Sukses


AXIS Nation Cup 2023, Sukses Makin Bangkitkan Gairah Futsal di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Penyelenggaraan AXIS Nation Cup 2023 berlangsung sukses. Event olahraga antarsekolah di Indonesia itu berhasil membangkitkan kembali gairah futsal yang sempat mati suri karena pandemi COVID-19.

Itulah yang membuat dukungan besar sangat dirasakan bagi para tim yang berlaga di AXIS Nation Cup 2023. Dukungan penuh itu meliputi restu dari sekolah hingga orang tua.

Satu yang merasakan langsung efeknya adalah tim asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, SMAN 1 Masbagik. Menurut sang pelatih, Hadi Legowo, pihak sekolah punya peran penting dalam memberikan dukungan pada timnya untuk berlaga di AXIS Nation Cup 2023.

"Dukungan yang sekarang ini Alhamdulillah sangat luar biasa. Dari mulai Regional Preliminary, East, hingga Grand Final dukungannya sangat luar biasa. Sampai kami berangkat ke sini pun sekolah sangat mendukung," kata Hadi Legowo kepada Bola.com.

Maklum, tim yang bertanding di AXIS Nation Cup 2023 membawa nama besar demi mengharumkan identitas sekolah. Apalagi ini merupakan event futsal skala nasional pertama yang digelar setelah pandemi COVID-19.

"Ini luar biasa, terima kasih kepada AXIS yang menggelar event besar skala Indonesia ini. Ini baru ada lagi event skala nasional setelah pandemi COVID-19. Harapannya lebih banyak lagi event sehingga anak-anak SMA ini bisa mendapatkan kegiatan positif," jelas Hadi Legowo.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tak Pernah Padam

Lombok tak bisa dipisahkan dengan futsal di Indonesia. Itulah yang membuat SMAN 1 Masbagik sangat antusias mengikuti AXIS Nation Cup 2023.

Bermain futsal sudah menyatu dengan identitas dari masyarakat Lombok. Ketika itu ada klub futsal profesional yang bermarkas di Lombok, yakni Vamos FC Mataram.

Prestasi yang diraih Vamos pun tak main-main berupa tiga gelar Liga Futsal Profesional Indonesia. Pencapaian itu yang membuat anak-anak muda Mataram sangat antusias bermain futsal.

"Untuk di Lombok kemarin sempat maju berkat ada ada tim liga pro, Vamos. Talenta-talenta anak Lombok mulai keluar, namun seiring waktu dengan tidak ada tim pro jadi sedikit menurun. Namun, event-event di Lombok sangat banyak sekali. Persaingan kami di NTB itu sangat ketat," jelas Hadi Legowo.

3 dari 5 halaman

Potensi Besar

AXIS Nation Cup 2023 juga menjadi event skala nasional futsal pertama buat Hadi Legowo bersama SMAN 1 Masbagik. Ketika mendapatkan info akan turnamen tersebut, dirinya langsung bergerak cepat membentuk tim.

"Saya dapat info di grup teman-teman pelatih Provinsi Nusa Tenggara Barat dan media sosial. Saya langsung segera bentuk tim dan ini rata-rata kelas 11 dan 12. Pesan dari sekolah jaga kesehatan, jaga sportivitas," ucap Hadi Legowo.

Potensi besar futsal memang sudah melekat dengan SMAN 1 Masbagik. Berkembangnya futsal di sekolah tersebut menjadi satu di antara pertimbangan Hadi Legowo saat memilih SMAN 1 Masbagik ketika mengikuti pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun lalu.

"Saya baru satu tahun pindah ke sana dan SMAN 1 Masbagik memiliki potensi yang luar biasa. Ini menjadi satu di antara alasan saya saat formasi P3K mengambil SMA ini. Pada setiap event saya lihat mereka butuh ada yang mendampingi," jelas Hadi Legowo.

4 dari 5 halaman

Tantangan Besar

Bagi Hadi Legowo, menjadi pelatih futsal merupakan tantangan besar. Menurut Hadi, tak mudah memimpin tim yang berisi pemain pada usia remaja saat ini di SMAN 1 Masbagik.

"Kalau saya bilang susah, ya susah. Tantangannya membuat mereka lebih disiplin. Terutama disiplin anak-anak ini masih kurang, namun dari segi skill mereka ada," jelas Hadi Legowo.

"Kalau waktu latihan mereka tetap ke sekolah dan latihan tetap berjalan. Jadi beriringan. Mereka ke sekolah pagi sampai siang dan kami latihan sore," ucap Hadi Legowo.

Sayangnya, SMAN 1 Masbagik belum mampu meraih gelar juara setelah finis di peringkat keempat. Namun, turnamen ini sudah cukup memberikan pengalaman berharga buat para pemain dari sekolah di Nusa Tenggara Barat itu.

"Kami mendapatkan pengalaman dan bisa belajar tentang futsal yang sebelumnya tidak kami ketahui. Kami senang dan bangga. Sangat luar biasa AXIS membuat turnamen yang sangat besar bisa membawa bibit-bibit unggul. Semoga sampai ke internasional, jangan sampai nasional saja," ucap kapten tim, Muhammad Tegar Ibrahim.

5 dari 5 halaman

Hasil Lengkap AXIS Nation Cup 2023

Play off Perempat Final

  • SMAN 8 Serang 3-2 SMAN 11 Semarang
  • SMAN 1 Masbagik 1-0 SMAN 1 Parung

Perempat Final

  • SMAN 11 Semarang 1 (3) - 1 (2) SMK 3 Bekasi
  • SMK Nusantara Jakarta (2) 1-1 (1) SMKN 1 Balikpapan
  • SMAN 1 Masbagik 5-0 SMK PGRI Ciledug
  • SMAN 8 Makassar 4-1 SMAN 4 Metro

Semifinal

  • SMAN 11 Semarang 1-6 SMK Nusantara Jakarta
  • SMAN 1 Masbagik 1-4 SMAN 8 Makassar

Perebutan Tempat Ketiga

  • SMAN 11 Semarang 4-2 SMAN 1 Masbagik

Final

  • SMK Nusantara Jakarta 1-6 SMAN 8 Makassar

Video Populer

Foto Populer