Sukses


Contoh Etika Bisnis yang Perlu Dimengerti

Bola.com, Jakarta - Etika bisnis berkaitan dengan penerapan norma di perusahaan. Bagi para pelaku usaha, etika bisnis menjadi suatu hal yang perlu dipahami dan diterapkan demi kemajuan perusahaan.

Etika bisnis merupakan seperangkat norma dan nilai-nilai moral secara umum. Hal tersebut perlu diterapkan sebagai dasar pertimbangan dalam segala proses pengambilan keputusan di perusahaan.

Dalam hal ini, etika bisnis akan mempertimbangkan konsekuensi sosial, lingkungan, serta ekonomi dari berbagai keputusan dan tindakan yang hendak dilakukan.

Lebih lanjut, etika bisnis juga perlu diterapkan saat perusahaan beroperasi, serta berinteraksi dengan karyawan, pelanggan, mitra, hingga masyarakat umum.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang etika bisnis, dilansir dari laman Ocbcnisp, Senin (16/10/2023).

2 dari 6 halaman

Tujuan Etika Bisnis

  • Meningkatkan kesadaran moral bagi para karyawan dan menerapkannya sebagai nilai serta sikap dalam keseharian. Dengan ini, perselisihan antarkaryawandapat dihindari.
  • Menerapkan batasan bagi para pelaku bisnis untuk menghindari kecurangan dan perilaku tidak baik.
  • Meningkatkan relasi yang baik dengan para stakeholder.
  • Menciptakan sebuah ekosistem bisnis yang adil dan sesuai hukum.
3 dari 6 halaman

Pentingnya Etika Bisnis

1. Mendapatkan Reputasi yang Baik

Satu di antara pentingnya etika bisnis adalah perusahaan akan mendapatkan reputasi yang baik oleh publik.

Reputasi yang baik dapat meningkatkan kredibilitas di mata publik sehingga konsumen akan lebih memilih barang atau jasa dari perusahaan tersebut dibanding brand lain.

Dampaknya, perusahaan akan memperoleh keuntungan maksimal sebagai hasil dari reputasi dan kredibilitas yang baik di mata publik.

2. Memperhatikan Kepentingan Bersama

Lantaran dijadikan sebagai pedoman, etika bisnis adalah suatu hal yang mampu mengubah pola pikir karyawan bahwa kita seharusnya mendahulukan kepentingan bersama.

Sebab, perusahaan adalah milik bersama seluruh pihak yang terlibat karena mereka semua berperan dalam mewujudkan kemajuan bisnis.

3. Menjunjung Tinggi Nilai Moral

Etika bisnis berkaitan erat dengan nilai moral dalam masyarakat yang dijadikan sebagai landasan tiap perbuatan dan tindakan.

Dengan dilaksanakannya etika bisnis pada seluruh pihak internal di perusahaan maka akan tercipta perilaku yang menjunjung tinggi nilai moral. Alhasil, akan terjalin hubungan yang baik antarkaryawan dalam perusahaan. Hal ini pun akan berdampak pada kelancaran proses operasional bisnis.

4 dari 6 halaman

Prinsip Etika Bisnis

1. Kejujuran

Prinsip pertama dalam etika bisnis adalah kejujuran. Prinsip ini menjadi dasar penting yang perlu dipatuhi seluruh perusahaan, baik modern maupun konvensional.

Kejujuran tidak hanya berkaitan dengan harga yang ditawarkan, tetapi mencakup seluruh kegiatan operasional bisnis.

Dengan dijunjungnya kejujuran maka konsumen akan makin loyal dan percaya pada perusahaan.

2. Kesetiaan

Kesetiaan juga merupakan prinsip etika bisnis yang perlu diterapkan segenap karyawan perusahaan, dari atas sampai bawah.

Prinsip kesetiaan dalam etika bisnis adalah bahwa seluruh elemen perusahaan harus dapat membedakan urusan profesional dengan pribadi.

Dengan diterapkannya prinsip etika bisnis yang satu ini maka seluruh karyawan diharapkan dapat secara serius dan fokus menjalankan tugasnya.

3. Otonomi

Prinsip otonomi dalam etika bisnis adalah kemampuan dan sikap pengambilan keputusan yang tepat sebagaimana mestinya.

Jadi, seluruh karyawan perusahaan harus tegas dan sadar dalam membuat suatu keputusan, serta patuh akan nilai-nilai norma masyarakat. Sebab, keputusan dan tindakan yang tidak sesuai berpotensi akan ditinggalkan pelanggan sehingga perusahaan pun mengalami kerugian.

5 dari 6 halaman

Prinsip Etika Bisnis

4. Integritas Moral

Menerapkan integritas moral merupakan kewajiban seluruh pihak internal dalam perusahaan, demi menjaga nama baik suatu usaha. Sebab, integritas moral adalah prinsip etika bisnis yang dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata konsumen dan pihak lainnya.

5. Keadilan

Prinsip keadilan dalam etika bisnis adalah hak untuk diperlakukan sama dan setara sesuai aturan yang berlaku.

Berkenaan dengan ini, perusahaan dilarang untuk bersikap diskriminatif pada siapa pun, terutama kepada pihak yang berkontribusi dalam kegiatan operasional bisnis.

Apabila prinsip keadilan dapat dijalankan dengan baik maka hal ini bisa mendorong seluruh pihak untuk bekerja lebih keras demi kemajuan perusahaan.

6. Saling Menguntungkan

Prinsip saling menguntungkan dalam etika bisnis merujuk pada perlunya kebermanfaatan dan keuntungan untuk seluruh pihak atas segala tindakan yang dilakukan perusahaan.

6 dari 6 halaman

Contoh Etika Bisnis

  • Mengingat nama. Contoh etika bisnis yang satu ini dapat membuat orang lain merasa lebih dihargai. Hal ini akan menciptakan hubungan baik pada pihak yang terlibat.
  • Membuat sikap tubuh yang baik, seperti membungkuk, melakukan kontak mata, sedikit mencondongkan badan, serta jangan lupa untuk tersenyum.
  • Mengucapkan maaf, tolong, dan terima kasih sebagai bentuk apresiasi serta rasa hormat kepada orang lain.
  • Menggunakan pakaian yang rapi setiap bertemu orang lain.
  • Menggunakan bahasa yang sopan saat berbicara dan berinteraksi, terutama kepada pelanggan.

 

Sumber: Ocbcnisp

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer