Sukses


32 Contoh Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Jawa yang Menyentuh Hati

Bola.com, Jakarta - Ulang tahun menjadi momen yang indah dan spesial dalam kehidupan setiap orang. Ini adalah momen untuk merayakan tahun yang telah berlalu, merenung tentang pencapaian, dan merencanakan masa depan yang lebih cerah.

Di tengah kegembiraan ini, ucapan selamat ulang tahun memiliki peran penting dalam menyampaikan cinta, kasih sayang, dan dukungan kepada orang yang merayakan ulang tahun.

Bagi mereka yang memiliki akar budaya Jawa, menyampaikan ucapan ulang tahun dalam bahasa Jawa adalah cara istimewa untuk merayakan momen ini.

Bahasa Jawa, dengan keindahan dan kekayaan ekspresi yang khas, memberikan kedalaman emosi pada ucapan selamat ulang tahun. Ini adalah bukti bagaimana budaya Jawa tidak hanya kaya dalam seni dan tradisi, tetapi juga dalam ungkapan rasa cinta.

Jika kamu belum terlalu mengerti dan lihai dalam merangkai ucapan ulang tahun dalam bahasa Jawa, kamu bisa melihat berbagai contohnya di bawah ini.

Berikut contoh ucapan ulang tahun dalam bahasa Jawa yang menyentuh hati, disadur dari Kapanlagi, Jumat (13/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Jawa yang Menyentuh Hati

1. "Ngaturaken ambal warsa dateng ibu/bapak/, mugi-mugi tansayah diparingi rizki ingkang berkah, ditebihno sangking sedanten sambekala."

(Mengucapkan selamat ulang tahun untuk ibu/bapak, mudah-mudahan selalu diberikan rezeki yang berkah, dijauhkan dari semua mara bahaya)

2. "Selamet ulang tahun, mugi-mugi kulo diparingi umur dowo, rezekiku akeh lan berkah, hehe salah yo saya malah donga dewe."

(Selamat ulang tahun, semoga umurku panjang, rezekiku banyak dan berkah, hehe salah ya malah mendoakan diriku sendiri)

3. "Ulang tahun sampeyan kok tanggale podo terus sih saben tahun? Opo gak bosen? Heran banget aku, hehe yo weslah, met ulang tahun yo."

(Ulang tahun kamu kok tanggalnya sama terus sih dari dulu? Apa tidak bosan? Heran banget aku, hehe ya sudahlah, selamat ulang tahun ya)

4. "Senadyan awak dewe adoh, saya ora lali menowo kancaku ulang tahun, amerga saya ngerti awakmu gak iso ngomong,mungkin sampeyan biso kirimi pulsa 50.000 hehe."

(Karena kita berjauhan, aku tidak lupa kalau temanku ulang tahun karena aku mengerti kamu tidak bisa ngomong langsung, mungkin kamu bisa mengirimi aku pulsa Rp50.000 hehe)

5. "Sugeng tanggap warsa."

(Selamat ulang tahun)

6. "Ngapunten namung saget maringi niki, mugi-mugi sagget manfaat lan migunani teng sampean, ngaturake sugeng ambal warsa, mugi tambah dewasa dan sukses dunyo akherat."

(Maaf hanya bisa memberi ini, semoga bermanfaat untukmu. Aku ucapkan selamat ulang tahun, semoga makin dewasa dan sukses di dunia dan akhirat)

7. "Urip kuwi mung mampir ngombe, ojo digawe susah lan ojo digawe mikir nemen-nemen. Sugeng ambal warsa men."

(Hidup itu cuma mampir minum, jangan dibuat susah dan jangan dibuat mikir berlebihan. Selamat ulang tahun, sobat)

8. "Selamet ulang tahun kancaku, muga-muga apa sing bakal dikarepne biso tergapai, dongaku kanggo awakmu mesti ono, mugo gusti Allah gampangna apa sing dikarepan."

(Selamat ulang tahun teman, semoga apa yang kamu harapkan bisa tercapai, doaku buatmu pasti ada, semoga Allah mudah memberikan apa yang kamu inginkan)

3 dari 5 halaman

Contoh Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Jawa yang Menyentuh Hati

9. "Sugeng tanggap warsa cah ayu. Ing sambekala dilambari bungahing ati ayo dedongo, Mugi tansah pinaringan sih rahmatipun Gusti."

(Selamat ulang tahun, cantik. Selamat ulang tahun. Di hari yang bahagia ini mari kita berdoa agar kita selalu mendapatkan rahmat dari Tuhan yang Maha Esa)

10. "Tuku blewah neng pasar selamat, tuku sekat neng Pringgodalu, sugeng ambal warsa konco kentelku, tetep semangat lan sehat serta sukses terus."

(Membeli blewah di pasar selamat, membeli sekat di Priggodalu, selamat ulang tahun teman dekatku, tetap semangat dan sehat serta sukses selalu)

11. "Sugeng ambal warsa. Mugi-mugi sehat sejahtera dan sukses lahir batinnya. Mugi-mugi dipun pertemukaken kalih widadari kayangan kangge urip bareng. Mugio tansah bahagio mulyo."

(Selamat tambah umur. Semoga selalu sehat sejahtera dan sukses lahir dan batinnya. Semoga bisa dipertemukan dengan bidadari kayangan untuk bisa menjadi pendamping hidup. Semoga bisa terus bahagia)

12. "Sugeng tanggap warsa, mugi-mugi tansah pinaringan waras lan tansah skamet kalis ing sambikolo monggo dipun aturi dahar bancakan saking poro widodari kan widodaera khayangan."

(Selamat ulang tahun, semoga tetap diberikan kesehatan dan kesalamatan. Sebelum berakhir, mari dipersilakan makan tumpengan dari para bidadari-bidadari kayangan)

13. "Ngaturaken ambal warsa, mugi gusti paring yuswo ingkang panjang lan barokah, mugi gusti pangeran tinansah paring kasasaran lan ketentreman."

(Mengucapkan selamat ulang tahun, semoga Tuhan memberikan umur panjang dan berkah. Semoga Tuhan memberikan kedamaian dan ketenangan)

14. "Sugeng tanggap warsa mugi-mugi tinansah pinaringan barokah saking gusti Allah Swt."

( Selamat ulang tahun semoga tetap diberikan keberkahan dari Allah Swt)

15. "Mugi yuswo ingkang minggah meniko langkung mimbeti ketaqwaan ugi kapitadosan dateng gusti pangeran alam sedoyo."

( Semoga diberikan umur panjang dan tetap dalam ketakwaan dari Tuhan pemilik alam semesta)

16. "Selamet nyambut dino lahir, sepurane ora iso ngekei opo-opo. Isoku mung dungakne mugi-mugi tambah sae lan dikurangi sing elek-elek."

(Selamat menyambut hari lahir, maaf tidak bisa memberi apa-apa. Hanya bisa mendoakan semoga kehidupanmu makin baik dan dikurangi yang jelek-jelek)

4 dari 5 halaman

Contoh Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Jawa yang Menyentuh Hati

17. "Selamet ulang tahun cah ayu/cah bagus, mugo-mugo Gusti Allah ngabul aken cita-citamu sedanten lan diadohno seko sekabehane malapetaka."

(Selamat ulang tahun anak cantik/anak ganteng, semoga Allah Swt. mengabulkan semua cita-citamu dan dijauhkan dari segala bahaya)

18. "Sugeng ambal warsa dateng Ibukku tersayang. Mugi-mugi sehat lahir batin, selamet donyo akherat. Matur suwun buk sampun nresnani kula sangking lahir kanti gedhe."

(Selamat ulang tahun untuk ibu tersayang. Semoga sehat lahir batin, selamat dunia akhirat. Terima kasih Bu, sudah mencintaiku dari lahir sampai besar)

19. "Nderek bungah kula dateng ingkang ambal warsa, mugi-mugi tansyah pinaring iman ingkang kuat, rizki ingkang berkah lan kesarasan lahir lan batos."

(Saya ikut berbahagia kepada yang berulang tahun, mudah-mudahan selalu diberikan iman yang kuat, rezeki yang berkah dan diberi kesehatan lahir dan batin)

20. "Sugeng tanggap warsa, Mugi-mugi tansah pinaringan berkahing Pengeran."

(Selamat ulang tahun. Semoga selalu diberikan rahmat oleh Tuhan)

21. "Bade ngaturaken suka cita kagem njenengan ingkang tanggap warsa, mugi-mugi langkung sae kajenenganipun sae saupakara miyos ugi batos."

(Mengucapkan sukacita buat Anda yang berulang tahun. Semoga tetap diberikan kesehatan lahir dan batin)

22. "Sugeng tanggap warsa kagem kakangku. isih dadi conto apik kanggo adhine."

(Selamat ulang tahun kakakku. Tetaplah menjadi contoh yang baik untuk adikmu)

23. "Sugeng ambal warsa dateng konco dulinan kaet cilik, mugi-mugi tambah sehat, slamet lan berkah uripe."

(Selamat ulang tahun teman main dari kecil, semoga sehat selalu, selamat dan kehidupannya berkah)

24. "Sugeng ambal warso, mugi Gusti Pangeran tansah paring berkah kesarasan, kebingahan lan panjang yuswo."

(Selamat ulang tahun, semoga Allah memberikan berkah kebugaran, kebahagiaan, dan panjang umur)

5 dari 5 halaman

Contoh Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Jawa yang Menyentuh Hati

25. "Sugeng ambal warsa sederek, mugi-mugi nambahing yoswo niki jenengan langkung sae. Sae sangking akhlak ipun, sae rizki ipun lan sae sapinunggalipun."

(Selamat ulang tahun saudaraku, mudah-mudahan dengan bertambahnya umur ini kamu tambah baik. Baik dari akhlaknya, baik rezekinya dan baik semuanya)

26. "Rahajeng tanggap warsa ngasta priyantun yuswa adalem gandrung, mugi-mugi Allah salajeng nyaosaken kasasaran ugi rezeki ingkang melimpah."

(Selamat bertambah umur, semoga Allah memberikan banyak rezeki yang berlimpah)

27. "Sugeng tanggap warsa kagem kanca lawasku. Muga-muga nyawiji lan menehi rejeki."

(Selamat ulang tahun teman lamaku. Semoga dipanjangkan umur dan dilimpahkan rezekinya)

28. "Nderek ngaturaken ambal warsa Eyang Kakung/Putri, mugi-mugi tinansah pinaring rahayu lan barokah saking Allah Swt."

(Mengucapkan selamat ulang tahun kepada Eyang Kakung dan Eyang Putri, semoga selalu diberikan keberkahan dari Allah Swt.)

29. "Sugeng tanggap warsa kagem Bapak/Ibu guru, mugi panjenengan pinaringan wilujeng slamet lan lumebere rezeki sekalian tambah iman lan taqwa dateng gusti Allah Swt."

(Selamat ulang tahun untuk bapak/ibu guru, semoga anda diberikan kesehatan, keselamatan dan rezeki yang banyak serta iman dan taqwa dari Allah Swt)

30. "Sugeng tanggap warsa kagem kanca sing paling apik. Muga diwenehi urip langgeng, tansah seneng lan diwenehi sih rahmat dening Gusti Allah."

(Selamat ulang tahun teman/sahabat terbaikku. Semoga diberikan umur panjang, selalu bahagia, dan diberikan rahmat oleh Tuhan)

31. "Aku ora lali ingkang awakmu lan aku lampahi, termasuk dino iki. Iki nggeh menika dino kelahiranmu, aku ucapke sugeng ambal warsa, mugi diparingi rizki lan yuswa ingkang akeh."

(Aku tidak lupa atau aku lewati, termasuk hari ini, ini hari kelahiranmu, aku ucapkan selamat ulang tahun, semoga diberikan rezeki dan umur yang panjang)

32. "Selamet, saiki umure wes nambah. Mugo-mugo tambah pinter, manut karo wong tuwo, seneng sodakoh, digampane angsale syukur, sabar lan tawakal saka Allah Swt."

(Selamat, sekarang umurmu bertambah. Semoga makin pintar, menaati orang tua, senang bersedekah, dimudahkan untuk bersyukur dan tawakal kepada Allah)

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Published: 19/10/2021)

Yuk, baca artikel contoh ucapan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer