Sukses


9 Contoh Pembukaan Pidato Islami yang Bisa Dijadikan Referensi

Bola.com, Jakarta - Pidato biasanya dijumpai di suatu acara tertentu, misalnya saat upacara. Pidato adalah kegiatan menyampaikan pendapat di depan khalayak dengan mengangkat suatu topik, contohnya tentang agama.

Pidato yang berkaitan tentang agama biasanya disampaikan dalam kegiatan ceramah, pengajian, khotbah, dan acara keagamaan lainnya.

Nah, ketika berpidato, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Satu di antara bagian penting adalah mempersiapkan pembukaan pidato yang bisa menarik perhatian para pendengar.

Sebab, jika pembukaan tidak menarik, isi pidato mungkin tidak tersampaikan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, dalam membuat pembukaan pidato, harus sangat dipersiapkan sebaik mungkin.

Namun, sebagian orang bingung untuk merangkai kata-kata untuk pembukaan pidato, apalagi yang berunsur Islami.

Bagi kamu yang bingung, bisa mencermati beberapa rekomendasi contoh pembukaan pidato Islami di bawah ini.

Berikut sembilan contoh pembukaan pidato Islami yang dapat dijadikan sebagai referensi, dikutip dari laman Ukulele dan Fajarpendidikan, Kamis (12/10/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Pembukaan Pidato Islami

1. "Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh. Bismillahirrahmanirrahim, kaum muslimin muslimat rahimakumullah, marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkan puji syukur kepada Allah karena dengan nikmat-Nya, Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hadir dalam acara mulia ini.

Semoga dalam acara mulia ini, kita semua mendapatkan rahmat dan ampunan Allah Swt. dikarenakan Nabi Muhammad telah bersabda, "Tidaklah suatu kaum yang duduk di rumah Allah mereka mempelajari Al-Qur'an, mereka mempelajarinya, kecuali malaikat mengepakkan sayapnya".

2. "Nahmaduhu wanasta’inu, wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa, wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu.

Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du. Sebagai umat beragama, rasanya tak ada yang lebih baik kita ucapkan dalam kesempatan ini selain puji syukur ke hadirat Allah Swt., yang telah memberi nikmat berupa kesehatan pada kita semua sehingga pada malam ini kita dapat berkumpul di ruang baca perpustakaan ini untuk (nama acara)."

3. "Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh. Alhamdulillah segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang membalas doa hamba-hamba-Nya apabila kita berdoa dan mengingat-Nya.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji ke hadirat Allah Swt. yang telah mempertemukan kita dalam acara ... dengan keadaan sehat wal afiat.

Selawat serta salam tak lupa mari kita junjung tinggi kepada Baginda Nabi Muhammad saw. bersama ahlul baitnya, juga kepada guru-guru kami, orang tua kami, saudara kami, pemimpin-pemimpin kami, kaum muslimin dan muslimat, yang terdahulu maupun yang akan datang."

3 dari 4 halaman

Contoh Pembukaan Pidato Islami

4. "Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Alhamdulilahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du.

Marilah terlebih dahulu kita panjaikan puji syukur ke hadirat Allah Swt. Yang Maha Pengasih, yang telah melimpahkan rahmat-Nya pada kita sehingga pada pagi yang cerah ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat untuk melaksanakan (nama acara)."

5. "Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Sebelum menyampaikan apa yang akan saya sampaikan, tidak lupa dalam kesempatan ini lebih dahulu saya sampaikan rasa syukur yang sedalam-dalamnya karena saya dapat memenuhi permintaan panitia untuk berbicara tentang (topik pidato) di hadapan hadirin yang  terhormat ini."

6. "Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh. Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah Swt. yang telah memberikan beribu-ribu nikmat.

Tidak lupa selawat dan salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw. dan keluarganya, beserta sahabat. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya dan mendapat petunjuk hingga hari kiamat nanti."

4 dari 4 halaman

Contoh Pembukaan Pidato Islami

7. "Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh. Segala puji hanya milik Allahhu Rabbi. Segala Zat yang Maha Ghafur, Zat yang Maha Syukur yang telah memberikan beribu-ribu nikmat yang tidak terukur.

Nikmat iman, nikmat Islam, sampai nikmat sehat walafiat sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang Insyaallah diberkahi Allah Swt. Seandainya lautan yang ada di muka bumi ini, Allah jadikan sebagai tinta.

Lalu, pepohonan-pepohonan Allah jadikan pena, dan dedaunan Allah jadikan kertas. Niscaya ia tidak akan cukup untuk menuliskan nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada kita. Selawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada nabi akhirul zaman, seorang nabi yang lahirnya saja membuat goncang alam semesta, membuat heboh para malaikat Allah Swt. yang kalau bukan karenanya tidak akan Allah ciptakan alam semesta ini.

Siapakah dia, tidak lain dan tidak bukan yaitu Nabi Muhammad saw. Semoga keluarganya, sahabatnya, dan kita selaku umatnya yang mengikuti sunah-sunahnya semoga mendapatkan syafaatnya."

8. "Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh. Innal hamdalilah wasolatu wasalamu ala rosulillah syaidina Muhammad ibni abdilah waala alihi wahbihi wamawalah (amma ba’du).

Hadirin sidang majelis muslimin wal muslimat yang semoga Allah muliakan dunia dan akhirat. Alhamdulillah, dengan izin Allah kita bisa berkumpul di masjid ini.

Mudah-mudahan berkumpulnya kita di sini merupakan amal saleh sehingga kita bisa bertawasul dengan amal saleh tersebut. Berharap Allah jadikan hari yang akan datang dalam kehidupan kita lebih baik dibandingkan hari ini. Insyaallah."

9. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahi was shalaatu was salaamu alaa rasuulillahi wa alaa aalihi wa sahbihi wa man walaahu, amma ba'du.

Marilah terlebih dahulu kita panjatkan salam hormat kita, sujud syukur kita kepada Allah Swt. yang telah melunakkan hati kita dan mengarahkan kaki kita menuju majelis yang sangat dimuliakan ini.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan kita limpahan rahmat-Nya, nikmat-Nya, hidayah, serta inayat-Nya sehingga kita masih bisa menghirup udara di bumi Allah yang sangat luas ini.

Marilah kita senantiasa menghadiahkan selawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw. yang selalu kita tunggu-tunggu syafaatnya atau pertolongannya di Hari Akhir nanti.

 

Sumber: Ukulele, Fajarpendidikan

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer