Sukses


8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sakit perut sebelah kanan merupakan gejala yang sering kali menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dari gangguan pencernaan ringan hingga kondisi medis serius yang memerlukan perhatian medis segera.

Untuk mengobati sakit perut sebelah kanan yang dialami, kamu perlu memahami penyebab munculnya keluhan tersebut.

Dalam proses untuk mengidentifikasi akar masalah sakit perut sebelah kanan, kita perlu mendalami berbagai penyebab umum, termasuk masalah pada organ pencernaan seperti penyakit hati, radang usus buntu, gangguan empedu, atau batu empedu.

Selain itu, kita akan membahas kemungkinan penyebab dari masalah pada organ lain, seperti gangguan ginjal, masalah punggung, atau bahkan kondisi medis serius seperti infeksi atau pendarahan internal.

Berikut delapan penyebab sakit perut sebelah kanan yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Rabu (18/10/2023).

2 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

1. Gastritis dan Tukak Lambung

Radang pada lambung atau gastritis dan tukak lambung dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas. Kondisi ini bisa memicu munculnya rasa mual, nyeri, serta perut kembung akibat banyaknya gas yang diproduksi secara berlebihan di dalam lambung.

2. Penyakit Hati dan Kandung Empedu

Perut perih sebelah kanan bisa menjadi tanda adanya penyakit hati dan empedu. Pasalnya, organ hati dan empedu berada di perut kanan atas sehingga penyakit seperti hepatitis, peradangan saluran empedu, serta batu empedu, bisa menimbulkan rasa nyeri perut sebelah kanan atas.

Tak hanya merasa perut perih sebelah kanan, biasanya hepatitis dan radang saluran empedu juga bisa menyebabkan demam, warna kulit berubah jadi kuning, mual muntah, serta rasa nyeri yang menjalar hingga ke punggung.

Sedangkan pada batu empedu, nyeri perut yang dialami dapat hilang timbul dan sering dipengaruhi karena konsumsi makanan berlemak.

3. Masalah Ginjal

Dikutip dari Cleveland Clinic, kondisi perut sebelah kanan bawah sakit bisa disebabkan oleh adanya masalah pada organ ginjal, seperti batu ginjal.

Batu ginjal merupakan kristal yang terbentuk ketika urine mengandung terlalu banyak zat limbah yang mengendap.

Pengendapan ini bisa terjadi karena tidak tercukupinya kebutuhan air putih, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau memiliki kondisi medis yang dapat memengaruhi kadar senyawa tertentu dalam urine.

3 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

4. Radang Usus Buntu

Apabila mengalami sakit perut sebelah kanan bawah, ada kemungkinan kamu mengalami radang usus buntu atau apendisitis. Umumnya, nyeri akan muncul di bagian tengah perut yang lama-kelamaan beralih ke perut kanan bawah.

Selain itu, gejalanya juga disertai dengan rasa mual, muntah, hingga demam. Ini merupakan kondisi yang perlu segera mendapatkan penanganan sebelum terjadi komplikasi.

5. Kista Ovarium

Sakit perut sebelah kanan wanita bisa disebabkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan organ reproduksi, contohnya kista ovarium.

Apabila kista terletak di ovarium bagian kanan, ini akan menimbulkan nyeri dan rasa tidak nyaman di perut bagian kanan.

Umumnya, nyeri perut akibat kista biasanya akan menjalar dari perut hingga ke selangkangan.

6. Kehamilan Ektopik

Nyeri perut di sisi kanan wanita juga bisa disebabkan oleh nyeri panggul akibat kehamilan ektopik. Kondisi ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi justru tumbuh di luar rahim.

Saat kehamilan ektopik berkembang, ini dapat menyebabkan pecahnya tuba falopi dan terjadinya perdarahan internal yang berisiko. Bahkan, ini bisa mengancam jiwa.

4 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

7. Nyeri Haid

Sakit perut sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh nyeri kram yang dialami pada hari-hari tertentu selama siklus menstruasi.

Rasa nyeri ini bisa muncul karena terjadinya pelepasan prostaglandin, zat mirip hormon yang menyebabkan otot-otot di dalam rahim berkontraksi.

8. Prostatitis

Prostatitis merupakan peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat, kelenjar kecil yang terletak di antara kandung kemih dan penis.

Penyakit ini bisa menimbulkan gejala nyeri di perut bagian kanan bawah, demam, serta nyeri saat buang air kecil.

 

Sumber: Klikdokter.com (Publihsed: 11/9/2022)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer