Sukses


Bacaan Doa Qunut Nazilah dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Qunut nazilah merupakan qunut yang dibaca ketika terjadi bencana atau musibah. Doa qunut nazilah dapat dibaca setiap salat fardu pada rakaat terakhir setelah rukuk.

Adapun praktik pelaksanaan doa qunut nazilah sama dengan qunut subuh. Jadi, bacaan qunut tersebut dibaca setelah bangkit dari rukuk pada rakaat salat terakhir. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan salat berikutnya hingga salam.

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim, membaca doa qunut nazilah termasuk mengikuti sunah Rasulullah saw. Sebab, dulu selama satu bulan Rasulullah saw. pernah membaca qunut nazilah ketika para sahabat penghafal Al-Qur'an terbunuh di Sumur Ma'unah.

Seperti yang telah disebutkan di atas, umat muslim bisa membaca doa qunut nazilah saat terjadi musibah atau bencana. Doa qunut ini bertujuan meminta keselamatan dari bala maupun bencana.

Maka itu, penting bagi umat muslim yang sedang terkena musim mengetahui bacaan doa qunut nazilah tersebut. Bagaimana bacaan doanya?

Berikut ini bacaan doa qunut nazila beserta artinya yang bisa dipanjatkan umat muslim, dilansir dari laman kemenag.go.id, Kamis (12/10/2023).

2 dari 2 halaman

Doa Qunut Nazilah

 Berikut ini bacaan doa qunut nazilah yang bisa diamalkan umat muslim.

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ

Allahumma inna nasta‘inuka wa nastaghfiruk, wa nastahdika wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsni alaikal khaira kullahu nasykuruka wa la nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allahumma iyyaka na‘budu, wa laka nushalli wa nasjud, wa ilaika nas‘a wa nahfid, narju rahmataka wa nakhsya adzabak, inna adzabakal jidda bil kuffari mulhaq.

Artinya: "Ya Allah, kami memohon pertolongan-Mu, ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu. Kami beriman kepada-Mu, bertawakal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari nikmat-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan orang yang mendurhakai-Mu.

Ya Allah, hanya kepada-Mu kami menyembah, kepada-Mu kami hadapkan salat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengharapkan rahmat-Mu dan takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir."

 

Sumber: Kemenag

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer