Sukses


AXIS Nation Cup 2023 Sukses Besar, Buka Peluang Ekspansi Kota dan Tambah Tim Tahun Depan

Bola.com, Jakarta - Head Youth Marketing Communication XL Axiata, Nahdiah Estu Prawesti, takjub dengan kesuksesan event AXIS Nation Cup 2023. AXIS berencana melakukan ekspansi kota dan menambah tim pada edisi tahun depan.

AXIS Nation Cup 2023 resmi berakhir pada Minggu (15/10/2023). SMAN 8 Makassar menjadi juara edisi tersebut setelah mengalahkan SMK Nusantara Jakarta pada laga final dengan skor 6-1.

Nahdiah Estu Prawesti tak menyangka edisi pertama AXIS Nation Cup mampu menyedot perhatian luar biasa dari insan futsal Indonesia. AXIS berkomitmen menggelar turnamen tersebut dengan skala yang lebih besar lagi pada tahun depan.

"Ini adalah tahun pertama kami dan kami berkomitmen ini tidak akan menjadi tahun terakhir. Kami akan melanjutkan karena tentu saja responsnya di luar dugaan," kata Nahdiah Estu Prawesti kepada Bola.com.

Rencana menggelar AXIS Nation Cup dengan skala yang lebih besar dilakukan untuk memberikan kesempatan bakat-bakat muda futsal Indonesia muncul. Bahkan, Nahdiah tak menutup peluang adanya kategori baru pada AXIS Nation Cup tahun depan yakni futsal putri.

"Tentu saja komitmen kami, apakah skalanya akan kami lebarkan kotanya, jumlah tim, apakah kategori futsal perempuan bisa dibuka lagi. Bagaimana kami bisa melihat atlet-atlet tidak berhenti di sini, akan tetapi bisa punya kesempatan ke depan," jelas Nahdiah Estu Prawesti.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaatkan Momentum

AXIS Nation Cup 2023 diikuti 1200 sekolah dari 30 kota di seluruh Indonesia. Artinya, ada 12 ribu bibit-bibit futsal yang unjuk gigi pada ajang tersebut.

Nahdiah Estu Prawesti menyebut kesuksesan AXIS Nation Cup 2023 terjadi karena pihaknya sukses memanfaatkan momentum.

Sejak pandemi COVID-19 berakhir, belum ada turnamen futsal skala nasional yang digelar sehingga pihaknya bisa memaksimalkan celah tersebut.

"Kami berangkat dari respons yang cukup umum setelah pandemi. Kami ingin menghidupkan lagi vibes, spirit, dan event yang semua orang bisa berkumpul dan positif. Kami sudah bertahun-tahun konsisten di Esport dan kenapa tidak balik lagi bikin ke konvensional sport," jelas Nadiah.

3 dari 5 halaman

Sesuai Segmentasi Pasar

Selain itu, Nahdiah Estu Prawesti juga bercerita alasan pemilihan futsal sebagai turnamen yang dipertandingkan pada AXIS Nation Cup 2023. Menurut Nadiah, itu dilakukan karena sepak bola ruangan itu sangat digemari di Indonesia dan masif dimainkan anak muda yang masuk segmentasi pasar dari AXIS.

"Sepak bola itu masif banget di Indonesia yang kita bisa sebut pemersatu bangsa. Kemudian apa sih yang dekat dengan target segmentasi kami, yaitu anak-anak muda terutama SMA yaitu futsal," jelas Nadiah.

"Setelah itu kami melakukan riset, futsal itu yang paling digemari di target segmentasi kami. Bukan cuma pemainnya saja yang banyak, akan tetapi suporternya juga banyak. Jadi, kalau misalnya timnya main yang nonton banyak. Makanya kami pilih futsal pada event kali ini," ucap Nadiah.

4 dari 5 halaman

Menguatkan Brand Positioning

Nahdiah Estu Prawesti juga terharu dengan kesuksesan AXIS Nation Cup 2023. Menurut dia, melalui turnamen futsal antarsekolah ini menguatkan brand positioning dari produknya di kalangan anak muda.

"AXIS adalah satu-satunya provider yang selama bertahun-tahun sangat konsisten mendukung anak muda. Kami melayani dan mendukung anak muda," jelas Nadiah.

"Jadi, olahraga itu adalah satu dari gaung yang spiritnya itu besar banget dan menggebu-gebu di anak-anak muda. Tentu saja, akan menguatkan brand positioning kami di youth segment," ujar Nadiah.

5 dari 5 halaman

Bantu Pembinaan Futsal

AXIS Nation Cup 2023 tak sekadar turnamen futsal antarsekolah yang digelar tanpa tujuan. Menurut Nadiah, pihaknya juga melibatkan Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk bisa mencari dan melanjutkan pembinaan dari bibit-bibit futsal Indonesia.

"Kami melibatkan teman-teman dari Federasi futsal dan mereka juga kaget ternyata ini jago-jago banget bahkan skill-nya kaya profesional," ucap Nadiah.

"Satu-satunya harapan kami adalah anak-anak ini itu bisa dilirik sama klub profesional, federasi nasional dan lain-lain sehingga membuka jalan untuk mereka," tegas Nadiah.

Video Populer

Foto Populer