya, berhentilah memikirkan bagaimana omongan orang terhadap dirimu.

Tak semua orang menyukai dirimu. Beberapa orang mungkin akan melakukan segala cara untuk menjatuhkanmu. Jangan dengarkan komentar-komentar negatif dari orang-orang yang tak menyukaimu. Fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki.

7. Lakukan!

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan apa yang telah kamu rencanakan. Jangan biarkan semuanya membusuk di dalam daftar yang ingin kamu lakukan. Kesempatan tidak datang dua kali. Jika kamu benar-benar menginginkan sesuatu, berusahalah untuk mencapainya.

Apa yang kamu inginkan adalah apa yang harus kamu percayai. Berusahalah sekuat tenaga mencapainya. Kamu harus memiliki kepercayaan diri, keyakinan, dan semua yang diri kamu layak dapatkan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara. Editor: Fadila Adelin. Published: 14/9/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer