Sukses


Macam-Macam Ciri Orang Kreatif yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru atau memanfaatkan objek maupun informasi dengan cara yang baru untuk menyelesaikan persoalan.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreatif adalah memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan.

Ada dua komponen utama dalam kemampuan kreatif, yaitu:

  • Orisinalitas: Ide harus menjadi sesuatu yang baru dan bukan sekadar perluasan dari sesuatu yang sudah ada.
  • Fungsionalitas: Ide harus benar-benar berfungsi atau memiliki kegunaan tertentu.

Contoh kreatif ada bermacam-macam. Misalnya, mengubah barang yang tidak terpakai menjadi barang yang bisa digunakan kembali atau menciptakan produk baru yang bermanfaat.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang kreatif, dinukil dari pji.uma.ac.id, Senin (16/10/2023).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Ciri Orang Kreatif

1. Energik dan fokus

Orang kreatif cenderung memiliki banyak energi, baik secara fisik ataupun mental. Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengerjakan sesuatu yang menarik perhatiannya.

Ini bukan berarti orang kreatif adalah orang yang hiperaktif. Mereka juga cenderung imajinatif sehingga dapat menghabiskan banyak waktu untuk istirahat dan memikirkan hal-hal yang diminatinya.

2. Suka bermain namun disiplin

Kreativitas yang sesungguhnya merupakan gabungan antara kesenangan dan kerja keras. Meski orang yang kreatif cenderung terlihat suka bermain, mereka tetap disiplin dan gigih dalam mengerjakan sesuatu.

Kata "bermain" di sini mengacu pada sikap aktif yang dimilikinya. Keceriaan dan kegembiraan yang mereka tunjukkan diimbangi dengan ketekunan.

3. Rasa ingin tahu tinggi

Ciri-ciri orang kreatif berikutnya adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka akan menyalurkannya lewat membaca buku atau berkomunikasi dengan orang lain. Mereka juga terus memikirkan dan mencari tahu apa yang menarik perhatiannya.

Orang kreatif juga cenderung cerdas. Namun, memiliki IQ yang tinggi tidak selalu berhubungan dengan kreativitas yang tinggi.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Ciri Orang Kreatif

4. Realistis dan imajinatif

Orang kreatif adalah orang yang senang berangan-angan dan membayangkan berbagai hal yang tidak terpikirkan orang lain (out of the box). Mereka dapat membenamkan diri dalam fantasi dan imajinasi, tetapi tetap berpijak pada kenyataan.

Ide-ide cemerlang yang dimilikinya pun tidak hanya disimpan begitu saja, tetapi dijadikan terobosan baru. Oleh sebab itu, orang kreatif akan berusaha menemukan cara praktis untuk mengubah gagasan mereka menjadi kenyataan.

5. Ekstrovert dan introvert

Ada yang beranggapan orang kreatif itu pasti ekstrovert, tetapi ada juga yang mengatakan jika mereka itu introvert. Padahal, kreativitas memerlukan gabungan dari kedua tipe ini.

Mereka bisa mudah bergaul dan pendiam. Mereka senang berinteraksi dengan orang lain untuk menghasilkan ide dan inspirasi. Namun, juga membutuhkan waktu menyendiri untuk berpikir dan mengeksplorasi kreativitasnya.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Ciri Orang Kreatif

6. Konservatif dan rebel

Ciri-ciri orang kreatif cenderung memiliki pemikiran yang out of the box sehingga sering kali dianggap pemberontak. Padahal, orang kreatif mampu untuk menghargai masa lalu sebagai sumber pengetahuan, sambil mencari cara yang lebih baik untuk menciptakan solusi baru.

Itulah alasan mengapa mereka bisa menjadi konservatif dalam banyak hal, tetapi juga berusaha melakukan inovasi.

7. Memiliki passion yang kuat

Orang-orang kreatif tidak hanya menikmati pekerjaannya, tetapi juga sangat mencintai dan bersemangat untuk melakukannya. Namun, mereka juga dapat bersikap objektif dan kritis terhadap apa yang dikerjakannya.

Selain itu, orang kreatif bersedia menerima kritik dari orang lain yang memungkinkan mereka untuk menemukan apa yang perlu diperbaiki.

 

Sumber: pji.uma.ac.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer