Sukses


4 Fakta Menarik Grand Final AXIS Nation Cup 2023: Munculnya Bakat Baru Futsal, hingga Animo Tinggi Penonton

Bola.com, Jakarta - AXIS Nation Cup 2023 resmi berakhir pada Minggu (15/10/2023) dengan SMAN 8 Makassar yang menjadi juara pada edisi pertama tersebut. Sejumlah fakta menarik mengiringi grand final yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

SMAN 8 Makassar menjadi juara setelah melalui jalan panjang mulai dari babak preliminary hingga menang tiga kali pada babak grand final AXIS Nation Cup 2023. Gelar terasa layak karena sepanjang pertandingan pemain SMAN 8 Makassar mampu menunjukkan aksi-aksi terbaik.

Head Youth Marketing Communication XI Axiata, Nahdiah Estu Prawesti, puas dengan kesuksesan AXIS Nation Cup 2023. Pihaknya berencana menggelar event itu lagi tahun depan dengan skala yang lebih besar.

"Tentu saja komitmen kami, apakah skalanya akan kami lebarkan kotanya, jumlah tim, apakah kategori futsal perempuan bisa dibuka lagi. Bagaimana kami bisa melihat atlet-atlet tidak berhenti di sini, akan tetapi bisa punya kesempatan ke depan," kata Nahdiah Estu Prawesti.

Lantas, seperti apa fakta menarik yang terjadi pada grand final AXIS Nation Cup 2023? Berikut ini empat fakta menariknya versi Bola.com.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Kejutan dari Makassar

SMAN 8 Makassar memberikan kejutan setelah menjadi juara edisi pertama AXIS Nation Cup 2023. Gelar juara itu diraih setelah mereka mengalahkan SMK Nusantara Jakarta pada laga final dengan skor 6-1.

SMAN 8 Makassar tampil dominan dan penuh percaya diri, meskipun menghadapi tim SMK Nusantara Jakarta yang mendapat dukungan suporter lebih banyak karena bermain di Jakarta. 

Pelatih Hartawansya Hamdan menyebut gelar yang diraih timnya pada AXIS Nation Cup 2023 sangat layak. SMAN 8 Makassar telah mempersiapkan diri selama dua tahun untuk mengikuti event futsal berskala nasional itu.

"Persiapan ini untuk menghadapi event nasional sudah berlangsung sekitar dua tahun. Selama pandemi, kami sudah menyiapkan tim dan menunggu event yang sangat besar itu. Hari ini, kami bisa mencapai target itu. Saya dan seluruh SMA 8 sangat berterima kasih kepada AXIS," kata Hartawansya Hamdan.

3 dari 5 halaman

2. Animo Tinggi

Istora Senayan, Jakarta, yang jadi venue gran final AXIS Nation Cup 2023 dalam kondisi penuh alias full house. Artinya, 7 ribu kursi yang ada seluruhnya terisi penuh.

Para penonton datang dari berbagai kalangan. Mulai dari suporter tim peserta, hingga masyarakat umum dari berbagai kalangan usia.

Menariknya, ajang ini juga menjadi ajang silaturahmi dari para alumni dari sekolah yang bertanding. Contohnya ada sekumpulan bapak dan ibu alumni SMAN 8 Makassar yang tinggal di Jakarta dan sengaja datang untuk memberikan dukungan pada tim sekolahnya itu.

4 dari 5 halaman

3. Suguhan Hiburan Apik

Sepanjang Grand Final AXIS Nation Cup 2023, para penonton tak hanya disajikan aksi-aksi bakat futsal di lapangan. Namun, suasana semakin menarik karena adanya sejumlah suguhan hiburan yang apik.

Sebelum laga final, penyelenggara menggelar fun match yang melibatkan sederet artis hingga atlet ternama. Pertandingan yang mempertemukan Tim Shafira Ika (pemain Timnas Indonesia Wanita) dan Ini Ganta (influenser) melawan Tim Ciccio Manassero (aktor) dan Vonzy Felicia (Brand Ambassador tim Esports) mampu menambah keseruan event tersebut.

Selain itu, para penonton juga disajikan konser musim dari musisi-musisi tanah Air. Seluruh penjuru Istora Senayan kompak karaokean bareng saat Diskoria dan JKT48 mengisi acara hiburan.

5 dari 5 halaman

4. Munculnya Bakat Baru Futsal

Kesuksean AXIS Nation Cup 2023 menjadi bukti dari proses regerenasi futsal Indonesia. Dalam turnamen tersebut banyak bakat-bakat baru futsal yang bisa dilirik oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk amuinisi baru Timnas Futsal Indonesia masa depan.

Meskipun masih berusia remaja, namun nyatanya para peserta AXIS Nation Cup mampu menghibur dan membius penonton dengan performa gemilang di lapangan. Sehingga ajang ini diharapkan bisa menambah data base dari pemain-pemain futsal Indonesia.

"Satu-satunya harapan kami adalah anak-anak ini itu bisa dilirik sama klub profesional, federasi nasional dan lain-lain sehingga membuka jalan untuk mereka," ucap Nahdiah Estu Prawesti.

Video Populer

Foto Populer