Sukses


Macam-Macam Makanan yang Dapat Memicu dan Memperparah Timbulnya Jerawat

Bola.com, Jakarta - Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada berbagai kalangan usia, hal ini sering kali menjadi perhatian utama bagi banyak orang.

Kemunculan jerawat berbeda-beda bagi setiap orang, biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik di bagian tubuh.

Kendati perawatan kulit yang tepat dapat membantu mengatasi masalah ini, faktor makanan juga memainkan peran penting dalam kesehatan kulit kita.

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat memengaruhi keseimbangan hormonal, peradangan, dan produksi minyak pada kulit, yang semuanya dapat berkontribusi pada timbulnya jerawat.

Ada beberapa macam jenis makanan yang dapat memicu timbulnya dan memperparah jerawat.

Berikut macam-macam makanan yang dapat memicu dan memperaprah timbulnya jerawat, seperti dilansir dariĀ Truthcher, RabuĀ (18/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Makanan yang Dapat Memicu dan Memperparah Timbulnya Jerawat

1. Yoghurt

Jika kamu berjuang melawan jerawat, ini mungkin satu di antara jenis makanan yang harus kamu hindari. Bahan-bahan dalam yoghurt dapat meningkatkan kadar hormon yang merupakan satu di antara penyebab utama jerawat.

2. Gluten

Ada banyak kontroversi akhir-akhir ini tentang gluten dan apakah mungkin buruk atau tidak bagi kamu. Satu teori adalah, bahwa gluten, protein yang ditemukan dalam gandum dan biji-bijian lainnya, menyebabkan peradangan, yang kemudian dapat menyebabkan break-out atau iritasi.

Bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau penyakit autoimun akibat mengonsumsi gluten, wajib menghindari jenis makanan ini.

Untungnya, sekarang banyak tersedia pengganti yang sama baiknya untuk makanan yang mengandung gluten.

3. Garam

Seperti halnya gula, garam bisa ditemui hampir di semua jenis makanan. Garam merupakan musuh bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Garam juga bisa memicu jerawat. Garam beryodium, jika dikonsumsi berlebih, dapat memperburuk kondisi jerawat.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Dapat Memicu dan Memperparah Timbulnya Jerawat

4. Soda

Kandungan yang terdapat dalam minuman bersoda dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang bisa memicu timbulnya penyakit. Hal itu juga dapat menurunkan pH dalam tubuhmu, yang dapat menyebabkan jerawat makin memburuk

5. Gula

Gula dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat menyebabkan break-out atau iritasi, jadi mengurangi asupan gula bukan ide yang buruk.

Kamu juga akan menikmati berbagai manfaat kesehatan lain dengan mengurangi asupan gula, termasuk mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

6. Kerang-kerangan

Sebagai satu di antara makanan pemicu alergi yang paling umum, kerang-kerangan dapat benar-benar mengancam jiwa bila dikonsumsi oleh orang yang salah.

Reaksi alergi bisa berupa ruam, atau timbulnya jerawat, yang mungkin merupakan alasan yang baik untuk menghindari makanan jenis ini jika kamu memang sensitif dengannya.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Dapat Memicu dan Memperparah Timbulnya Jerawat

7. Kafein

Kafein adalah bahan yang paling mudah ditemukan dalam minuman seperti kopi dan teh, tetapi kafein juga muncul di banyak minuman dan makanan lain.

Soda, cokelat, dan obat penghilang rasa sakit juga mengandung kafein dalam jumlah yang signifikan.

Kafein dapat merangsang pelepasan hormon yang dapat menyebabkan jerawat. Kafein juga dapat mengganggu tidurmu, yang mengurangi kemampuan alami tubuh untuk mendetoksifikasi dirinya sendiri, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko masalah kulit.

8. Selai Kacang

Jenis makanan yang merupakan favorit bagi banyak orang. Namun, makanan sehat ini bisa bermasalah karena minyak alami yang ada dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Dalam kasus lain, alergi ringan terhadap kacang juga dapat menyebabkan iritasi (break-out). Beralih ke mentega kacang, atau berbagai pengganti lainnya, mungkin merupakan solusi yang baik untuk penggemar setia selai kacang.

Ā 

Sumber:Ā Truthcher

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer