Sukses


Arti Moderator beserta Peran dan Tugasnya

Bola.com, Jakarta - Moderator adalah istilah umum dalam dunia kajian, musyawarah, dan kongres yang mengacu kepada seseorang yang bertindak sebagai penjembatan, penengah, pemandu, dan pengendali ketika sebuah acara sedang berlangsung supaya acara tersebut dapat berjalan dengan tertib.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, moderator memiliki banyak makna, yakni:

  • Orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dan sebagainya);
  • Pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan atau pendiskusian masalah;
  • Alat pada mesin yang mengatur atau mengontrol aliran bahan bakar atau sumber tenaga.

Seorang moderator dituntut untuk bisa netral terhadap silang pendapat, baik antara narasumber dan audiens maupun antarsesama narasumber.

Setelah suatu topik disampaikan, moderator memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada audiens sesuai pembatasan masalah dan yang telah disediakan. Di akhir acara, moderator juga bertugas menyimpulkan hasil pembicaraan.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang moderator, dilansir dari laman Speakproject dan Stekom, Rabu (18/10/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Peran Moderator

Moderator vs MC

Peran utama moderator sebenarnya mirip dengan MC, yaitu sebagai pemandu agar acara dapat dilaksanakan tepat waktu sesuai yang sudah direncanakan.

Namun, perbedaan utama antara MC dan moderator adalah cakupannya. Seorang MC menjadi pemandu pada keseluruhan acara, mulai pembukaan hingga penutupan.

Sedangkan moderator akan memandu satu di antara dari serangkaian acara, atau biasanya dikenal juga dengan segmen acara. Segmen acara yang membutuhkan moderator biasanya acara diskusi yang memiliki narasumber.

Selain sebagai penengah antara narasumber, seorang moderator juga berperan dalam mengawal arah diskusi agar masih tetap relevan dengan tujuan diskusi. Saat narasumber sudah berbicara terlalu lama, acara diskusi akan berisiko menjadi membosankan.

Moderator perlu memberi batasan waktu kepada setiap pihak yang diberi kesempatan bicara agar mereka hanya berbicara dalam durasi waktu yang ditentukan. Hal ini akan membuat acara diskusi bisa berjalan sesuai waktu yang direncanakan.

3 dari 3 halaman

Tugas Moderator

Untuk bisa menjalankan peran sebagai moderator, ada beberapa tugas serta tanggung jawab seorang moderator, yaitu:

  • Mengawal sekaligus mengawasi kegiatan diskusi dalam suatu forum agar bisa berjalan sesuai rencana.
  • Memastikan bahwa bahasan atau pembicaraan dalam forum berlangsung sesuai dengan topik utama yang telah ditentukan.
  • Menciptakan ide dan membuat topik baru supaya acara diskusi menjadi dinamis dan tetap hidup.
  • Memberikan pembukaan atau pengantar singkat mengenai penjelasan topik yang akan menjadi bahasan dalam kegiatan diskusi.
  • Memberikan peringatan jika dalam kegiatan diskusi ada narasumber yang mulai membicarakan hal yang tidak relevan atau sudah melenceng dari topik utama yang sedang didiskusikan.
  • Memberikan peringatan jika dalam kegiatan diskusi terdapat pihak, baik narasumber maupun peserta acara, yang melanggar aturan atau dianggap memiliki potensi untuk membuat kegaduhan atau mengganggu jalannya diskusi.

 

Sumber: Speakproject, Stekom

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel edukasi dari berbagai tema lain.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer